Skip to main content

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Gratis

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Gratis

Hayo siapa nih yang suka berpergian menggunakan transportasi moda kereta api?...

Sewaktu orang tua emak masih ada, emak seringkali menggunakan kereta api jarak jauh tepatnya ke Jawa Timur. Emak suka sekali menggunakan kereta api karena terbebas dari kemacetan. Apalagi kereta api sekarang nyaman sekali, kalau dulu hanya kereta api kelas eksekutif saja yang di fasilitasi air conditioning (AC) tapi sekarang kelas ekonomi pun sudah di fasilitasi AC serta gerbong-gerbong nya juga bersih.

Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Gratis

Emak akan sharing informasi nih, untuk kalian yang sering melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Sebaiknya tiket kereta api atau boarding pass jangan dibuang ya, karena PT Kereta Api Indonesia akan memberikan tiket perjalanan gratis tapi tetap ada syarat dan ketentuannya dong.


Kalian bisa mendapatkan tiket perjalanan kereta api secara gratis, dengan menukarkan 15 tiket dalam rentang waktu perjalanan 6 bulan atau 20 tiket dengan rentang waktu perjalanan satu tahun. Apabila tiket kereta yang akan ditukarkan terdiri dari beberapa nama kereta yang berbeda, misalnya ;

2 tiket KA Brantas (Pasar Senen - Blitar)
10 tiket KA Gajayana (Gambir - Malang) dan 
3 tiket KA Progo (Pasar Senen - Lempuyang, Jogjakarta)

Maka tiket gratis diberikan untuk rute jarak terpendek, begitupun dengan kelas kereta. Tiket gratis yang akan diberikan merupakan kelas terendah dari tiket yang terkumpul dan hanya berlaku untuk kereta jarak jauh non subsidi.


Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Gratis

Adapun syarat dan ketentuannya sebagai berikut ; 
  • Penumpang memiliki 20 tiket atau boarding pass dengan rentang waktu 12 bulan sejak keberangkatan KA pertama (ditukarkan dalam waktu 12 bulan).
  • Penumpang memiliki 15 tiket atau boarding pass dengan rentang waktu 6 bulan sejak keberangkatan KA pertama (ditukarkan dalam waktu 6 bulan).
  • Rentang waktu yang dimaksud di atas di hitung mundur dari tanggal penukaran tiket atau boarding pass.
  • Tiket atau boarding pass atas nama penumpang yang sama.
  • Tiket atau boarding pass dengan perjalanan atau parsial (PP) searah maupun sebaliknya. Misalnya untuk rute Yogyakarta - Jakarta atau Jakarta - Yogyakarta.
  • Penukaran tiket gratis dihitung sejak tanggal keberangkatan tiket atau boarding pass pertama dan tidak boleh lebih dari rentang waktu yang ditentukan. Apabila melewati rentang waktu tersebut maka sudah tidak berlaku.
  • Penukaran tiket dilakukan di stasiun besar yang terdapat customer service (CS), jika tidak ada CS penumpang dapat melaporkan ke petugas loket reservasi.
  • Lalu petugas loket akan memeriksa keabsahan tiket atau boarding pass. Jika sudah benar dan jumlahnya memenuhi syarat, maka tiket gratis akan dicetakkan untuk penumpang yang bersangkutan.
Ketentuan tiket ;
  • Jika tiket atau boarding pass tidak terbaca maka penumpang diwajibkan untuk menyebutkan tanggal perjalanan atau data pemesanan KA tersebut kepada CS.
  • CS akan memeriksa tiket tersebut dan dilakukan pengecekan perjalanan. Jika data benar maka CS akan menulis ulang nomor kode booking pada tiket dan diberi paraf.

Nah sebagai penumpang setia kereta api, mulai sekarang tiket atau boarding pass nya di kumpulkan dong pastinya. Serta jangan lupa, jika sudah terkumpul sesuai syarat dan ketentuan di atas. Segera tukarkan dengan free 1 tiket atau boarding pass yang sesuai dengan identitas kalian.

Selamat menikmati perjalanan 😉

- Leha Barqa - 

Comments

  1. Wahhh ternyata bekas tiket sangaat berguna banget yaa, sial kalo tau dari dulu bisa liburan terus nih akunya secara gratis pula :(,

    ReplyDelete
  2. Hoo ternyata kumpulin tiket kereta Ada faedahnya. Lumayan nih tiket gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bu sid, lumayan ngurangin budget.

      Delete
  3. Wah ternyata ngumpulin karcis kereta bisa dapat gratis ya mbak ...

    ReplyDelete
  4. wah baru tau, ternyata tiket bekas bisa dituker dengan tiket baru. Berguna banget buat yang sering bolak-balik atau traveeling dengan kereta nih! bisa cukup mengurangi biaya perjalanan dan dana yang udah disiapkan bisa dipake buat hal lain selama perjalanan

    thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang ngurangin budget, sama2 bang

      Delete
  5. Ada dimana yaa, saya lupa naruh boarding kereta nya. Saya cari dulu ahhh.. siapa tau dapat tiket gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai kumpulin bang tiket bekasnya, lumayan kan.

      Delete
  6. Wah, ternyata bisa ya dapat gratisan tiket KA. Setelah perjalan selesai biasanya aku buang.

    Aku nggak sering naik kereta.Setahun cuma beberapa kali. Tapi sekali berangkat sama keluarga. Pernah juga rombongan keluarga besar suami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di tukar sesuai SK mbak, jadi harus satu nama.

      Delete
  7. udah dibuang deh boarding pass keretea api. Lagipula memang jarang naik kereta api

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ini buat yang sering naik kereta sih lumayan ngurangin budget.

      Delete
  8. program yang menarik bisa dapat tiket gratis dengan mengumpulkan tiket KA, mirip promo kartu galon air, kumpul 10 gratis 1 galon air, haha

    ReplyDelete
  9. wah gitu ya, itu untuk perjalanan kemana saja ya,

    ReplyDelete
  10. Wahhh aku sering naik kereta, tapi gak sampe 20x dalam 6 bulan kayaknya 😅 sayang juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau 20tiket jangkka waktu 1 tahun mbak, kalo jangka waktu 6bulan hanya 15tiket.

      Delete
  11. Kalaunkerjasama sama orang unt ngumpulin tiket supaya berjumlah 15, ga bisa ya mak ? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisa mbak ria, kan tiket yang di tukar atas nama satu orang saja.

      Delete
  12. Eh aku baru tau loh promo ini. Kayanya kudu ubek2 laci buat ngumpulin tiket bolak balik bekasi surabaya kemarin-kemarin. Siapa tau bisa dapet gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mbak, dicari tiket2 nya lumayan kan dapat 1 tiket free.

      Delete
  13. ehh aku baru tahu dong , HeHEHe . ini untuk jarak jauh semua ya mba, tahun 2022 masih ada gak yaa gratisan kayak gini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog