Skip to main content

Inovasi LDII Mengembangkan Mobil Listrik

Inovasi LDII Mengembangkan Mobil Listrik

Semakin hari bumi semakin nampak kerusakannya, seperti yang tertulis dalam Surat Ar-Rum ayat 41. Ayat yang berbunyi, "Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)".


Dalam hal ini, Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPP LDII) menggelar Forum Group Discussion (FGD) di Kantor DPP LDII  - Jakarta. FGD ini bertema "Menyongsong Era Mobil Listrik Nasional". Pada hari Rabu (12/02/20), aku bersama tim Blogger Mungil turut hadir di FGD ini.

Inovasi LDII Mengembangkan Mobil Listrik
FGD "Menyongsong Era Mobil Listrik"
(dok.blomil)

Apa kaitannya antara Mobil Listrik dengan LDII? Sebagai salah satu narasumber Ketua Umum DPP LDII Prof Dr. Abdullah Syam. Msc. menjelaskan bahwa,
LDII memandang persoalan lingkungan adalah bagian penting dari dakwahnya. Tidak hanya konsentrasi dakwah dengan lisan maupun tulisan tetapi juga melakukan dakwah bil haal yaitu dakwah dengan perbuatan. LDII mencermati perubahan iklim dan cuaca ekstrim yang terjadi di berbagai belahan bumi belakangan ini. Fenomena ini berkaitan dengan semakin memanasnya suhu bumi/ pemanasan global yang disebabkan semakin menumpuknya gas rumah kaca pada lapisan atmosfer kita.
Sebelum mobil listrik, sejak tahun 2008 LDII telah menghelat Go Green dan telah menanam 3.553.000 pohon dengan tingkat kematian 7,2%. LDII terus berinovasi membantu pemerintah untuk menyelamatkan lingkungan, selain Go Green LDII pun mengembangkan penggunaan energi baru yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Pembangkit Listrik Mikrohidro di Jawa Timur.


Mengapa harus mobil listrik?
Karena,
  • Efisiensi energi BBM
  • Ramah lingkungan (pengurangan polusi udara dan panas bumi)
  • Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB), pencemaran udara kendaraan bermotor kisarannya sampai 47% sampai 90% (kumparan.com)
Penggunaan mobil listrik merupakan salah satu upaya menjaga lingkungan. Dengan mobil listrik, pemakaian bahan bakar fosil bisa dikurangi.

Beliau menambahkan,
Mobil berbahan bakar minyak sudah lama hadir di Indonesia, untuk mengganti dengan mobil listrik tentu tidaklah mudah. Ini merupakan tantangan tersendiri, LDII butuh waktu untuk mengedukasi para konsumen.
Inovasi LDII Mengembangkan Mobil Listrik
Ketua Umum DPP LDII Abdullah Syam,
Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin mencoba mobil listrik (dok.blomil)

Dalam kesempatan ini bapak Abdullah Syam, Wakil Ketua DPR DR. Aziz Syamsuddin, SH, SE, MAF, MH beserta semua yang hadir di FGD mencoba mobil listrik untuk keliling kawasan Senayan.

Bus listrik dengan panjang mobil 12 meter dan sudah di uji coba jauh lebih efisien dari sisi mesin serta listrik. Ada 30 seat dan kapasitas 70 orang di lengkapi dengan AC serta seat belt di setiap seatnya untuk keamanan. Bus listrik yang nyaman serta meredam bising ini diproduksi oleh Bakrie Autoparts.

Inovasi LDII Mengembangkan Mobil Listrik
Bus Listrik 

Di seluruh Uni Eropa penjualan kendaraan listrik di perkirakan akan melonjak dari 319 ribu unit pada tahun 2019 menjadi 540 ribu unit pada tahun 2020. Hal tersebut dikarenakan gelombang baru kendaraan listrik yang akan datang, terutama dari produsen mobil  terkemuka Eropa.


Sejumlah peraturan baru juga telah mulai diberlakukan di Uni Eropa pada 1 Januari 2020, produsen akan terkena sanksi jika rata-rata emisi karbon dioksida dari kendaraan melebihi 95gram/ km. Jika perusahaan melebihi batas ini, maka harus membayar denda 95 euro untuk setiap gram yang melebihi target.

Inovasi LDII Mengembangkan Mobil Listrik

Di Indonesia sendiri, beberapa merek  besar automotif sudah memproduksi mobil listrik. Dengan tumbuhnya mobil listrik tentu akan tumbuh pula industri pendukungnya seperti teknologi baterai yang khusus untuk digunakan di mobil listrik, ini juga akan memerlukan SDM dengan kompetensi yang sesuai.

Inovasi LDII Mengembangkan Mobil Listrik

Karakteristik teknologi adalah setiap ada teknologi baru pasti muncul lembaga-lembaga baru yang terdiri dari lembaga komersial dan program pendidikan untuk menyiapkan keperluan SDM ahli untuk menunjang kegiatannya dalam hal ini adalah mobil listrik.


Merencanakan industri mobil listrik saat ini dianggap masih terkendala stimulus berupa insentif. Tidak hanya itu, kendaraan ramah lingkungan sekaligus sarana transportasi masa depan ini. Jika ingin segera melaju di jalan raya, perlu didukung dengan kebijakan fiskal. Yang artinya pemerintah harus berani memberikan insentif. Pasalnya biaya asli mobil listrik saat ini masih terlalu mahal untuk konsumen dalam negeri.

Inovasi LDII Mengembangkan Mobil Listrik
Tim Blogger Mungil bersama Ketua DPP LDII
bapak Prasetyo Sunaryo
(dok.blomil) 

Ketua DPP LDII Prasetyo Sunaryo berharap hasil dari FGD dapat menjadi masukan kepada pemerintah sekaligus menjadi solusi mengenai penggunaan kendaraan listrik. Serta dengan ini masyarakat dapat bersiap untuk masuk dalam era mobil listrik.

- Leha Barqa -

Comments

  1. Waaaah, terobosan yang bagus dalam hal energi ya mbak. Efisiensi Bbm benar banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, salah satu upaya menjaga lingkungan

      Delete
  2. Jika biaya operasional mobil listrik di kota ini cukup mahal, apalagi di daerah seperti kampung saya yang akses jalan masih susah ya?
    Tapi saya optimis saja ah. Semoga pemerintah bisa kasih solusi. Kalau mobil listrik bisa memberikan manfaat buat kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip teh, semoga
      pemerintah ada solusi ya.

      Delete
  3. Harapannya semoga mobil listrik ini terwujud di level nasional, kita harus mengejar ketertinggalan soal emisi karbon dari negara2 eropa, kita baru saja mau melangkah ke euro 4, tapi negara Eropa sudah di euro 6.

    Mobil ilstrik ini menjadi solusi untuk menyelamatkan lingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt, kalau bukan kita yang menyelamatkan bumi ini siapa lagi.

      Delete
  4. Apapun yang terjadi Indonesia harus siap dengan hal-hal kekinian seperti Mobil listrik soalnya dunia pun sudah seperti itu, semoga sukses!

    ReplyDelete
  5. Semoga jadi masukan yang bermanfaat ya hadirnya mobil listrik untuk bisa sebagai kendaraan pilihan bagi masyarakat

    ReplyDelete
  6. Wah, Mbaaaa, aku baru tahu lho kalo LDII juga concern dgn technology dan semngat go green.
    karena selama ini yg aku tahu hanya pengajian doang.
    Good job, LDII!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, LDII sangat peduli dengan lingkungan.

      Delete
  7. Manusia biasanya abai sama persoalan jangka panjang. Nah salah satunya soal kerusakan lingkungan ini. Mikirnya pasti, "Ah, santai aja masih aman." Tapi giliran kalo banjir, kalo polusi udara udah melewati ambang batas aman, baru deh kebakaran jenggot. Siapapun bisa berdakwah dalam kebaikan, tak terkecuali LDII dan kelembagaan lainnya.

    ReplyDelete
  8. Wah semakin banyak yang peduli lingkungan dan ngga sekedar bicara
    Tapi juga mewujudkannya
    Dulu saya pernah gemez. Kok para alim ulama ngga ceramah lingkungan hidup sih, Alhamdullilah sekarang LDII pun turun tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Ambu, LDII sangat peduli dengan lingkungan.

      Delete
  9. Mantep banget ini ya Mba, sudah ada mobil listrik ih tapi aku belum pernah coba lho ya. LDII di Pekalongan ada nih, tapi nggak pernah nengok cabangnya dari yang pusat kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang belum untuk umum mbak, masih di godong di pemerintahan smoga terlaksana ya.

      Delete
  10. Waaaah...senangnya kalau polusi udara dari kendaraan bermotor bisa berkurang. Maklum, tim mudah sesak napas di jalan raya yang berpolusi.

    ReplyDelete
  11. LDII keren, baru tau sejak dulu canangkan go green
    Transportasi listrik ni memang di tunggu2, ga ada asap, kita ga tergantung minyak dan gas bumi 😀👍

    ReplyDelete
  12. Wuih keren. Baru tahu kalo LDII mengembangkan mobil listrik. Selama ini tahunya tentang program dakwah mereka. Semoga bisa membawa manfaat bagi umat ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin mbak, smega terealisasi ya.

      Delete
  13. Memang lebih baik menyelamatkan bumi, ya. Dan bis/mobil/sepeda listrik memang solusi yang sangat bagus. Andai 1/2 kendaraan di Indonesia sdah berganti listrik.... Wow! Lestari alam kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya semoga segera terealisasi ya mbak

      Delete
  14. Wah baru tau loh kalo LDII juga turun tangan. Terobosan baru yang bagus sih ini mbak, semoga terealisasikan yaaa :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog