Skip to main content

Ayo Galang Persatuan dengan Aku BerIndonesia

Miris sekali rasanya melihat masyarakat Indonesia kini yang kurang menghargai perbedaan. Banyak sekali orang - orang yang mudah terprovokasi hingga terpecah hanya karena berita hoax (belum pasti kebenarannya). Aku rindu dengan Indonesia yang damai dan nyaman seperti dulu.

"Nama Indonesia itu mempunyai arti beragam, masyarakat dulu lebih menerima pluralisme terlihat dari perdamaian antar agama dan ras yang menghasilkan keanekaragaman agama dan budaya yang kita kenal sampai saat ini. Jika dibandingkan dengan masyarakat kini yang dengan mudahnya terprovokasi hingga terpecah hanya karena hoax, sungguh tidak merepresentasikan Indonesia yang sesungguhnya. Padahal Pancasila yang merupakan dasar negara kita secara jelas menyatakan 'Persatuan Indonesia' pada sila ketiga, maka kita semua terutama generasi muda Indonesia harus belajar dari masa lalu," ujar Remy Sylado.

Ayo Galang Persatuan dengan Aku BerIndonesia
Aristo Kristandyo, Remy Sylado dan moderator

Dalam kampanye "Aku BerIndonesia" pada hari rabu (31/5) di Gedung Arsip Nasional - Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Teh Javana   (WINGSFOOD) untuk menyambut Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 juni di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dan menghadirkan Remy Sylado yang mempunyai nama asli Yapi Panda Abdiel Tambayong seorang sejarawan dan budayawan senior Indonesia.

Beliau menceritakan sejarah Bhinneka Tunggal Ika, sejarah masuknya Laksamana Cheng Ho yang membawa agama Islam masuk ke Indonesia hingga hilangnya kerukunan bangsa Indonesia. Remy pun mengatakan bahwa dirinya terbilang minoritas karena terlahir di sebuah kota kecil yaitu Minahasa.

Seharusnya tak ada lagi dikotomi mayoritas - minoritas, pribumi - non pribumi. "Karena tak ada dari moyang kita yang betul - betul pribumi, hampir semuanya adalah imigran", tambah Remy.

Mengingat di masa kini dengan mudahnya membenci orang yang berbeda pendapat dan cara pandang dengan mengatakan kafir kepada orang lain menjadikan cara untuk merendahkan dan menghina saudara kita sendiri. Semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik tanpa ada keributan, asalkan masing - masing pihak bisa legowo menerima keputusan dan saling memaafkan. Sehingga persatuan di negri ini tetap terjaga.

Sebaiknya kita bangga dengan Bahasa Indonesia karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau dengan berbagai macam suku dan bahasa yang berbeda dapat di satukan dengan Bahasa Indonesia. Keprihatinan di utarakan oleh Remy Sylado, karena banyaknya orang Indonesia terutama dikalangan muda yang lebih bangga menggunakan bahasa asing untuk berkomunikasi sehari - hari.

Sebagai Kepala Pemasaran Wings Food, Aristo Kristandyo menjelaskan diadakannya acara Aku BerIndonesia sebagai bentuk kepedulian akan menurunnya semangat keIndoneisaan kita terutama dikalangan generasi muda. Dan mengajak masyarakat untuk menunjukkan keIndonesiaannya dalam bentuk nyata melalui 3 pilar utama, yaitu
  1. Aku Berbicara Indonesia yang menampilkan Indonesia dalam cara bertutur dan penyampaian pemikiran.
  2. Aku Bersikap Indonesia yang mencerminkan Indonesia dalam bertingkah laku Indonesia kepada sesama, jujur, ramah dan melestarikan nilai budaya.
  3. Aku Bernilai Indonesia yang mengajak kita untuk menjaga nilai - nilai keIndonesiaan kita seperti kerukunan berbangsa, beragama, toleransi dan menjunjung tinggi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.
Agar seluruh masyarakat terlebih lagi generasi muda selalu ingat untuk menunjukan identitas mereka akan nilai luhur Indonesia yang sebenarnya dan tercermin dalam tindakan nyata dalam kehidupan sehari - hari. Banyaknya perubahan bicara, sikap dan nilai bangsa Indonesia antara dulu dan sekarang.

"Perubahan itu baik dan harus ada, namun ada baiknya masih berpegang pada nilai terdahulu yang baik dan masih bisa di terapkan saat ini. Setelah belajar dari kejadian di masa lalu saatnya kita membuka mata dan memperbaiki diri dimasa kini,"ujar Aristo.

Ayo Galang Persatuan dengan Aku BerIndonesia
Tarian Daerah 

Sebagai penutup diskusi ini, semua yang hadir menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Dan aku pun dihibur dengan tari - tarian dan lagu - lagu daerah. Tarian yang di tampilkan berasal dari suku Betawi, Dayak dan Papua ini menghipnotisku. Mengajak aku untuk mengingat masa sekolahku dulu. Dimana aku suka sekali dengan lagu - lagu dan tarian daerah di Indonesia.

Ayo galang persatuan Indonesia. Jangan mudah terpecah belah, ingat semboyan negara kita "Bhinneka Tunggal Ika" berbeda - beda tetap satu jua. Buang perbedaan, karena aku cinta IndonesiaKu.

Ayo Galang Persatuan dengan Aku BerIndonesia
Aku BerIndonesia

"Tidak ada yang tidak berharga dari pelajaran masa lalu, melestarikan masa silam merupakan bagian dari proses untuk kita menuju hal baru yang lebih baik. Mari generasi muda tanpa menunda lagi, namun sekarang di momen kelahiran Pancasila ini kita bersama bertindak nyata bernilai Indonesia. Aku BerIndonesia!" ajak Remy Sylado.

- Leha Barqa -

Comments

  1. Woww ada Pak Remiii.... Hitsss...

    Pancasila itu maknanya kuat emang... G bs sembarangan.... Hihi. Jadi inget status temen di efbek. Ahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti woww kl ada om remi, nah iya lagi marak ya nyetatus ttg Pancasila...

      Delete
  2. Ini kekinian banget ya. Isu Pancasila dan keindonesiaan. Saya kudu belajar lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat belajar ya kakak, aku juga musti banyak belajar lagi ttg Pancasila....

      Delete
  3. Aku juga udah ikut kampanye nya loh pas hari pancasila hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini baru nama'y AKU INDONESIA AKU PANCASILA... lope lope ma kakakkkk

      Delete
  4. Saya Indonesia, Saya Pancasila !!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

'GLOW TOGETHER' Rumah Syantik Sari Surya

Haiii cewek-cewek syantik 😍 sebagai wanita, kalian pasti mendambakan memiliki kulit wajah yang sehat dan kinclong serta glowing kan. Emak pun demikian, ingin mempunyai kulit wajah yang halus dan juga terbebas dari semua masalah kulit. Beberapa hari yang lalu, tepatnya di tanggal cantik 02022020 emak menghadiri acara gathering 'GLOW TOGETHER'. Acara ini di selenggarakan oleh  Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin  yang beralamat di Jl. Elok, Perumahan Pos Giro Blok. B IV No. 01 Puspasari, Kecamatan Citeureup - Bogor, buka pukul 10.00 wib setiap harinya. (dok.RSSS) Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin merupakan salon kecantikan yang menyediakan beragam pilihan perawatan kecantikan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Meskipun Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin ini baru berdiri sekitar enam bulan, tepatnya tanggal 5 Agustus 2019 tetapi customernya sudah ratusan dari seluruh Jabodetabek dan beberapa daerah di In

Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua

Bicara tentang kendaraan bermotor, menjadi topik yang sangat menarik bagi mereka kaum adam. Apalagi kalau sudah menyangkut perawatan, pastinya mereka lebih selektif dalam memilih onderdil/  sparepart   dan pelumas untuk kendaraan bermotor mereka. Seperti suami yang mempunyai profesi sampingan sebagai driver ojek online. Selain gawai tentunya motor menjadi modal utama untuk operasional. Penggunaan motor dengan pemakaian di atas rata-rata membutuhkan perawatan sangat ekstra, seperti ; Kanvas Rem, Rantai dan V-Belt serta Oli Mesin. Kali ini emak akan berbagi cerita pengalaman tidak mengenakan tentang motor kami, hingga  oli motor terbaik  pilihan suami. PENGALAMAN TIDAK MENGENAKAN Suatu ketika pernah suami mengabaikan untuk mengganti oli motor dan ini adalah kesalahan yang sangat fatal. Akibatnya komponen dalam mesin rusak parah, motor kami tidak bisa hidup. Suami segera membawa motor ke bengkel lalu montir bengkel segera mengecek motor kami. Set

Rumah Syantik Sari Surya Meraih Penghargaan Indonesia Best Beauty & Healthy 2021

Yulia Sari Surya (dok.RSSS) Rumah Syantik Sari Surya yang berdiri pada tanggal 05 Agustus 2019, akhirnya meraih penghargaan Celebrating Exellence Winner 2021 sebagai Best Beauty & Healthy 2021 pada hari Jum'at, 10 September 2021 di Mercure Hotel - Jakarta.  Tidak Ada Usaha Yang Mengkhianati Hasil Tak sia-sia usaha Yulia Sari Surya selaku owner Rumah Syantik Sari Surya untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh customernya di tengah pandemi Covid -19 ini. Dengan konsep Home Services Treatment, Rumah Syantik Sari Surya semakin diminati dan dipercaya wanita-wanita Indonesia untuk melakukan perawatan wajah maksimal dengan hasil glowing memuaskan. Penghargaan Best Beauty & Healthy 2021 (dok. RSSS) Baca juga :  'Glow Together' Rumah Syantik Sari Surya Event Celebrating Exellence Winner 2021 ini diselenggarakan oleh Portal Penghargaan No. 1 Indonesia. Dibuka langsung oleh ketua penyelengara Jordan Dimas. Dalam pembukaannya, Jordan Dimas