Skip to main content

Perbedaan Mendidik Anak Perempuan dan Anak Laki-laki

Perbedaan Mendidik Anak Perempuan dan Anak Laki-laki

Anak adalah amanah serta titipan dari Allah SWT kepada pasangan suami istri. Anak merupakan penyempurna kebahagiaan dalam berumah tangga. Anak laki-laki maupun anak perempuan patut kita syukuri karena semua itu anugerah Illahi. 

Kali ini emak akan sharing tentang perbedaan mendidik anak laki-laki dan anak perempuan. Karena mendidik anak dengan cara yang tepat akan membentuk sifat dan karakter anak itu sendiri.
MENDIDIK ANAK PEREMPUAN

Perbedaan Mendidik Anak Perempuan dan Anak Laki-laki

1. Dorong Anak Agar Bisa Tegas  

Ajarkan anak perempuan kita untuk asertif, ekspresikan dengan tegas jika ada orang yang membuatnya tidak nyaman. 

2. Dorong Anak Untuk Smart dan Berprestasi 

Karena dia akan menjadi ibu yang akan mendidik dan mencerdaskan anak-anaknya kelak.

3. Disiplin Dan Manajemen Waktu  

Perempuan memiliki kecenderungan mengerjakan banyak hal, ajarkan dia untuk disiplin dan memanajemen waktu yang akan membantunya untuk bisa sukses. 

4. Mengendalikan Perasaan 

Perempuan cenderung mengedepankan perasaan dan sensitif, ajarkan dia untuk tidak terlalu sedih dan senang secara berlebihan.

5. Kreatif dan mandiri 

Ajarkan dia untuk kreatif dan mandiri, karena kreatifitas akan membuat mereka lebih survive dengan kehidupannya kelak dalam kondisi apapun mereka bisa bertahan.
MENDIDIK ANAK LAKI-LAKI

Perbedaan Mendidik Anak Perempuan dan Anak Laki-laki
(Dok. Titik Murtie)


1. Beri Anak Tanggung Jawab 

Ajarkan anak laki-laki untuk mengembangkan kemampuan mengikuti arahan dan menyelesaikan tugas.

2. Kerja Keras Dan Pantang Menyerah

Anak laki-laki akan tumbuh menjadi orang yang gigih dan bertanggung jawab pada keluarga nya. Ajarkan dia untuk kerja keras dan pantang menyerah.

3. Berikan Keteladanan Berempati

Anak laki-laki akan tumbuh menjadi ayah dan suami yang peka dan tak segan membantu pekerjaan istri. Mereka akan mudah berempati pada kesulitan orang lain.

4. Mengendalikan Emosi

Laki-laki lebih mudah terpancing emosinya, ajarkan dia untuk mengelola emosi dengan baik dan tidak gegabah.

5. Tegas dan Berani 

Anak laki-laki kelak akan menjadi pemimpin bagi keluarganya, ajarkan untuk tegas dan berani mengambil keputusan yang bijak untuk menjaga keluarganya.

Dengan berjalannya waktu anak-anak akan tumbuh besar dan berkembang. Sebagai orang tua, kita wajib  untuk mengarahkan dan mendidiknya dengan baik dan benar. Karena sekarang ini, emak melihat banyak anak laki-laki yang mempunyai sifat dan karakter seperti anak perempuan dan sebaliknya. 

Semoga kita tidak keliru dalam mengarahkan dan mendidik anak-anak, agar mereka mempunyai sifat dan karakter sesuai dengan kodratnya. 

- Leha Barqa -

Comments

  1. Mengajarkan sikap pantang menyerah dan bertanggung jawab, ini saya suka poin pentingnya. Untuk anak laki-laki sesuai tugasnya kelak sebagai pemimpin keluarga harus tangguh dan bertanggung jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak Lasmi, anak laki-laki memang harus memiliki jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab.

      Delete
  2. Wah...Makasih sharing ini, Mbak.
    Aku lagi hoping ini punya anak cewek kalau ALLAH masih kasih aku kesempatan buat ada asek untuk Zafa. Jadi, butuh panduan di mana mendidik anak cowok pasti ga boleh sama ya sama anak cewek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin Ya Allah, semoga disegerakan dan dimudahkan proses nya mbak Hani. Sami-sami mbak 🙏

      Delete
  3. Setuju. Mereka harus tau siapa jati dirinya. Karena hal seperti ini kelak akan membetuk karakter mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ngeri ya kl liat yg skrg nih. Laki-laki banyak yg melambai, smoga anak-anak kita kelak sesuai kodratnya ya mbak.

      Delete
  4. Dari kecil sudah ditanamkan mendasar antara anak perempuan dan laki-laki ya.
    Sehingga saat remaja tidak gamang lagi. Siap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap benar mbak, semoga di masa akan datang anak-anak kita sesuai kodratnya ya.

      Delete
  5. Tanggung jawab sebaiknya diajarkan pada anak laki laki maupun anak perempuan

    Tapi budaya patriarkat emang masih membedakan pria dan perempuan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua anak memang harus di ajarkan bertanggung jawab Ambu, di sini aku hanya menekankan batasan perbedaan saja krn melihat fakta banyak laki-laki seperti perempuan dan sebaliknya.

      Delete
  6. Kebetulan aku punya anak laki dan perempuan. Seingetku dulu sama aja mendidiknya. Dua-duanya ya harus tanggungjawab dan smart. Mungkin dalam hal kepemimpinan yang agak beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bentuk mbak, setiap anak memang kita ajarkan untuk bertanggung jawab dan smart di sini aku hanya menekankan batasan perbedaan saja.

      Delete
  7. Alhamdulillah, makasih tips dan remindernya mbaaa. Secara anak saya juga laki dan perempuan, yang masing-masing nyatanya butuh concern khusus ya, apa-apa yang sebaiknya dilatih dan makin dikembangkan untuk menguatkan pribadinya

    ReplyDelete
  8. Betul betul..
    Saya setuju sama isi artikel ini. Mendidik anak laki dan perempuan mmg beda ya, mbak. Apalagi kalau dilihat dari 'bertahan hidup di masa depan nanti'

    ReplyDelete
  9. Saya punya anak laki-laki juga perempuan. Tanggung jawab dan empati sama-sama saya tekankan untuk keduanya. Anak laki-laki bukan cuma dituntut pintar, berani, dan bisa cari duit doang. Mereka juga harus bisa mengerjakan pekerjaan rumah, bahkan memasak, menyapu, dan mengepel rumah sekalipun. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang harus begitu mbak, biar anak mandiri. Dan kelak bisa bantu-bantu istrinya.

      Delete
  10. Makasih sharingnya Mbak. Bisa dijadikan acuan untuk kita mendidik anak. Anakku saat ini masih cewek semua .

    ReplyDelete
  11. Memang harus dibedakan ya mendidik anak lelaki dan perempuan, sebagai bekal agar mereka saat dewasa kelak telah siap dengan peran yang harus dijalaninya.

    ReplyDelete
  12. Intinya mendidik anak laki dan perempuan sama ya.. termasuk untuk urusan pekerjaan rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya sama dalam hal tanggung jawab, pekerjaan rumah, kepintaran dan empati. Tp dalam hal emosi dan perasaan pastinya berbeda ya.

      Delete
  13. Alhamdulillah anak pertama saya di anugerahi anak laki2...

    Semoga aja anak laki-laki saya mempunyai karakter yang tegas dan penuh tanggung jawab.

    Karena memang anak laki2 lah menjadi sesosok pemimpin di dalam rumah tangga.

    Senang saya membaca artikel ini, karena sangat menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin Allahuma Aamiiiin, terima kasih mbak Yunita sudah mampir ke blog ku.

      Delete
  14. Mengajari mengendalikan emosi adalah PR besar buat saya. Anak laki-laki saya yang usianya kini 19 bulan rasanya mudah sekali marah jika apa yang diinginkan tidak saya berikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbak, musti telaten dan banyak sabar ya mbak. Semangat 😘

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

'GLOW TOGETHER' Rumah Syantik Sari Surya

Haiii cewek-cewek syantik 😍 sebagai wanita, kalian pasti mendambakan memiliki kulit wajah yang sehat dan kinclong serta glowing kan. Emak pun demikian, ingin mempunyai kulit wajah yang halus dan juga terbebas dari semua masalah kulit. Beberapa hari yang lalu, tepatnya di tanggal cantik 02022020 emak menghadiri acara gathering 'GLOW TOGETHER'. Acara ini di selenggarakan oleh  Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin  yang beralamat di Jl. Elok, Perumahan Pos Giro Blok. B IV No. 01 Puspasari, Kecamatan Citeureup - Bogor, buka pukul 10.00 wib setiap harinya. (dok.RSSS) Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin merupakan salon kecantikan yang menyediakan beragam pilihan perawatan kecantikan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Meskipun Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin ini baru berdiri sekitar enam bulan, tepatnya tanggal 5 Agustus 2019 tetapi customernya sudah ratusan dari seluruh Jabodetabek dan beberapa daerah di In

Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak

Royal Tulip Hotel Gunung Geulis (dok.ig RTHGG) Stres dan sumpek dengan macet, hiruk pikuk serta polusinya ibukota Jakarta. Kenapa ga coba ke  ROYAL TULIP GUNUNG GEULIS RESORT & GOLF ? Dijamin bikin fresh karena Royal Tulip Hotel Gunung Geulis menyajikan pemandangan yang ciamik dan suasana yang sejuk. Royal Tulip Hotel Gunung Geulis adalah hotel bintang 5 pertama di kawasan puncak - Bogor. Yang dalam beberapa hari lagi akan merayakan ulang tahun yang pertama pada tanggal 9 Mei 2017. Hotel yang berlokasi di jl. Pasir Angin Gadog - Bogor ini dibawah naungan PT. Mulia Colliman International perusahaan yang mengelola Padang Golf Gunung Geulis sejak tahun 1992. Hanya berjarak 60km dan dapat di tempuh dalam waktu 1 sampai 1,5 jam berkendaraan dari Jakarta. Hotel yang terletak dilahan seluas 450hektare ini memiliki 2 restoran (Fire & LL One), 1 bar lounge (The Breeze), 2 kolam renang, playground anak - anak, pusat kebugaran, area yoga, wine room, 6 ruang p

LIVE TALKS "Tumbuh Sehat Dan Bahagia" Bersama LACTOGROW

Sebagai orang tua, melihat si Kecil tumbuh sehat pastinya senang sekali tapi tak hanya sehat  si Kecil juga harus tumbuh bahagia. Dengan tumbuh bahagia, pikiran dan perasaannya akan lebih positif. Serta kemampuan sosialnya juga meningkat dan pencernaannya makin terjaga. Seperti Arsy Nurhermansyah biasa dipanggil dengan Acio (putri dari Anang dan Ashanty) terlihat sangat cantik, tumbuh sehat dan bahagia. Bocah berusia 5 tahun ini selalu tampil dengan senyuman manis serta percaya diri, akupun sangat senang melihatnya. Baca juga :  Kenali Lebih Dini Kanker Leher Rahim (Serviks) Dalam rangka merayakan "Hari Kebahagiaan Internasional" yang jatuh pada tanggal 20 Maret setiap tahunnya. Nestle LACTOGROW mengadakan LIVE TALKS melalui channel Facebook, ZOOM dan YouTube yang membahas mengenai "Peran Kebahagiaan Dalam Mendukung Tumbuh Kembang Si Kecil." Acara yang dipandu oleh Novita Angie ini menghadirkan pembicara yang kompeten, seperti ; Dr. dr. Arian