Skip to main content

Sunrise dan Sunset Terbaik di Pulau Jawa - Bali

Haiii jumpa lagi dengan emak 😍 untuk menutup akhir tahun 2019 ini emak akan berbagi tentang beberapa sunrise dan sunset terbaik di Pulau Jawa - Bali. Emak sangat suka sekali melihat moment yang spektakuler ini, dengan menikmati prosesnya membuat emak takjub akan kebesaranNya.

Seperti yang kita ketahui matahari terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat. Fenomena alam ini sudah biasa kita jumpai setiap hari. Tetapi sebagian orang yang bermukim di kota besar pastinya sangat sulit menikmati fenomena tersebut karena terhalang oleh  gedung-gedung pencakar langit.

Arunika atau orang biasanya menyebut dengan sunrise/ matahari terbit  merupakan peristiwa di mana sisi teratas matahari muncul di atas horizon di timur. Matahari terbit setelah fajar mulai tampak di langit sebelah timur. Sedangkan swastamita biasa dikenal dengan sunset/ matahari terbenam adalah waktu di mana matahari menghilang di bawah garis cakrawala di sebelah barat.

Sunset Pantai Jimbaran

Sunrise dan Sunset Terbaik di Pulau Jawa - Bali
Sunset Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran merupakan salah satu pantai berpasir putih di pulau Bali. Memiliki pemandangan sunset atau matahari terbenam yang sangat cantik. Selain itu di pantai Jimbaran ini kalian bisa menikmati aneka hidangan laut/ seafood dan di lengkapi dengan nasi, sambal serta kelapa muda. Untuk harga tidak perlu khawatir karena kalian bebas menentukan seberapa banyak ikan yang diinginkan dengan hitungan pergram dari masing-masing jenis seafood sebelum diolah.

Sunset Pantai Kuta

Sunrise dan Sunset Terbaik di Pulau Jawa - Bali
Sunset Pantai Kuta 

Pantai Kuta Bali sudah terkenal sejak dulu. Pantai berpasir putih yang halus terhampar luas dengan pemandangan yang indah menjadi daya tarik tersendiri. Sunset di pantai Kuta terkenal sangat indah dan eksotis. Pantai Kuta juga memiliki ombak yang bagus dan tidak terlalu besar sehingga para peselancar sangat mengidolakan Pantai Kuta ini. Tidak heran jika Pantai Kuta menjadi destinasi utama wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali.

Sunrise Bromo

Sunrise dan Sunset Terbaik di Pulau Jawa - Bali
Sunrise Bromo

Kalian pasti sudah tidak asing dengan Gunung Bromo, gunung yang terkenal di Jawa Timur. Berada di antara empat wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Gunung berapi yang masih aktif ini menyimpan sejuta pesona. Selain Kawah Bromo, Pasir Berbisik dan Bukit Telatabis kalian akan di suguhkan kecantikan matahari terbit di Bromo. Salah satu spot terbaik untuk melihat dan menikmati sunrise yaitu di Penanjakan 1 View Point.

Sunrise Bukit Sikunir

Sunrise dan Sunset Terbaik di Pulau Jawa - Bali
Sunrise Sikunir

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kabupaten Wonosobo - Jawa Tengah. Desa Sembungan desa tertinggi di Pulau Jawa. Bukit Sikunir merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan terbitnya matahari. Sunrise Bukit Sikunir di sebut Golden Sunrise yang di klaim terbaik se-Asia Tenggara. Ketika matahari terbit emak belum sampai di bukit/ puncak sikunir jadi emak hanya mendokumentasikan lewat celah-celah ranting pepohonan.

Masih banyak sunrise dan sunset terbaik di Pulau Jawa - Bali ini, seperti ;

Sunrise

Pulau Jawa :

Punthuk Setumbu
Gunung Ijen

Pulau Bali :

Gunung Batur
Pantai Nusa Dua
Pantai Lovina

Sunset 

Pulau Jawa :

Keraton Ratu Boko
Rawa Pening Ambarawa

Pulau Bali :

Tanah lot
Uluwatu

Jika kalian akan menikmati sunrise dan sunset di atas, agar lebih maksimal di anjurkan datang saat musim kemarau. Pada dasarnya suatu tempat mempunyai kesan tersendiri. Sampai jumpa lagi tahun 2020 😉

- Leha Barqa -

Comments

  1. Hampir semuanya sudah pernah. Malah yang belum di Ratu Boko. Padahal udah sampai Prambanan, tapi kok yo males banget mau jalan ke Ratu Boko.

    Kalau di Indonesia secara umum, sunrise paling cantik menurut saya ada di Pantai Sumur Tiga, Sabang, Pulau Weh, Aceh sana. Kalau sunsetnya ada Kuta, Bali.

    Bisa aja di tempat lain sih. Tapi, sunset di Kuta atau Seminyak itu karena kita bener2 bisa cuma leyeh2 aja pas nonton mataharinya tenggelam di laut. So magical :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sayang bgt kl sdh di Prambanan ga ke Ratu Boko,
      Smoga emak bisa ke Pulau We (Sabang) aamiiin.
      Nah iya emak di Kuta ya cuma leyeh-leyeh sambil nikmatin sunset.

      Delete
  2. Sudah ke Bali cuman rasanya kayak kurang lengkap ya kalau belum main kesini, hmmm

    ReplyDelete
  3. Bagus-bagus banget pemandangan sunrise dan sunsetnya.
    Dari semua tempat yang disebutkan dalam artikel ini, belum ada satu pun yang pernah saya kunjungi. Duh, kurang piknik banget saya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa menikmati sunrise atw sunset di salah satu tempat di atas ya mbak.

      Delete
  4. Woww aku baru ke bromo aja haha, keren euy moga bisa jalan jalan liat sunrise dbanyak tpt hehe

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah udah pernah liat subrise dari Bromo dan itu indah banget. Unforgettable memories.. Ke Bali belum kesampaian. Katanya Sunrise di Kuta bagus juga tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg aku tau sih kl di Kuta yg bagus sunset nya, untuk sunrise lebih rekomen di pantai Lovina sambil lihat lumba-lumba.

      Delete
  6. Wahhh aku udh pernah semua nih. Masih di pulau Jawa Bali jadi masih terjangkau ya.

    Kalo aku lebih suka sunset sih. Jadi penasaran pengen liat sunset di pulau-pulau Indonesia yg lain.

    ReplyDelete
  7. Ya ampun Leha, mengapa dikau bikin ngeces? 😁😁😁
    Pingin banget saya nikmatin sunset dan sunrise di lokasi wisata di atas
    Perlu semangat lebih ya? Untuk mewujudkannya 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Ambu, Aamiiin semoga Ambu bisa melihat sunrise dan sunset terbaik secara langsung di sana ya, Aamiiin.

      Delete
  8. Seperti sepele, padahal melalui sunset kita bisa belajar banyak tentang filosofi hidup dan kehidupan.
    Salah satu alasan orang sulit menemukan sunset adalah lokasi nya. Membaca artikel ini jadi tahu lokasi mana saja yg bisa ditemukan sunset yang indah. Cakep-cakep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh benar, ini tuh sepele bgt ya. Hal yg biasa terjadi setiap hari, tp yg itu tadi tidak semua org bisa menikmati.

      Delete
  9. Kalau ada pilihan, senang lihat sunset atau sunrise..mbak milih apa? Kalau saya jika diberikan pilihan harus menjawab slhsatu, saya pilih sunrise. Karena menurut saya matahari dan pagi adalah sebuah harapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem mbak gina, aku juga pilih sunrise. Krn dengan melihat sunrise ada do'a dan harapan untuk mengawali hari.

      Delete
  10. Wah, keren banget foto-foto sunrise dan sunsetnya. Bisa jadi referensi aku buat liburan.

    ReplyDelete
  11. Paling pengen liat sunrise di Bromo sih. Tapi aku bukan morning person wkwkw jadi seringnya liat sunset :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali-kali musti nyoba sunrise mbak fara.

      Delete
  12. Aku belum pernah ke semua tempat yang emak sebutkan dalam tulisan ini.. hiks semoga suatu hari 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emak aamiiin kan ya mbak auda, Aamiiiin Ya Allah.

      Delete
  13. ternyata penikmat arunika dan swastamita toh.. saya pernah takjub dengan swastamita di pantai pulau Tidung. karena fenomenal dan banyak sekali yang menantikan hal itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak tanti, aku senang melihat sunrise/sunset. Wah aku blm pernah nih ke pulau Tidung, kapan-kapan mesti di coba juga toh jarak nya ga terlalu jauh.

      Delete
  14. Suatu hari nanti aku berharap bisa ke tempat-tempat yang mbanya kunjungi, dari mulai Pantai Jimbaran, Gunung Bromo sampai Tanah Lot. Biar bisa merasakan indahnya matahari terbit dan terbenam. Keren banget deh yang Sunrise Bukit Sikunir disebut sebagai Golden Sunrise yang di klaim terbaik se-Asia Tenggara. Luar biasa. Makasih mba, aku jadi tahu nama lain sunset, sunrise selain bahasa Indonesianya. Ada Arunika dan Swastamita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunrise di bukit sikunir bagus sekali kak, aku lihat beberapa dokumentasi teman. Tp sayangnya pas aku kesana blm sampai puncak sunrise keburu keluar. Sama-sama ya kak gilang.

      Delete
  15. Manteb nih bisa liat matahari terbit dan terbenam. Aku lebih suka melihatnya dari pantai, walau jarang hehe.
    Kalau menikmati matahari terbit enaknya sekalian bawa bekel sarapan hahaha, trutama roti ma kopi tuh xixixi. Tapi lbh enak liatnya di gunung sih kalau yang ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbak april, lihat sunrise sejauh ini sih aku ke gunung. Sudah sampai puncak gunung biasa nya ngopi jd langsung seger.

      Delete
  16. pernah ke jimbaran. suasana saat itu romantis, mungkin karena sedang bersama yg disuka. ah jadi rindu...ke bali lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cihuyyyy, ayok dong mbak Artha di ulang lagi.

      Delete
  17. Salahsutemtygpenge banget aku kunjungin dan ngerasain hangatnya sunrise di tempat itu ada di list artikel ini. Yass Bromo. ..aku pengen banget kesana. I wish this year

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut mengAamiiin kan ya mbak Rafah.

      Delete
  18. Puthuk setumbu itu di jogya kah? Bulan depan mau ke jogya soalnya..
    Kali aja bisa berburu sunset di puthuk sutumbu dan sunrise di ratu boko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puthuk setumbu sebenarnya masuk Kab Magelang sih, kan dekat dengan Candi Borobudur. Disana ada paket untuk lihat sunrise mbak dee. Kl Candi Ratu Boko ikut paket dr Candi Prambanan jd kita di antar ke Ratu Boko untuk melihat sunset.

      Delete
  19. Beberapa tempat sudah kurasakan sensasinya. Semakin mendekatkan padaNtq dan bersyukur kita bisa menikmatinya. Pengen ke Bromo Mbaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak nyi, dengan menikmati sunrise/sunset secara langsung membuat aku banyak2 bersyukur.
      Ayok di schedule kan mbak nyi untuk ke Bromo.

      Delete
  20. Saya pernah berkunjubg ke Kuta, Jimbaran, Si Kunir juga Bromo. Tapi hanya Pantai Kuta saja yg bisa "taking" foto saat sunset.

    Bagus banget memang sih mb, cuman kadang nggk nahan berdesakan kalo di Bukit Si Kunir itu. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sewaktu ke sikunir pas libur nasional jd ya penuh. Dan akupun ga bisa smp puncak karena penuh.

      Delete
  21. Aku paling senang berburu sunset dan sunrise. Nikmatnya gimana gitu. Indah banget melihatnya. Sungguh2 kuasa Tuhan yang besar.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog