Skip to main content

Ternyata MPASI itu Mudah Bersama Generos

Makanan pendamping air susu ibu (MPASI) perlu di konsumsi ketika bayi menginjak usia enam bulan, karena kebutuhan energi dan nutrisi bayi mulai tidak tercukupi jika hanya berasal dari ASI saja. Pemberian MPASI juga harus bergizi seimbang dengan takaran yang sesuai, agar tumbuh kembangnya sempurna.

Ternyata MPASI itu Mudah Bersama Generos
Ibu & Alesha

Nah, sekarang ini aku sedang berada di tahap pemberian MPASI untuk si kecil yang ternyata tidaklah mudah hiks. Berbagai kendala aku alami, rasanya begitu melelahkan dan juga membuat stres. Apalagi ketika si kecil Alesha (13 bulan) sedang mengalami GTM (Gerakan Tutup Mulut), pastinya kebutuhan akan nutrisi hariannya tidak tercukupi. 

Banyak penyebab anak GTM seperti  tumbuh gigi, sedang sakit bisa juga karena rasa makanan yang kurang enak. GTM tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, ini bisa menyebabkan anak menjadi stunting karena kekurangan asupan nutrisi harian dalam waktu yang lama.

Ternyata MPASI itu Mudah Bersama Generos
dr. Deva bersama peserta
Generos Fest Vol 2

Alhamdulillah aku dan beberapa teman Mom Blogger Community terpilihnya sebagai salah satu peserta Generos Fest Vol 2, yang diselenggarakan di Bermuda Coffe and Eatery, Pamulang - Tangerang Selatan pada Sabtu, 16 Desember 2023. Acara Generos Fest Vol 2 ini mengusung tema "Semua Karena Bunda" dengan menghadirkan beberapa kegiatan seperti Launching buku "MPASI itu Mudah", Cooking Class dan Dongeng Anak. 

Ternyata MPASI itu Mudah Bersama Generos
Buku "MPASI itu Mudah"

Semangat 45 aku mengikuti acara Generos Fest Vol 2 ini, karena jaraknya jauh sehingga pagi-pagi sekali aku bersama Alesha sudah on the way menuju lokasi dan tiba sebelum acara dimulai. Suprise, aku pun mendapatkan buku "MPASI itu Mudah" karya dr. Deva Putriane, Cht, CPHCT.

MPASI itu Mudah 

Bahagia dong pastinya aku bisa bertemu dan bertanya langsung dengan dr. Deva di sesi talkshow, di talkshow tersebut beliau menjelaskan beberapa poin seputar MPASI : 

Ternyata MPASI itu Mudah Bersama Generos
Talkshow bersama dr. Deva

Pentingnya MPASI

Makanan pendamping ASI sangat penting bagi anak jika sudah berusia 6 bulan.

"Jangan lupa berikan makanan yang bergizi seimbang makro dan mikro nutriennya agar anak dapat tumbuh dengan baik. Selalu perhatikan kualitas makanan dan pola makan. Begitu juga pada masa transisi dari ASI ke MPASI bayi masih adaptasi jadi berikan makanan secara bertahap mulai dari tekstur halus hingga sampai pada tekstur kasar," jelas dr. Deva

Terapkan Feeding Rules

Solusi bagi anak yang sulit makan dengan menerapkan feeding rules (aturan dan jadwal anak yang baik dan benar).

"Diantara tips yang bisa bunda terapkan terkait feeding rules adalah usahakan anak tidak ASI sebelum 1-2 jam jadwal makan, jadi dia merasa lapar, berikan makanan utama, biasakan duduk bukan tidur, ciptakan suasana menyenangkan dan berikan makanan bervariasi," jelas dr. Deva lagi

Tentang Screentime

Memperhatikan screentime. 

"Penting untuk orang tua memahami bagaimana situasi lingkungan sekitar dan tidak memberikan gadget ketika makan. Caranya dengan pahami tentang screentime," papar dr. Deva

Naik Tekstur

Pentingnya mengetahui tentang naik tekstur, menurut dr. Deva ini sangat terkait dengan oramotor anak yaitu sistem gerak otot. Jika tidak terlatih maka bisa jadi salah satu penyebab speech delay. 

dr. Deva juga menjelaskan bahwa manfaat naik tekstur bagi anak adalah meminimalisir anak gangguan makan anak di kemudian hari dan juga pilih-pilih makanan. 

Tips Menyimpan MPASI

Pisahkan bahan makanan mentah antara lauk hewani dan sayur. Sementara makanan matang bisa disimpan di kulkas bawah selama 24-48 jam sementara di freezer bisa 2-4 bulan. 

Tentang GTM 

Terkait GTM, dr. Deva berpendapat penyebabnya bisa dari si anak itu sendiri bisa dari lingkungan. 

"Faktor dari anak bisa karena anak kurang sehat, anak naik tekstur yang tidak dipahami orang tua atau prosesi makan yang terlalu lama. Sementara faktor lingkungan bisa karena posisi duduk yang kurang nyaman, baju yang kurang nyaman atau suhu ruangan tidak nyaman. Ayah bunda harus cerdas mengamati penyebab anak GTM" jelas dr. Deva

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak

dr. Deva juga berbagi tips meningkatkan nafsu makan anak dengan cara membuat tampilan makanan yang menarik, sajikan dalam porsi kecil tapi sering, berikan menu bervariasi, hindari memaksa anak menghabiskan makanan dan konsultasi dengan dokter apabila nafsu makan anak terus menurun dan tidak ada perubahan.

"Karena peralihan dari ASI yang memiliki tekstur cair dan bayi tidak butuh usaha untuk menelannya, sementara MPASI memiliki tekstur yang lebih kasar," sambungnya.

Di dalam talkshow ini dr. Deva menjelaskan semua dengan detail dan aku pun di ijinkan bertanya tentang si kecil Alesha yang sedang GTM. 

Setelah talkshow dan sesi tanya jawab selesai, dr. Deva meluncurkan buku "MPASI itu Mudah". Buku ini lengkap membahas informasi seputar MPASI, mulai dari tips, resep hingga rekomendasi gizi untuk si kecil. Alhamdulillah ya, ternyata MPASI itu Mudah jadi banyak variasi MPASI untuk Alesha. 

Cooking Class & Dongeng Anak 

Ternyata MPASI itu Mudah Bersama Generos
Cooking Class bersama dr. Deva

Kegiatan selanjutnya yakni cooking class MPASI yang di praktekkan langsung oleh dr Deva. Di sesi ini dr. Deva memasak Bubur Daging Sapi, beliau juga menjelaskan apa saja bahan-bahan makanan yang baik dikonsumsi oleh sang buah hati. Lalu acara di akhiri dengan pertunjukan dongeng anak bersama kak Elis, di sini anak-anak terlihat sangat antusias menyimak dongeng kak Elis. 

Ternyata MPASI itu Mudah Bersama Generos
Dongeng Anak bersama kak Elis 

Generos Meningkatkan Kecerdasaan Anak 

Ternyata MPASI itu Mudah Bersama Generos
Generos

Generos merupakan produk herbal yang bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan tubuh anak dan juga membantu memelihara kesehatan pada tumbuh kembang anak. Ada 5 kandungan alami yang terdapat dalam Generos, yakni ikan sidat, daun pegagan, madu hitam, mengkudu, dan juga temulawak. 

Ternyata MPASI itu Mudah Bersama Generos
5 Kandungan Alami Generos 


Meningkatkan Kemampuan Belajar Dan Fungsi Memori 

Kemampuan belajar dan fungsi memori ditentukan oleh kesehatan sel-sel saraf dan sel-sel otak. Selain itu, kecerdasan juga bergantung pada sistem peredaran darah dan oksigen menuju otak. Bagian otak yang bertanggung jawab terhadap fungsi memori adalah bagian hippocampus otak. Generos bermanfaat menjaga kesehatan sel-sel saraf, generasi dan menstimulasi pertumbuhannya terutama pada bagian hippocampus otak.

Neuroprotektif (Antioksidan Dan Anti-inflamasi) 

Otak tersusun oleh komponen asam lemak tidak jenuh (PUFA) yang sangat rentan terhadap radikal bebas dan oksidasi. Radikal bebas dapat mengganggu proses regenerasi sel-sel otak sehingga menimbulkan berbagai gangguan kecerdasan. 

Penelitian menunjukkan kadar radikal bebas dan inflamasi yang tinggi dapat menurunkan kecerdasan (fungsi kognitif) pada anak, serta menyebabkan berbagai gangguan neurodegeneratif dan kematian sel-sel saraf pada otak. 

Generos kaya akan senyawa bioaktif antioksidan dan anti inflamasi yang memiliki efek neuroprotektif, selain itu kandungan dalam Generos juga bermanfaat meningkatkan enzim antioksidan di dalam tubuh, sehingga dapat melindungi otak dan sistem saraf dari berbagai gangguan dan racun yang membahayakan.

Alhamdulillah,  ga sia-sia aku datang dari Tambun, Bekasi ke Pamulang, Tangerang Selatan. Banyak ilmu yang aku dapat di acara Generos Fest Vol 2 ini dan ternyata MPASI itu Mudah.

- Leha Barqa - 

Comments

  1. Alhamdulillah banyak banget ilmu yang berfaedah yang didapat ya. Semoga bisa ngebantu mengatasi GTM anak. Pelajaran mahal, jarak Tambun-Pamulang jadi gak sia-sia hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jadi ada pencerahan penyebab GTM si kecil, terimakasih sudah berkenan mampir 🙏

      Delete
  2. Jadi inget zaman anakku mpasi dulu . Memang susah2 gampang ya Mbaa. Ga semudah teori 🤣. Aku lumayan terbantu Krn babysitter anak2 bisa bikin masi. Jadi memang andelin dia dlm membuat 😅. Tapi itupun kdg anaknya ga mau makan kalo memang gtm .di situ baru sabar utk bujukin dan belajar tahu kesukaan anak

    ReplyDelete
  3. Beneran mbak, prakteknya suseh minta ampun wkwkwkkk smp stress aku tuh kalo si kecil mulai GTM

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog