Jalan - Jalan ke Kota Malang


Haiii jumpa lagi dengan emak 😍
Masih dengan cerita tentang perjalanan emak. Trip emak kali ini mengunjungi kota yang terkenal dengan sebutan Kota Apel. Dimanakah itu???.... Yupz Kota Malang,
Malang kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Emak berada di Kota Malang selama 4 hari 3 malam. 

Sekitar pukul 17.40wib kereta api yang emak tumpangi mulai berjalan perlahan meninggalkan stasiun Gambir - Jakarta. Perjalanan emak ini memakan waktu lebih kurang 15jam (lama beud ya), tapi emak sih nikmati saja perjalanan ini. Sampai akhirnya emak tiba di stasiun Malang keesokan harinya, sekitar pukul 09.00wib.
Begitu keluar dari stasiun Malang emak merasakan udara yang sangat sejuk. Ohhh ternyata di seberang stasiun emak lihat sebuah taman, yaitu Taman Cerdas Trunojoyo. Dengan menyebrang jalan saja emak langsung tiba di taman. Suasananya yang teduh dikarenakan banyaknya pohon besar di taman ini.


Taman Cerdas Trunojoyo

Taman ini terbagi menjadi dua bagian, bagian utara dan selatan yang keduanya dipisahkan oleh jalan raya. Taman bagian selatan memiliki taman bermain yang dapat di gunakan secara gratis. Di sini juga ada warung makan dan jajanan, emak mampir ke salah satu warung untuk sarapan nasi pecel. Sedangkan di bagian utara terdapat patung singa simbol kebanggaan arema (arek malang), air mancur dan perpustakaan.

Jalan - Jalan ke Kota Malang
Patung Singa (dokpri)


Monumen Tugu Malang (Alun-alun Bundar)  

Dengan berjalan kaki emak menuju ke Alun - alun Bundar yang berjarak sekitar 250m dari stasiun Malang. Alun - alun Bundar ini unik sekali karena berbentuk lingkaran dan terdapat tugu di dalam kolam teratai serta ada air mancurnya. Alun - alun bundar ini menjadi salah satu landmark Kota Malang. Emak pun ikutan foto narsis di sana πŸ˜†.


Jalan - Jalan ke Kota Malang
Monumen Tugu Malang (dokpri)
Jalan - Jalan ke Kota Malang
Alun-alun Bunder (dokpri)

Tamannya sangat terawat, bersih dan tertata apik. Sehingga emak bisa bersantai menikmati asri dan indahnya Kota Malang. Ohhh ya, sebaiknya datang di waktu pagi atau sore hari agar terhindar dari teriknya matahari. Di seberang Monumen Tugu Malang ini emak melihat bangunan kuno Balaikota Malang. Bangunan bersejarah yang sampai sekarang masih digunakan sebagai jantung pemerintahan Kota Malang.

Jalan - Jalan ke Kota Malang
Balaikota Malang (dokpri)

Nah dari belakang gedung Balaikota Malang ini kita bisa naik Bus Macito (Malang city tour) dengan gratis. Bus Macito ini akan membawa kita berkeliling Kota Malang. Rute bus macito melewati jalanan protokol Kota Malang (Balaikota Malang), Alun-alun Merdeka, Jalan Kawi, Jalan Ijen putar balik di Simpang Balapan dan kembali lagi ke Balaikota. Bus macito beroperasi sehari hanya 2kali yaitu jam 8 pagi dan 2 siang. Karena sudah terlewat jam nya, emak tidak naik bus macito. Jadi emak tanya - tanya info saja sama petugas di sana😁.



Jalan - Jalan ke Kota Malang
Bis Macito (dokpri)


Alun-alun Kota Malang (Merdeka Malang)

Untuk menuju ke alun-alun merdeka ini emak berjalan kaki sekitar 700m dari Balaikota Malang (emak kuat ya). Lokasinya sangat strategis, dimana terdapat berbagai pusat perbelanjaan seperti Pasar Besar, Malang Plaza dan lain - lain. Tak heran kalau tempat ini menjadi tempat favorit berkumpulnya arek malang.

Jalan - Jalan ke Kota Malang
Alun-alun Merdeka Malang (dokpri)

Yuhuuu emak betah di sini, tempatnya adem banget. Duduk - duduk di taman ini sambil menikmati taman hijau, udara yang sejuk, burung-burung merpati bebas di alam, air mancur, playground dan yang terpenting bebas dari polusi dan asap rokok. Alun-alun Merdeka Malang ini ternyata berada  tepat di depan Masjid Agung Jami' Malang, yang merupakan salah satu ikon Kota Malang.

Jalan - Jalan ke Kota Malang
Alun-alun Merdeka Malang (dokpri)
Jalan - Jalan ke Kota Malang
Alun-alun Merdeka Malang (dokpri)

Jalan - Jalan ke Kota Malang
Alun-alun Merdeka Malang (dokpri)
Jalan - Jalan ke Kota Malang
Depan Masjid Agung Jami'
Kota Malang (dokpri)

Setelah puas berada di alun -alun Merdeka Malang, emak menuju ke penginapan yang berada di jalan Pasar Besar Square sekitar 850m dari alun-alun Merdeka Malang. Sesampainya di Guest House Lily, emak membersihkan badan dan beristirahat. Untuk persiapan perjalanan emak ke Gunung Bromo nanti malam. Sekitar pukul 00.00wib emak dan suami di jemput Jeep dan siap menuju ke Gunung Bromo.

Baca juga :  Menikmati Sunrise Bromo

Pukul 13.00wib emak sudah tiba kembali di penginapan. Capeknya badan emak ketika kembali dari Gunung Bromo, tapi emak seneng banget sudah bisa melihat keindahan alam Bromo. Setelah membersihkan badan emak langsung tidur dan terbangun ketika lapar hahaha. Urusan perut sudah terpenuhi, emak mencari-cari info penyewaan kendaraan roda dua untuk perjalanan emak esok hari menuju Kota Batu.

Yeaayyy akhirnya emak dapat menyewa motor dengan biaya sewa Rp 80.000,- untuk 24jam dan di antar ke penginapan. Dengan menggunakan motor, emak berkeliling Kota Malang dan hunting kuliner malam. Untuk kuliner malam  banyak pilihan disini, namun emak memilih Sego Ceker Glitung dan Wedang Ronde Titoni. Malam semakin larut, hawa dingin makin menusuk tulang. Emak kembali ke penginapan dengan perut kenyang lalu beristirahat.

Keesokan harinya emak bersiap-siap untuk melakukan perjalanan menuju ke Kota Batu - Kabupaten Malang, tak lupa emak sarapan nasi rawon khas Jawa Timur sebelum berangkat.
Perjalanan menuju Kota Batu memakan waktu sekitar 33menit dengan jarak tempuh sekitar 18,5km dengan mengendarai sepeda motor. Tapi karena emak kepingin ngalam (baca ; menikmati alam) maka Coban Rondo menjadi destinasi utama emak. Untuk menuju Coban Rondo waktu yang di tempuh sekitar 58menit dengan jarak sekitar 29,2km.


Coban Rondo 

Jalan - Jalan ke Kota Malang
Coban Rondo (dokpri)

Coban Rondo berasal dari Bahasa Jawa, jika di artikan ke dalam Bahasa Indonesia agak risih sebenarnya "Air Terjun Janda". Coban  Rondo berada di kawasan pegunungan, tentunya udara di sini sangat sejuk. Karena banyak hutan pinus yang emak temui di sepanjang perjalanan. Akses menuju Coban Rondo terbilang sangat mudah.


Jalan - Jalan ke Kota Malang
Gapura Coban Rondo (dokpri)

Untuk harga tiket masuk Rp 20.000,- /orang. Namun itu hanya tiket masuk ke air terjun saja. Jika ingin menikmati fasilitas lainnya, ada harga tersendiri yang harus dibayarkan. Karena di kawasan Coban Rondo juga ada beberapa fasilitas seperti outbond, camping ground, kafe dan taman labirin. Dan untuk parkir kendaraan roda dua Rp 4.000,- parkir kendaraan roda empat Rp 10.000,-

Jalan - Jalan ke Kota Malang
Coban Rondo (dokpri)

Air terjun ini berasal dari mata air Cemoro Mudo yang berada di lereng Gunung Kawi. Coban Rondo memang sangat indah dengan debit air yang deras saat musim hujan maupun musim kemarau. Derasnya debit air membuat angin begitu kencang bila mendekat ke air terjun sangat sejuk, teduh dan bikin hati emak terenyuh hehehehe.

Jalan - Jalan ke Kota Malang
Coban Rondo (dokpri)


ArgoWisata Petik Apel

Destinasi emak berikutnya ArgoWisata Petik Apel. Di Kota Batu banyak sekali ArgoWisata yang bisa menjadi pilihan, mulai dari lokasi, fasilitas dan harga. Emak segera menuju ke pool - pool ArgoWisata yang mirip terminal ini, di sini adalah tempat pembelian tiket ArgoWisata.
Pilihan emak jatuh pada ArgoWisata petik apel yang dimiliki oleh rakyat setempat. Harga tiket di ArgoWisata rakyat ini Rp 25.000,-/ orang, emak bisa makan sepuasnya apel yang di petik langsung dari kebun. Jika apel yang di petik ingin di bawa pulang maka emak harus merogoh kocek Rp 12.000,- /kg. Disini emak tidak bisa nawar ya, karena harga sudah pas 😁. Dan pilihan emak ini harga yang termurah di banding Kusuma ArgoWisata dan Selecta.

Tiket sudah di tangan, emak pun di antar oleh pengelola ArgoWisata rakyat menuju ke kebun apel. Tiba di kebun apel pengelola memberi arahan, bahwa hanya boleh memetik apel di area yang sudah di tentukan dan jenis apel di dalam satu lahan yang boleh di makan. Ada beberapa jenis apel di kebun ini seperti apel manalagi, rome beauty, apel anna dan apel wanglin.

Baca juga : Curug Ciherang

Jalan - Jalan ke Kota Malang
Apel rome beauty (dokpri)
Jalan - Jalan ke Kota Malang
Kebun apel ArgoWisata rakyat
(dokpri)
Jalan - Jalan ke Kota Malang
Apel rome beauty (dokpri)

Emak hanya memakan apel rome beauty yang rasanya asam manis, warnanya merah dan hijau, bentuknya bulat dan renyah saat digigit. ArgoWisata rakyat ini hanya menyediakan kebun apel dengan penataan yang seadanya dan suasana pedesaan. Berbeda dengan Kusuma ArgoWisata dan Selecta yang sudah mempunyai nama besar dan modern. Ada uang ada rupa ye kan...

Hari sudah petang, emak segera kembali ke Kota Malang. Sesampainya di Malang perut emak sudah tak bisa di ajak kompromi lagi. Langsung saja emak menuju ke Bakso President, bakso president ini menyajikan bakso umumnya bakso malang. Yang membedakan hanya lokasi bakso president berada di pinggiran rell kereta api. Jadi emak menikmati bakso malang dengan pemandangan kereta api yang kadang lewat di jalur ini, unik kan 😁

Jalan - Jalan ke Kota Malang
Depan Bakso President (dokpri)

Urusan perut sudah terobati lalu emak kembali ke penginapan. Malam ini malam terakhir emak berada di Kota Malang. Karena besok siang, emak dan suami harus kembali ke Jakarta dengan menggunakan moda transportasi kereta api.

Sebelum packing, emak memberi kabar kepada empunya motor untuk mengambil motornya. Sebenarnya emak ingin berlama-lama di kota yang indah nan sejuk ini. Tapi apalah daya dengan keterbatasan waktu emak harus kembali ke rutinitas sehari-hari.

Sampai jumpa di perjalanan emak berikutnya ya. Karena setiap perjalanan itu akan memiliki kenangannya tersendiri.

My Trip My Adventure πŸ‘ŒπŸ˜‰

- Leha Barqa - 

Comments

  1. Replies
    1. Monggo mbak ke Malang, Krn Malang luar biasa keindahannya
      dan sejuk udaranya dgn budget ga blm kantong bolong hehehehe

      Delete
  2. Waktu jalan2 k Malang aku jg makan di bakso President. Ekpektasi nya tinggi krna tempatnya terkenal, kaget ternyata tempatnya 'cuma' depan rel 😁 tapi rasanya sesuai ekpektasi, ga nyesel deh k sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakso presiden memang sudah melegenda di malang, meskipun tempatnya dari dulu ya dipinggir rel begitu.

      Delete
    2. Idem mbak Thessa R dengan pemikiran ku, unik bgt deh

      Delete
    3. Iya mas Pungkas Nurrohman tempat nya unik dan beda dari yg lain. Jadi kenangan tersendiri.

      Delete
  3. Waah belum pernah ke Malang nih, terima kasih ulasannya ya, aku keep buat referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mbak, jgn ragu untuk liburan ke Kota Malang.

      Delete
  4. suka sekali sama kota Malang, adem, sejuk dan banyak tempat wisata yang family & kids friendly serta penginapan pun banyak

    ReplyDelete
  5. Ah malang dengan segala keunikannya. Malang sudah menjadi wishlist aku karena pengen bangey pelesiran ke beberapa tempatnya. Apalagi tempatnya adem ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adem dan sejuk nya pake bgt, ayo lah ke Malang mbak

      Delete
  6. Malang ini masih jadi kota impian ynag ingin kami kunjungi secara anak mau main ke Museum angkut. Semoga deh suatu saat bisa kesampaian main ke Malang. Amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiiin Ya Allah, semoga di beri kesehatan ya teh biar bisa ajak Fahmi ke Malang aamiiiin

      Delete
  7. Halo :) Alhamdulillaah aku udah pernah semua mengunjungi tempat2 yang mbak sebutkan di atas. Malah pernah makan steak lezat di Hotel Tugu, salah satu hotel tercantik di dunia :) Emang Malang itu destinasi liburan yang menyenangkan ya. Hawanya juga sejuk bikin kita demen kulineran terus hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jd pengen ngunyah terus ya di Malang.

      Delete
  8. Sewa motor di Malang selama 24 jam murah juga itu Mpok, bisa kelilingan seharian bareng yayang. Apalagi suasananya cakep ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga variatif sih, tergantung motornya. Iya suasananya bikin betah.

      Delete
  9. Saya pengen ke lokasi argo wisata kalau bisa ke Malang lagi. Trus borong apelnya. Soalnya apel malang enak dibikin olahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mo di olah apa nih mbak apel malang nya?

      Delete
  10. Aku jarang banget nih ke Malang, mungkin ini bisa jadi list jalan-jalan berikutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus itu mbak,.karena suasana Malang itu romantis bgt.

      Delete
  11. Jalan-jalan ke Malang adalah impianku, bakal aku catat nih lokasi tujuan wisatanya siapa tahu thn depan bisa berangkaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mom, Malang adalah destinasi wisata yg sangat menarik.

      Delete
  12. Yang aku paling ga bisa lupa pada saat liburan ke Malang adalah hiking ke Bromo jam 3 pagi sambil gendong anak bungsuku hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wowww luar biasa ya mom, hiking sambil gendong anak. Kl aku ga sanggup kek nya hiking sambil gendong anak hehehehe

      Delete
  13. Wah Malang juga sekarang punya semacam bus buat city tour yaa, keren nih.
    Kalau Coban Rondo tu kyknya agak ke pinggiran ya mbak? Itu dulu lokasi wajib buat mahasiswa campaign buat semacam ospek gtu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mom, bus Macito...
      Iya mom Conan Rondo itu ada di kota batu (pinggiran Malang)

      Delete
  14. Duh abis liat postingan ini makin sadar masih banyak tempat yg belum aku kunjungi pas kemarin ke malang, padahal pas ke Malang udah spare waktu 4 hari, banyak bgt ya tempat kece di Malang

    ReplyDelete
  15. Aku ke Malang tapi sedihnya nggak sempat keliling pas waktu itu ke Malang. PAdahals eru banget dan aku sih lebih penasaran makan bakso presidennya mbaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak Lida ke malang lagi, biar ga penasaran sama bakso President hehehhee

      Delete
  16. Ingat saat PPL bareng Teman2 kuliah ke Malang. Asli seru banget! Bromo, Conan Rondo, dll. Dan rencananya akhir taun ini mau me Malang kugaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tahun baruan di Malang pasti seru ya mbak.

      Delete
  17. Malang emang adem ya mbak, udara dan suasananya sejuk jadi mbikin nyaman banget disana... ditambah lagi wisata alamnya masih sangat asri... bener-bener refreshing deh kalo ke malang itu. apalagi bisa mampir ke bakso legendaris bakso president mantul deh jADINYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku betah bgt di Malang. Jadi pengen makan trus hehehehe.

      Delete
  18. Aku ke malang itu tahun 2009 sudah lama banget gak kesini lagi. Kalau ke malang ajak-ajak aku dong kakak.
    Pengen banget deh liburan kesana.

    ReplyDelete
  19. kalau di Malang masih banyak kuliner enak lainnya
    coba ke alun2 batu, di sebelahnya bisa kuliner an sepuasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak Arta, aku blm sempet ke alun2 batu nih. Pankapan mo balik lg ke Malang.

      Delete
  20. Malang adalah kota yg paling aku kangenin banget banget mbaaa. Dan belum pernah nih k coban raiz, kalo coba rondo dulu tempat proker dan himpunan beraktivitas hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tost mbak smp skrg pengan lagi pengen lagi ke Malang. Soalnya blm semua aku jelajahi, Krn waktunya mepet juga. Smoga mbak grandys kesampaian ke coban Faiz ya.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

SoMan Sejatinya Teman

Bakso NgeBOM Ya BAKSO BOM MAS ERWIN

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi