Milad Ke - 19 YBM BRI "Mustahiq Sejahtera Amil Bahagia"

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, aku berkesempatan mengikuti Tasyakuran Milad Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) pada hari Rabu, 12 Agustus 2020. Tasyakuran ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan platform zoom dan dihadiri oleh pengurus YBM BRI seluruh Indonesia.

Milad Ke - 19 YBM BRI "Mustahiq Sejahtera Amil Bahagia"
YBM BRI yang kini berusia 19tahun, berdiri pada tanggal 10 Agustus 2001. Awal YBM BRI berdiri mempunyai visi, pengelolaan zakat, infaq dan sedekah terkemuka di Indonesia yang amanah, profesional dan juga sesuai syariah. Yayasan ini berfungsi sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional dan menghimpun dana amal seluruh Indonesia. Program YBM BRI banyak sekali, diantaranya menyalurkan zakat di bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi.
Acara syukuran ini diawali dengan membaca tilawah ayat suci Al-Quran, surat Al Maa'un (ayat 1 - 7).  Dibawakan oleh mahasiswa yang mendapat bantuan dari program YBM BRI, ananda Ahmad Taki Rayhan (mahasiswa fakultas sains komunikasi dan pengembangan masyarakat - fakultas ekologi manusia) beserta ananda Ninda Kharima Salsabila (mahasiswa UNJ). Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Zakat. 

Milad Ke - 19 YBM BRI "Mustahiq Sejahtera Amil Bahagia"
Ahmad Taki Rayhan & Ninda Kharisma Salsabila

Sambutan dari Ketua Badan Pengurus, Sepyan Uhyandi yang menjelaskan bahwa, 
"Pada tahun 2011 ada kebijakan dari Direksi BRI, kepada setiap pegawai BRI harus membayar zakat di YBM BRI. Sekarang YBM BRI sudah menjadi besar, berada di posisi ke 5 diantara lembaga amal nasionalSedangkan di lembaga amal zakat BUMN berada di posisi ke 3".

Milad Ke - 19 YBM BRI "Mustahiq Sejahtera Amil Bahagia"
Sepyan Uhyandi

Beliau juga menerangkan tentang penyaluran dana,
"Di tahun 2019 YBM BRI menyalurkan dana hingga Rp. 128,8 M. Dan di tahun 2020, akan menyalurkan dana sebesar 134,2 M. Khususnya di tahun 2020 ini fokus di bidang pendidikan, karena setiap tahunnya penyaluran dana mempunyai tema masing-masing".

"Kami akan selalu berupaya mengadakan perbaikan setiap tahunnya, untuk mencari mustahiq - mustahiq yang sesuai program agar mustahiq lebih sejahtera. Kamipun berharap pengumpulan dana dan penyaluran dana ke mustahiq lebih meningkat lagi, supaya lebih baik dan lebih besar", tambahnya.

Milad Ke - 19 YBM BRI "Mustahiq Sejahtera Amil Bahagia"
Prof. Dr. Drs. KH. Muhammad Amin Suma BA, SH, MA, MM

Sedangkan Prof. DR. Drs. KH. Muhammad Amin Suma selaku Ketua Badan Pembina Syariah meminta kepada seluruh pengurus YBM BRI tetap mempertahankan program lama yang masih baik dan membuat program baru yang lebih baik lagi. Beliau juga sangat setuju dengan moto YBM BRI kali ini "Mustahiq Sejahtera Amil Bahagia" serta  menghimbau kepada YBM BRI tak hanya menunggu dana datang tetapi juga harus menjemput dana nasabah dimana pun berada. 

Milad Ke - 19 YBM BRI "Mustahiq Sejahtera Amil Bahagia"
KH. Wahfiudin Sakam SE. MBA

Hadir juga dalam acara Milad ini KH. Wahfiudin Sakam yang menyampaikan tausiyahnya bahwa,  
"Zakat itu rukun Islam ke 4, sebagai amil harus menegakkan rukun Islam ini (rukun adalah tiang). Jadi para amil bukan sekedar bekerja tetapi harus diniatkan untuk menegakkan agama Islam. Karena tugas kita melanjutkan tugas rasullulah". 

Beliau juga berpesan kepada YBM BRI agar berjaya memimpin umat, untuk mengalami peradaban baru.


Milad Ke - 19 YBM BRI "Mustahiq Sejahtera Amil Bahagia"
Dr. Abdurrauf Lc, MA

Acara ditutup do'a yang dipimpin oleh Dr. Abdurrauf Lc, MA.

Yaumul Milad ke - 19 YBM BRI, semoga istiqomah dalam mengelola dana zakat, infaq dan sedekah agar tepat sasaran sesuai moto tahun ini "Mustahiq Sejahtera Amil Bahagia", Barakallah.

- Leha Barqa -


Comments

  1. Masya Allah salut dan bangga pada YBM BRI yang sudah 19 tahun menjalankan tugas mulia sebagai amil ZIS. Semoga istiqomah dalam mengelola dana zakat, infaq dan sedekah agar tepat sasaran sesuai misinya "Mustahiq Sejahtera Amil Bahagia"

    ReplyDelete
  2. Yaumul milad YBM BRI , smg smakin banyak menebar manfaat bagi sesama

    ReplyDelete
  3. Selamat hari jadi YBM BRI, semoga selalu menjadi badan yang dapat dipercaya dalam mengelola dana zakat dan mendistribusikannya secara tepat.

    ReplyDelete
  4. Barakallahu fii umrik untuk YBM BRI, insya allah selalu istiqomah untuk menyalurkan zis, Alhamdulillah

    ReplyDelete
  5. Usia 19 tahun bukan waktu yang sebentar untuk bisa amanah menjaga amanat pezakat , keren sekali, semoga menjadi tauladan bagi yang lain (sofiadewi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibaratnya udah dewasa ya mbak, Aamiiin Allahuma Aamiin

      Delete
  6. Seneng banget ya ada acara-acara seperti ini, saya juga jadi dapat info ttg Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia ini ya. Pantesan sepupu saya yang pegawai BRI pernah bilang kl mereka bayar zakatnya udah ada lembaga khusus, mungkin ini yang dimaksud yes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak Hilmi, skrg ini pegawai BRI wajib bayar zakat di YBM BRI. Kedepannya nanti juga dr nasabah dan anak perusahaan.

      Delete
  7. Sudah 19 tahu menghimpun dan mengelola zakat dari umat, semoga makin banyak masyarakat yang mendapat manfaat dari keberadaan YBM BRI ini ya

    ReplyDelete
  8. Saya baru tahu nih, BRI ternyata juga punya Yayasan khusus untuk menyalurkan zakat ya dan ini udah miladnya yang ke 19. Berarti udah lama juga hadirnya YBM BRI ini.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

SoMan Sejatinya Teman

Bakso NgeBOM Ya BAKSO BOM MAS ERWIN

'GLOW TOGETHER' Rumah Syantik Sari Surya