Skip to main content

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Gratis

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Gratis

Hayo siapa nih yang suka berpergian menggunakan transportasi moda kereta api?...

Sewaktu orang tua emak masih ada, emak seringkali menggunakan kereta api jarak jauh tepatnya ke Jawa Timur. Emak suka sekali menggunakan kereta api karena terbebas dari kemacetan. Apalagi kereta api sekarang nyaman sekali, kalau dulu hanya kereta api kelas eksekutif saja yang di fasilitasi air conditioning (AC) tapi sekarang kelas ekonomi pun sudah di fasilitasi AC serta gerbong-gerbong nya juga bersih.

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Gratis

Emak akan sharing informasi nih, untuk kalian yang sering melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Sebaiknya tiket kereta api atau boarding pass jangan dibuang ya, karena PT Kereta Api Indonesia akan memberikan tiket perjalanan gratis tapi tetap ada syarat dan ketentuannya dong.


Kalian bisa mendapatkan tiket perjalanan kereta api secara gratis, dengan menukarkan 15 tiket dalam rentang waktu perjalanan 6 bulan atau 20 tiket dengan rentang waktu perjalanan satu tahun. Apabila tiket kereta yang akan ditukarkan terdiri dari beberapa nama kereta yang berbeda, misalnya ;

2 tiket KA Brantas (Pasar Senen - Blitar)
10 tiket KA Gajayana (Gambir - Malang) dan 
3 tiket KA Progo (Pasar Senen - Lempuyang, Jogjakarta)

Maka tiket gratis diberikan untuk rute jarak terpendek, begitupun dengan kelas kereta. Tiket gratis yang akan diberikan merupakan kelas terendah dari tiket yang terkumpul dan hanya berlaku untuk kereta jarak jauh non subsidi.


Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Gratis

Adapun syarat dan ketentuannya sebagai berikut ; 
  • Penumpang memiliki 20 tiket atau boarding pass dengan rentang waktu 12 bulan sejak keberangkatan KA pertama (ditukarkan dalam waktu 12 bulan).
  • Penumpang memiliki 15 tiket atau boarding pass dengan rentang waktu 6 bulan sejak keberangkatan KA pertama (ditukarkan dalam waktu 6 bulan).
  • Rentang waktu yang dimaksud di atas di hitung mundur dari tanggal penukaran tiket atau boarding pass.
  • Tiket atau boarding pass atas nama penumpang yang sama.
  • Tiket atau boarding pass dengan perjalanan atau parsial (PP) searah maupun sebaliknya. Misalnya untuk rute Yogyakarta - Jakarta atau Jakarta - Yogyakarta.
  • Penukaran tiket gratis dihitung sejak tanggal keberangkatan tiket atau boarding pass pertama dan tidak boleh lebih dari rentang waktu yang ditentukan. Apabila melewati rentang waktu tersebut maka sudah tidak berlaku.
  • Penukaran tiket dilakukan di stasiun besar yang terdapat customer service (CS), jika tidak ada CS penumpang dapat melaporkan ke petugas loket reservasi.
  • Lalu petugas loket akan memeriksa keabsahan tiket atau boarding pass. Jika sudah benar dan jumlahnya memenuhi syarat, maka tiket gratis akan dicetakkan untuk penumpang yang bersangkutan.
Ketentuan tiket ;
  • Jika tiket atau boarding pass tidak terbaca maka penumpang diwajibkan untuk menyebutkan tanggal perjalanan atau data pemesanan KA tersebut kepada CS.
  • CS akan memeriksa tiket tersebut dan dilakukan pengecekan perjalanan. Jika data benar maka CS akan menulis ulang nomor kode booking pada tiket dan diberi paraf.

Nah sebagai penumpang setia kereta api, mulai sekarang tiket atau boarding pass nya di kumpulkan dong pastinya. Serta jangan lupa, jika sudah terkumpul sesuai syarat dan ketentuan di atas. Segera tukarkan dengan free 1 tiket atau boarding pass yang sesuai dengan identitas kalian.

Selamat menikmati perjalanan 😉

- Leha Barqa - 

Comments

  1. Wahhh ternyata bekas tiket sangaat berguna banget yaa, sial kalo tau dari dulu bisa liburan terus nih akunya secara gratis pula :(,

    ReplyDelete
  2. Hoo ternyata kumpulin tiket kereta Ada faedahnya. Lumayan nih tiket gratis.

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata ngumpulin karcis kereta bisa dapat gratis ya mbak ...

    ReplyDelete
  4. wah baru tau, ternyata tiket bekas bisa dituker dengan tiket baru. Berguna banget buat yang sering bolak-balik atau traveeling dengan kereta nih! bisa cukup mengurangi biaya perjalanan dan dana yang udah disiapkan bisa dipake buat hal lain selama perjalanan

    thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  5. Ada dimana yaa, saya lupa naruh boarding kereta nya. Saya cari dulu ahhh.. siapa tau dapat tiket gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai kumpulin bang tiket bekasnya, lumayan kan.

      Delete
  6. Wah, ternyata bisa ya dapat gratisan tiket KA. Setelah perjalan selesai biasanya aku buang.

    Aku nggak sering naik kereta.Setahun cuma beberapa kali. Tapi sekali berangkat sama keluarga. Pernah juga rombongan keluarga besar suami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di tukar sesuai SK mbak, jadi harus satu nama.

      Delete
  7. udah dibuang deh boarding pass keretea api. Lagipula memang jarang naik kereta api

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ini buat yang sering naik kereta sih lumayan ngurangin budget.

      Delete
  8. program yang menarik bisa dapat tiket gratis dengan mengumpulkan tiket KA, mirip promo kartu galon air, kumpul 10 gratis 1 galon air, haha

    ReplyDelete
  9. wah gitu ya, itu untuk perjalanan kemana saja ya,

    ReplyDelete
  10. Wahhh aku sering naik kereta, tapi gak sampe 20x dalam 6 bulan kayaknya 😅 sayang juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau 20tiket jangkka waktu 1 tahun mbak, kalo jangka waktu 6bulan hanya 15tiket.

      Delete
  11. Kalaunkerjasama sama orang unt ngumpulin tiket supaya berjumlah 15, ga bisa ya mak ? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa mbak ria, kan tiket yang di tukar atas nama satu orang saja.

      Delete
  12. Eh aku baru tau loh promo ini. Kayanya kudu ubek2 laci buat ngumpulin tiket bolak balik bekasi surabaya kemarin-kemarin. Siapa tau bisa dapet gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mbak, dicari tiket2 nya lumayan kan dapat 1 tiket free.

      Delete
  13. ehh aku baru tahu dong , HeHEHe . ini untuk jarak jauh semua ya mba, tahun 2022 masih ada gak yaa gratisan kayak gini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

'GLOW TOGETHER' Rumah Syantik Sari Surya

Hallo ladies 😍 sebagai wanita, kalian pasti mendambakan memiliki kulit wajah yang sehat dan kinclong serta glowing kan. Emak pun demikian, ingin mempunyai kulit wajah yang halus dan juga terbebas dari semua masalah kulit. Beberapa hari yang lalu, tepatnya di tanggal cantik 02022020 emak menghadiri acara gathering 'GLOW TOGETHER'. Acara ini di selenggarakan oleh  Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin  yang beralamat di Jl. Elok, Perumahan Pos Giro Blok. B IV No. 01 Puspasari, Kecamatan Citeureup - Bogor, buka pukul 10.00 wib setiap harinya. (dok.RSSS) Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin merupakan salon kecantikan yang menyediakan beragam pilihan perawatan kecantikan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Meskipun Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin ini baru berdiri sekitar enam bulan, tepatnya tanggal 5 Agustus 2019 tetapi customernya sudah ratusan dari seluruh Jabodetabek dan beberapa daerah di Indonesia. Kare

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Dengan Polytron Tiara Pot Pro & Rice Cooker Donabe, Memasak Menjadi Happy

Sebagai ibu rumah tangga memasak jadi pekerjaan rutin yang setiap hari ku lakukan. Agar memasak menjadi happy, harus di tunjang dengan fasilitas alat masak yang mumpuni. Apalagi jika hasil masakan habis tak tersisa, senangnya double deh. Makanya aku harus pintar dalam memilih menu masakan yang akan menjadi favorit keluarga. Tapi terkadang aku juga kehabisan ide untuk menu masakan, jadi masakannya itu lagi itu lagi membuat pak suami dan anak ku bosan. Hal ini membuatku harus searching resep menu masakan sampai tutorial membuatnya di berbagai media sosial.  Lokasi Cooking Class Farmers Market Grand Wisata Tambun - Bekasi  Bak gayung bersambut, pada hari Sabtu (01 Oktober 2022) kemarin Komunitas Emak Blogger (KEB) mengadakan Cooking Class yang berkolaborasi dengan Polytron, Farmers Market dan Blibli. Ga pake mikir lama, langsung saja aku ikut acara cooking class ini. Chef Beatrix  Acara yang diselenggarakan di Farmers Market Grand Wisata Tambun - Bekasi