Skip to main content

Waspada Virus Corona

Waspada Virus Corona

Hallo jumpa lagi dengan emak, gimana kabarnya? Semoga kalian dalam keadaaan sehat-sehat ya, Aamiiin. Kali ini emak akan sharing tentang Virus Corona Wuhan yang sedang mewabah. 

Sekarang ini penduduk Cina dibuat khawatir dengan penyakit misterius. Berdasarkan sampel virus  yang dianalisis di laboratorium, pejabat kesehatan Cina dan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyimpulkan bahwa penyakit seperti pneumonia terset adalah Virus Corona. 

Pertama kali Virus Corona diidentifikasi berasal dari pasar hewan Kota Wuhan - Cina. Virus ini  diduga hanya menular melalui hewan lalu ke manusia dan dipastikan juga dapat menyebar antar manusia.


Waspada Virus Corona
Siklus Penyebaran Virus Corona
(sumber @balikpapanku) 

Virus Corona adalah virus dari familia coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia. Umumnya virus ini menyebabkan infeksi pada hidung, seperti sinus atau tenggorokan bagian atas. Virus ini mirip Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS). 


Gejala Virus Corona

  • Batuk 
  • Sesak Dada
  • Mudah Lelah
  • Demam
  • Nyeri Otot
  • Sulit Bernapas
Menurut WHO beberapa proses menunjukkan bahwa paru-paru pasien meradang dan berisi cairan.


Pengobatan dan Pencegahan

Hingga saat ini belum ada vaksin  yang dapat melindungi manusia dari infeksi Virus Corona. Tetapi, kita bisa menghindari Virus Corona ini dengan beberapa tips berikut ;

  • Hindari menyentuh bagian mata, hidung atau mulut dengan tangan yang kotor 
  • Hindari kontak dengan orang yang sakit
  • Mencuci tangan dengan air dan sabun
  • Gunakan Masker

Waspada Virus Corona


Di Indonesia sendiri terdapat 19 daerah dengan tingkat kewaspadaan tinggi terhadap Virus Corona ini. Ke-19 daerah tersebut merupakan pintu masuk warga negara asing.
  1. Bandung
  2. Jakarta
  3. Tangerang
  4. Surabaya
  5. Denpasar
  6. Bandar Lampung
  7. Padang
  8. Palembang
  9. Tanjung Pinang
  10. Batam 
  11. Bitung
  12. Jambi
  13. Tanjung Balai Karimun
  14. Samarinda
  15. Sampit
  16. Tarakan
  17. Balikpapan
  18. Manado
  19. Manokwari
Bandara Internasional  Soekarno Hatta menyiapkan thermal scanner atau pemindai suhu tubuh, sebagai antisipasi masuknya Virus Corona  dari Kota Wuhan - Cina.  

Pesan emak selalu waspada ya 😉

- Leha Barqa -

Comments

  1. Weleh sudah masuk waspada ya 19 kota di Indonesia. Jakarta masuk salah satunya. Bener2 harus dijaga nih imunitas kita biar ga mudah terserang virus corona.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, ttp waspada ya, pola makan sehat dan jaga kebersihan

      Delete
  2. Serem banget ya, Mbak. Jadi harus waspada dengan beberapa gejalanya. Masalahnya, virus itu mudah sekali menyebar dan yang kena pun belum tentu langsung demam :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kita musti selalu waspada

      Delete
  3. Ngeriii bgt sama virus ini
    Semoga ga sampai ke indonesia dan antivirusnya bisa di temukan yaa

    ReplyDelete
  4. Malah sekarang makin banyak beredar isu yang belum tau bener apa gak ya Mba leha, katanya Corona ini sebenarnya adalah virus yang bocor dari lab mereka di China. Ohhh kayak di pilem pilem ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga baca itu mbak, semoga semua bisa di atasi ya mbak

      Delete
  5. Di berita televisi hari ini kita malah menerima orang2 dari negara yg terjangkit wabah Corona. GImana ini yak? Binun deh. Mesti diwaspadai gejala2nya seperti yg mbak infokan di atas. Kudu pakai masker terus kayaknya buat jaga2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Nurul yg terpenting kita ttp waspada, pola makan sehat dan jaga kebersihan dulu ya

      Delete
  6. Bali mulai hari ini resmi memberlakukan travel ban untuk wisatawan Cina yang berkunjung ke Bali. Festival Kintamani yang merupakan agenda wisata tahunan yang mengangkat akulturasi budaya Bali dan Cina juga dipending pelaksanaannya untuk waktu tak ditentukan mba. Semoga wabah di Wuhan dan Cina keseluruhan bisa segera teratasi dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sampai di tunda dl ya mbak acaranya. Ya mbak, smoga smua segera dapat teratasi ya

      Delete
  7. Amit-amit, semakin kesini virus kok aneh-aneh. Semoga kita diberikan kesehatan. Amin

    ReplyDelete
  8. Tadi baca tentang Kota Bandung yang terancam wabah ini
    Saatnya kembali memproteksi diri dan keluarga dengan cuci tangan serta pola makan sehat ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Ambu, jaga kebersihan dan kembali ke pola makan sehat

      Delete
  9. betul mba, semoga kita selalu diberi kesehatan nih

    ReplyDelete
  10. Wah iya nih.
    Sekarang di bandara semua dicek suhu badannya. Termasuk penerbangan domestik.
    Barusan ponakan ke Jogja diharuskan pakai masker juga di Bandara Soeta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti nya seluruh bandara ya mbak

      Delete
  11. Virus ini bahaya sekali, ya, kita harus waspada. Jaga kesehatan.
    Saat ini saya sedang flu. Perubahan cuaca ekstrim karena menuju puncak hujan, penyebabnya. Meski tanpa demam, tapi bisa mengundang virus/bakteri masuk krn pertahanan diri sedang buruk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepat sembuh ya mbak Susi, dan tetap waspada ya mbak

      Delete
  12. Semakin lama kok semakin aneh2 ya penyakit ini. Prihatin banget sih kalo lihat beritanya. Tiba2 pingsan di jalan. Dan sudah menyebar ke beberapa negara. Semoga kita semua dilindungi dan sehat terus, aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin Ya Allah, ttp waspada ya mbak

      Delete
  13. Virus yang patut diwaspadai yah ini. Ngeri juga kalau membayangkan virus ini udah masuk di Indonesia. Yah semoga kita semua bisa terhindar.

    ReplyDelete
  14. Aku sih berharap pemerintah punya kebijakan yang melarang WNA China khususnya karena lg wabah Corona kan utk ga masuk ke negara kita. Duh, serem banget mana belum ada obatnya pula kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak Shinta, smoga cepet teratasi ya mbak

      Delete
  15. Virus corona lagi mewabah, masker tutup mulut semakin naik harganya karena untuk pencegahan salah satunya. Waspadalah ... !!!

    ReplyDelete
  16. Semoga virus ini cepat ditemukan vaksinnya Ya. Sementara itu kita harus tetap berusaha hidup bersih dan sehat untuk pencegahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin ya Allah, ttp waspada ya kakak

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog