Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua


Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua


Bicara tentang kendaraan bermotor, menjadi topik yang sangat menarik bagi mereka kaum adam. Apalagi kalau sudah menyangkut perawatan, pastinya mereka lebih selektif dalam memilih onderdil/  sparepart dan pelumas untuk kendaraan bermotor mereka.

Seperti suami yang mempunyai profesi sampingan sebagai driver ojek online. Selain gawai tentunya motor menjadi modal utama untuk operasional. Penggunaan motor dengan pemakaian di atas rata-rata membutuhkan perawatan sangat ekstra, seperti ; Kanvas Rem, Rantai dan V-Belt serta Oli Mesin.

Kali ini emak akan berbagi cerita pengalaman tidak mengenakan tentang motor kami, hingga oli motor terbaik pilihan suami.


PENGALAMAN TIDAK MENGENAKAN

Suatu ketika pernah suami mengabaikan untuk mengganti oli motor dan ini adalah kesalahan yang sangat fatal. Akibatnya komponen dalam mesin rusak parah, motor kami tidak bisa hidup. Suami segera membawa motor ke bengkel lalu montir bengkel segera mengecek motor kami. Setelah di cek, mereka mengharuskan motor kami untuk turun mesin. 

Sedih rasanya akibat kelalaian suami untuk mengganti oli motor secara teratur akhirnya kami harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk proses turun mesin ini. 

Mengingat pentingnya oli pada mesin, maka sekarang suami tidak menganggap remeh hal itu. Seperti yang sudah emak ceritakan di atas,  kalau sampai telat mengganti oli maka berakibat kerusakan yang cukup serius. Dan hal ini kami jadikan pengalaman yang sangat berharga. 


MEMILIH OLI MOTOR TERBAIK

Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua
Logo Pertamina Enduro

Banyak oli motor yang beredar di pasaran dengan keunggulan dan kelebihan masing-masing. Dalam memilih oli motor terbaik suami sangat selektif sekali. Karena dengan memilih oli motor yang tepat membuat usia pakai mesin menjadi awet dan tahan lama.

Cara memilih oli motor :

  • Pilih oli dengan SAE atau tingkat keenceran yang sesuai kondisi lingkungan
  • Jika kerja mesin motor lebih berat, gunakan oli dengan API tinggi
  • Pilihlah oli berdasarkan jenis motor dan jenis koplingnya
  • JASO MA : Untuk jenis motor kopling basah
  • JASO MB : Untuk jenis motor kopling kering

Penting bagi suami memperhatikan spesifikasi dari oli pilihannya. Sebab itu suami percayakan motornya menggunakan oli motor keluaran pertamina lubricants. 

Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua
Enduro Matic SAE 10W-30
(bag. depan)

Jenis motor yang di pakai suami merupakan motor matic 4 tak dan sangat cocok menggunakan Enduro Matic.  Ada dua jenis oli motor matic keluaran pertamina lubricants di pasaran yakni Enduro Matic SAE 10W-30 dan Enduro Matic G SAE 20W-40. Karena jenis motor matic kami berkapasitas mesin 110 cc maka suami memilih Enduro Matic SAE 10W-30 yang sesuai formulasinya.

Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua
Enduro Matic SAE 10W-30
(bag. belakang)


PERAWATAN MOTOR RUTIN

Perawatan motor secara berkala memang wajib dilakukan. Apalagi dalam mengganti oli, hal itu diperlukan untuk mencegah motor mengalami masalah pada mesin. Agar mesin motor bertahan lama sebaiknya penggantian oli berdasarkan jarak tempuh. Idealnya pemakaian oli yang tertera pada petunjuk pemakaian biasanya 1500 - 4000km.

Untuk jarak tempuh 20 - 50km/hari sebaiknya ganti oli setiap 1.5 bulan. Jika jarak menengah di atas 50km/hari maka ganti oli setiap 1 bulan sekali. Sekarang suami rutin mengganti oli motor matic nya dalam kurun waktu dua minggu sekali karena intensitas pemakaian yang sangat tinggi. Sehingga performa mesin motornya tetap kuat dan terjaga.


Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua
Ganti Oli
Perawatan Rutin

Mendapatkan oli Enduro ini juga sangat mudah, bisa di beli di SPBU terdekat, bengkel resmi dan bengkel langganan. Harga oli motor Enduro pun sangat terjangkau, oli motor Enduro Matic SAE 10W-30 dengan ukuran 0,8 liter berkisar Rp 37.000,- dan Rp 39.000,- untuk ukuran 1 liter. 

Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua
Driver Ojek Online
(suami)
Suami juga mengingatkan kepada teman sesama driver ojek online untuk selalu rutin mengganti oli motor nya secara teratur. Pastinya memakai oli berkualitas keluaran dari pertamina lubricants yang harga oli motor nya ramah di kantong para driver ojek online.


JENIS - JENIS OLI ENDURO

Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua
Jenis-jenis Oli Enduro

Pertamina lubricants tak hanya mengeluarkan oli Enduro Matic saja tetapi ada 7 jenis oli mesin yang bisa digunakan untuk roda 2 yang disesuaikan dengan kondisi mesin, seperti ;

1. Enduro 4T Sport SAE 5W-30

Pelumas sintetik yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan kinerja akselerasi dan perlindungan dari aus. Oli ini telah memenuhi persyaratan tingkat mutu API Service SL dan JASO MA2. Direkomendasikan untuk mesin motor empat langkah dengan sistem kopling basah, terutama pada aplikasi balapan.

2. Enduro 4T Racing 10W-40

Pelumas motor empat langkah berkekentalan ganda dengan kualitas tinggi diformulasikan base oil sintetik dan aditif API SL pilihan. Oli ini  memenuhi standar mutu JASO MA2 dan API SL/SJ. Direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah, Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya.

3. Enduro 4T Racing SAE 20W-50

Pelumas bermutu tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar mineral berkualitas dan aditif-aditif pilihan, yang didesain khusus untuk motor empat langkah. Oli ini merupakan produk berkekentalan ganda yang stabil memberikan kemudahan bersirkulasi pada temperatur rendah dan tinggi. Dan telah memenuhi tingkatan mutu API SJ dan JASO MA (approved) ini, antara lain memiliki stabilitas shear yang sangat baik, memudahkan sirkulasi pelumas pada saat start up dan memberikan efek pendinginan, serta pelumasan optimal pada temperatur dan kecepatan operasi tinggi.

4. Enduro Matic SAE 10W-30

Pelumas motor empat langkah matik berkualitas tinggi dengan moly additive untuk mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi. Pelumas ini memiliki viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi oli dan memberikan fuel economy yang lebih baik. Direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah matik (skutik), merek Yamaha, Honda, Suzuki, Kanzen dan lainnya.

5. Enduro Matic G SAE 20W-40

Pelumas motor matik empat langkah berkualitas tinggi yang didesain khusus menggunakan base oil sintetik untuk pengendara dalam kota yang kerap terjebak kemacetan. Serta memiliki viskositas lebih tinggi dibandingkan pelumas lain, sehingga dapat menjaga temperatur mesin, terutama di jalan yang sering macet. Direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah matik (skutik).

6. Enviro 2T SAE 20

Pelumas untuk mesin kendaraan dua langkah dengan sistem pendingin udara dan berbahan bakar bensin. Direkomendasikan untuk pelumas motor dua langkah berpendingin udara yang menjadi tuntutan utama industri-industri otomotif Jepang meliputi sifat detergency  pelumasan, asap dan penyumbatan pada saluran gas buang.

7.  Enduro Gear

Merupakan oli roda gigi  motor matic, dalam pembuatannya oli ini dibentuk dari formulasi antara base oli sintetik dan aditif pilihan. Direkomendasikan untuk melumasi roda gigi motor matic.

Dengan banyaknya jenis oli Enduro, membuktikan bahwa oli motor Enduro andalan semua jenis motor.


PERTAMINA LUBRICANTS

Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua
Logo Pertamina Lubricants

Semua pasti tahu PT Pertamina sebuah perusahaan BUMN yang di beri wewenang untuk mengatur dan  mengelola penambangan minyak bumi dan gas di Indonesia.

PT. Pertamina Lubricants ini anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) yang didirikan pada 23 September 2013 dan menerima pemisahan (spin-o) Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero) pada 30 Oktober 2013.

Tujuan didirikannya PT Pertamina Lubricants untuk meningkatkan kekuatan bisnis Perseroan di bidang usaha pelumas pada masa mendatang, melalui cakupan bisnis di dalam dan luar negeri. PT Pertamina Lubricants bertekad pada masa-masa mendatang dapat menjadi perusahaan pelumas kelas dunia dan mencapai posisi sebagai Top 20 World Lubricants Company.

PT Pertamina Lubricants tak hanya memproduksi  oli motor Enduro saja tetapi juga memproduksi oli mobil Fastron. Kedua oli kendaraan yang berkualitas ini produksi asli Indonesia. Kita harus bangga dan mencintai produk negeri sendiri. Dengan menggunakan produk dalam negeri sama saja dengan berpartisipasi dalam membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.

Itulah cerita emak tentang motor kami. Jadi jangan sampai telat untuk ganti oli secara rutin ya, agar performa mesin motornya tetap kuat dan terjaga. Jangan sampai kalian mengalami turun mesin seperti motor kami, karena harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi.

Dan jangan lupa apapun jenis motor kalian pakai Pertamina Enduro. Karena Pertamina Enduro oli motor terbaik andalan semua.

- Leha Barqa -

Comments

  1. Kalo sayaang ama motor, pastinya pengin kasih produk terbaik ye kaann
    Udah bener nih olinya pakai punya Pertamina Enduro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ibaratnya motor itu istri ke 2 suami jd musti di kasih oli motor terbaik, yang pasti Pertamina Enduro.

      Delete
  2. Oli motor saya juga enduro, di service berkala minimal 6 bulan sekali. Pernah bawa service sendiri, hehe padahal biasanya yang nganter service para pria. Saya sih cuek aja hehe

    ReplyDelete
  3. Toss mba samaan oli akupun pakai ini Ada mio nih dr th 1997 smp sekarang awet karna bikin Mesin tahan lama Juga .. buat jd driver anak2 skloh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oli Pertamina Enduro oli motor terbaik ya mbak, oli berkualitas dengan harga terjangkau.

      Delete
  4. Produk dari dalam negeri yang kualitasnya sudah tak diragukan lagi. Makanya sangat tepat bila banyak yang memilih enduro buat motornya tetep awet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, oli berkualitas dengan harga terjangkau. Bkn motor awet dan terjaga mesinnya.

      Delete
  5. Motor saya juga pakai enduro.
    Produk dalam negeri yang jempol banget kualitasnya.
    Pertamina makin sip sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oli Enduro tak hanya berkualitas tp harga nya juga ramah dikantong ya mbak.

      Delete
  6. Waw Keren, langsung dapat informasi dari suami
    Sehingga datanya pasti akurat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ambu, suami sering curhat masalah motor.

      Delete
  7. Menggunakan oli abal-abal malah sering bikin rusak kendaraan. Jadi meski harga sedikit beda, usahakan menggunakan produk oli terbaik ya... Enduro ini salah satunya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt teh, oli motor terbaik pastinya Pertamina Enduro.

      Delete
  8. Oli yang bavus dapat merawat mesin menjadi lebih awet, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak asal perawatan nya secara rutin dan pastinya pake Pertamina Enduro.

      Delete
  9. Bahaya memang kalau nggak rutin ganti oli, sebab fungsi oli itu bukan hanya pelumas pada mesin motor, tapi untung mendinginkan, termasuk merawat bagian dalam motor. Sedih ya mba kalo motor turun mesin. Mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt mbak cha, oli banyak fungsi nya. Ga akan terulang lagi deh sampai turun mesin.

      Delete
  10. Aku sejak nggak kerja ngantor nggak pernah ganti oli sendiri. Dulu juga pakai olie nya Pertamina karena kalo servis ganti olie pasti di bengkel resmi HOnda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bengkel resmi pasti lebih tau oli terbaik ya mbak, oli keluaran Pertamina Lubricants pasti berkualitas.

      Delete
  11. Enduro ini emang oli andalan banget ya mbak. Motor di rumah, pas saya tanyakan ke semua, ternyata pakai Enduro juga sebagai olinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, oli Enduro banyak jenisnya. Jadi oli Enduro andalan semua jenis motor ya.

      Delete
  12. Wah, saya baru tahu, nih kalau oli pertamina enduro banyak macamnya. Soalnya nggak pernah ikut urusin motor. Dulu sebelum nikah, ayah yang suka servisin motor, sekarang pun suami. Hehe.

    Emang perlu banget ya, Mbak memioih oli yang tepat. Biar nggak bermasalah di mesin nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak maka nya oli Enduro, oli motor terbaik andalan semua.

      Delete
  13. saya tahu dan sering pakai juga sih oli satu ini, selain harganya terjangkau, hasilnya pun tidak mengecewakan, soal turun mesin itu memang jadi pengalaman yang sangat2 berharga sih, biar nggak lalai buat ganti oli kedepannya. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bener bgt, sedih deh kalo smp ngalamin turun mesin. Ibaratnya biaya turun mesin tuh bisa buat perawatan motor 1tahun.

      Delete
  14. wahhh, biasanya make oli pasti bawaan dari pabrikannya. besok nyobain oli ini ah, manatau cocok sama motorku, terus motorku ngga ngambek-ngambek lagi. Motor sehat, kantong pun sehat wkwkwk xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip agar tambah awet dan ga ngambek2, jgn lupa di rawat secara rutin ya.

      Delete

Post a comment

Popular posts from this blog

SoMan Sejatinya Teman

'GLOW TOGETHER' Rumah Syantik Sari Surya

Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak