Skip to main content

Kuliner Solo yang Wajib di Coba

Melihat tayangan di televisi tentang Kota Solo, emak teringat vlog Nex Carlos dan Ria Sw edisi Kota Solo. Mereka mereview kuliner andalan Kota Solo yang membuat emak kepengen icip-icip kuliner Solo. Kota Solo atau dengan sebutan lain Kota Surakarta ini adalah kota kelahiran Pak Jokowi, bapak presiden Republik Indonesia.

Sudah lama emak ingin mengunjungi Kota Solo, apalagi setiap melihat  kuliner Solo yang selalu berseliweran di instagram bikin emak menelan ludah. Untungnya emak lagi ga ngidam, coba kalau sedang ngidam bisa ngeces deh bayi emak. Pernah sih ke Solo tapi hanya transit saja di stasiun Balapan - Solo. Ketika dari Semarang menuju Jogja emak naik kereta api Kalijaga sampai Solo dan lanjut kereta api Pramex menuju Jogja, jadinya nggak bisa keliling Solo kan.


Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Pasar Gede Hardjonagoro

Alhamdulillah, kali ini emak kesampaian juga nih explore beberapa wisata kuliner yang sudah familiar di Solo. Yuk kepoin kuliner apa saja yang emak icip-icip di Kota Solo ini ;


1. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Pasar Gede Hardjonagoro

Es Dawet ini berada di dalam Pasar Gede Hardjonagoro. Dan sudah melegenda, konon sudah ada sejak tahun 1930. Sekarang diteruskan oleh generasi ketiga dia adalah Rut Tulus Subekti, yang biasa disapa Bu Utit.

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Es Dawet Telasih Bu Dermi

Dengan merogoh kocek Rp 10.000,-  emak sudah bisa mencicipi es dawet legendaris ini. Satu mangkuk es dawet berisikan cendol/dawet, telasih (biji bunga kemangi), ketan hitam, tape, bubur sumsum, santan dan ditambahkan es batu. Buka mulai jam 08.00 sampai jam 15.00wib. Tempatnya ramai sekali, tadi emak juga ikutan antri. Dan jangan harap bisa duduk manis karena warungnya sempit dan uyel-uyelan jadi minum es dawetnya sambil berdiri. Ohhh ya Pak Jokowi juga sering minum es dawet telasih Bu Dermi ini lohhh ketika beliau masih menjabat sebagai Walikota Solo.


2. Sate Kambing Pak Manto

Sate Kambing Pak Manto terletak di Jl. Honggowongso No. 36, Sriwedari - Laweyan - Kota Surakarta. Buka mulai jam 06.30 hingga jam 19.00wib.
Warung sate ini sudah berdiri sejak tahun 1990. Selain Sate Kambing banyak menu yang menggoda selera seperti Tengkleng Rica, Tongseng, Gulai Kambing dan Sate Buntel. Disini emak memilih menu Tongseng dan Sate Buntel.

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Warung Sate Kambing "Pak Manto"

Tempatnya lumayan nyaman tetapi agak panas karena banyak pengunjung yang datang. Makanannya juga termasuk lama, apalagi Sate Buntel nya mungkin karena proses pembuatannya jadi  emak harus nunggu lama.

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Tongseng Kambing "Pak Manto"

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Sate Buntel "Pak Manto"

Harga untuk Sate Buntel Rp 45.000,- /porsi, Tongseng Rp 40.000,-/porsi dan Tengkleng Rica Rp 50.000,-/porsi.
Semua dalam porsi yang sangat besar, sehingga emak bisa makan bersama anak dan suami. Emak baru pertama kali makan Sate Buntel ya di sini, rasanya uenak polll dan enggak berbau prengus. Pokoknya soal rasa enggak ada obatnya.


3. Rica ISI Bu Sartini (Ricis)

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Ricis Bu Sartini

Rica legendaris Bu Sartini atau orang biasa menyebutnya Rica ISI sudah ada sejak 25tahun lalu. Rica ISI Bu Sartini menyajikan kuliner pedas dengan rasa yang luar biasa. Selain menu rica ayam, ada juga menu sayuran dan gorengan yang disuguhkan dengan harga murah meriah. Untuk satu porsi nasi dengan rica ayam dibandrol harga Rp 8.000,- 

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Nasi Ayam Ricis

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Aneka Lauk Ricis

Buka setiap hari Senin sampai hari Sabtu mulai jam 08.00wib hingga habis. Lokasinya berada di sebelah barat Kampus Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI). Lebih tepatnya di Kentingan Barat RT 3 RW 10, Jebres - Surakarta. Tempat Ricis Bu Sartini ini berada di rumah biasa bukan warung seperti keumuman. Ricis ini sudah populer dikalangan mahasiswa ISI dan UNS, dua kampus yang memang bersebelahan. Semakin hari banyak orang yang bertandang ke sana untuk menikmati Ricis Bu Sartini. Kalau emak tau Ricis ini setelah emak nonton YouTube Nex Carlos (food youtuber). 

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Rica Ayam Ricis

Sesuai dengan namanya rica yang identik dengan rasa pedas maka Ricis ini terkenal dengan cita rasa pedas, bumbunya juga merasuk terasa sekali rempahnya. Dengan kuah yang bergelimang cabai dan aroma yang menusuk membuat emak kepingin nambah lagi.


4. Nasi Liwet Mbak Yanti

Untuk kuliner malam emak icip-icip Nasi Liwet Mbak Yanti yang berada disebelah utara jl. Slamet Riyadi Solo persisnya lebih kurang 100meter sebelah timur pintu keluar stasiun Purwosari. Meskipun Nasi Liwet Mbak Yanti ini berada di trotoar dan hanya memakai tenda (lesehan) tapi warung ini ramai sekali dengan pengunjung. Buka sore hari hingga jam 02.00 dini hari.

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Nasi Liwet Mbak Yanti

Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan kelapa maka nasinya terasa gurih dan disajikan dengan daun pisang yang di pincuk. Harga seporsi nasi liwet lengkap dengan lauknya di banderol Rp. 20.000,-. Nasi liwet dengan isian lauk  sayur labu siam, suwiran daging ayam, telur dan areh (bubur dari kelapa) menjadi solusi ketika lapar melanda di malam hari.


5. Gudeg Relasi

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Gudeg Relasi (dok. Ig @kulinerdisolo)

Kuliner malam emak berikutnya icip-icip Gudeg Relasi, yang mulai berjualan pada tahun 1992 di depan Toko Relasi Jaya di jl. Makamhaji, Kartasura - Kabupaten Sukoharjo. Buka setelah toko tutup pada pukul 21.00 sampai 00.00wib. Ketika tiba di sana, emak di haruskan mengambil no antrian yang di sediakan dan menunggu sang penjual memanggil no yang emak punya.

Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Gudeg Relasi Ayam Rendang 
Kuliner Solo yang Wajib di Coba
Gudeg Relasi Ayam Kecap

Rasa gudeg ini lebih gurih berbeda dengan gudeg lainnya yang lebih manis. Nasi lengkap dengan lauk berupa gudeg nangka, daun singkong dan suwiran ayam di guyur dengan kuah sambal krecek dan kuah opor ini di banderol Rp 7.000,- saja. Disini juga tersedia toping yang menambah selera seperti ayam kecap , ayam rendang, telur dadar dan masih banyak lagi sebagai lauk pendamping. Gudeg Relasi ini cocok sekali dengan selera emak, pokoknya ga ada obatnya deh.

Jadi itu beberapa kuliner yang emak icip-icip di Kota Solo. Pokoknya soal rasa ga ada obatnya, yang menurut emak recommend. Nah kalian yang berkunjung ke Kota Solo, wajib di coba ya 😉.


- Leha Barqa -

Comments

  1. Kalau ke solo wajib coba nih ini nih! Apalagi suka sama dawet. Semoga tahun depan bisa ke solo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin,..di coba juga kuliner yg lain mbak. Uenak lohhhh.

      Delete
  2. Kalau Nasi Liwet, biasanya saya makan yang di Jl Raya Solo Baru. Tinggal pilih. Kalau gudeg, saya seringnya ke Restoran Adem Ayem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kmrn ga ke Solo Baru mbak, boleh dong mbak referensi nya.

      Delete
  3. wah makasih infonya, kalau ke solo bisa nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak, di coba mbak kuliner nya, uenak kok.

      Delete
  4. Ya ampyuuuun itu beneran mbak rica ayam cuma 8K? Nikmatnya sampe ke hati tuh kalau aku ga cukup makan sepiring hahahaha.. Secara aku penggemar menu ayam. Es dawetnya juga muran 10K mayan banyak ya hehehe. Sate kambing sih aku ga suka tapi suami dan anak2 doyan. Bolehlah kalau ke Solo aku mampir kulineran ini :) TFS ya mbak Leha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran mbak Nurul, nasi ayam rica hanya 8rb. Ayok mbak kulineran lagi ke Solo. Sama2 ya mbak Nurul.

      Delete
  5. Ya ampuuunnn, lapar!
    Saya mau dong es dawetnya, paling suka deh ama dawet di Jateng, udah gitu murmer parah!
    Saya pernah shock sampai pesan 3 mangkok saking kaget biasanya beli es dawet harganya belasan hingga 20ribu per gelas hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak es dawet nya beneran enak, pantes ya kl setiap hari penuh terus. Yuk mbak di coba es dawet Solo nya.

      Delete
  6. Aduh semua yang kami sukai ini mah. Hehehe... Memang kalau wisata kuliner itu tidak akan ada matinya ya. Ga dimana ga dimana kalau soal makanan pasti terus dibahas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bgt teh, mo di manapun ttp kuliner no 1.

      Delete
  7. Wah mba aku pengen coba semuanya rasanya. Apalagi itu tu rica isi bu sartini yang rasanya serba pedes makin ngiler aku. Aduh aku belum pernah soalnya mba ke solo. Penasaran ama kulinernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ke solo mbak, kuliner nya emak2 lohhh.

      Delete
  8. Indonesia memang kaya akan keberagaman salah satunya kuliner.
    Nggak heran jika terkenal sampai ke mancanegara karena rasa makanan yang diolah.
    Saya salfok sama tongsengnya,jadi pengen cicipin juga masakan pak manto khas Solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di coba ya va, karena ini bener2 enak dan ga bau va.

      Delete
  9. Dududuh, enak banget ini kayaknya. Belom pernah nyoba satu pun. Noted referensinya untuk dicoba nanti saat ke Solo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak, kl ke Solo sempatin nyoba ya mbak, enak kok.

      Delete
  10. Astagaaa ak jadi kangen sate buntel pak manto pas liat postingan ini, semoga ada rezeki bisa ke solo lagi nyobain pak manto deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin, di coba kuliner yg lain juga enak kok mom.

      Delete
  11. MasyaAllah auto ngiler liat ulasan ini. Pengen nyobain semua. Semoga nanti kesampaian bisa pulang kmapung ke jawa dan mampir ke solo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jgn lupa mampir Solo buat kulineran mbak.

      Delete
  12. Referensi nih wiskulannya di Solo, bener-bener bikin ngecess nih semuanya kuliner khas Solo ini, lain kali kalo mau ke Solo ajak-ajak saya ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Bu kita ke Solo, kita kulineran bareng masih banyak yg blm di icip-icip.

      Delete
  13. Mendadak lapar lihat menu-menu yang ditampilkan di atas. Jadi pengen icip semuanya deh kecuali yang pedes-pedes. Ok noted nih kalau ke Solo kudu mampir ke warung2 yang Mbak rekomendasikan di atas. Apalagi harganya juga ramah banget ya di kantong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak tidak hanya harga Rp rasa nya juga enak. Monggo di coba ya kl ke Solo.

      Delete
  14. Mbak aku belum pernah main ke Solo, lihat tampilan es dawet dan nasi liwetnya jadi ngiler dan pengen jalan ke Solo liburan nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak liburan dan kulineran di Kota Solo. Kulinernya enak-enak mbak.

      Delete
  15. Waaww....Solo.
    Suka banget sama kulineran khas Solo, tapi aku gak pernah lupa untuk ke Serabi Notosuman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak aku blm nyoba Serabi Notosuman, kode supaya balik lagi nih seperti nya hahahaha.

      Delete
  16. Waaa...bikin ngiler banget makan-makannya mbak, minum es dawet di cuaca yang lagi panas, waah nikmaat. Kuliner di Solo terkenal dengan harga yang murah ya mbak? Semoga besok-besok bisa main-main ke Solo dan cobain rekomendasinya mbak Leha. Aamiin :) Terimakasih sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,. Rasa enak dan harga murah. Aamiiin smoga bisa main ke Solo ya mbak, sama2 mbak smoga bisa jd referensi ya.

      Delete
  17. Aih, kebayang lezatnya makanan yang Bunsay cicipi di kota Solo.. mau dong diajak keliling dan kulineran saat ke Solo :) jangan lupa loh ajak saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mamah azam kita explore Kota Solo. Biar timbangan nganan bareng ya hehehehe.

      Delete
  18. wah wisata kulinernya dari Solo ini mengundang laper banget, apalagi aku sangat tertarik dengan nasi liwetnya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam2 kl lapar langsung cus makan nasi liwet pasti nagihin mbak.

      Delete
  19. eh ada ricis segala. wkwkw. saya cm lewat ajah kalo solo ini mah. belum pernah berhenti. kalau ke sini tak cari ah ayam ricisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak arta, di coba ayam ricisnya uenak lohhh

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog