Skip to main content

4 Fakta Menarik Seputar Kehidupan Selvi Ananda

Siapa sih yang tak kenal dengan Selvi Ananda, seorang Puteri Solo 2009 yang namanya melejit setelah berita tentang dirinya viral sebagai menantu Presiden Republik Indonesia. Yups, Selvi Ananda istri Gibran Rakabuming Raka putra sulung dari Jokowi Widodo.

4 Fakta Menarik Seputar Kehidupan Selvi Ananda
Selvi Ananda
(dok. IG Selvi Ananda) 

Apalagi baru-baru ini Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang berpasangan dengan Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, tentunya nama Selvi Ananda makin menjadi perhatian publik. Paras cantik Selvi Ananda, kini kerap tampil menemani suaminya menjalani aktivitas sebagai Cawapres 2024.

Baca juga : Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

4 Fakta Menarik Seputar Kehidupan Selvi Ananda
Selvi Ananda bersama Gibran Rakabuming Raka (dok. IG Gibran Rakabuming Raka) 

Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang cukup menarik dan harus diketahui dari sosok Selvi Ananda. Penasaran?... Yuk simak profil dan biodata Selvi Ananda serta fakta menariknya dibawah ini :

Berikut profil dan biodatanya

  • Nama Lengkap : Selvi Ananda Putri
  • Agama : Islam
  • Kelahiran : Kota Surakarta, 09 Januari 1989
  • Warga Negara : Indonesia
  • Pendidikan : SMA Negeri 1 Surakarta dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB
  • Pasangan : Gibran Rakabuming Raka
  • Anak : Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah
  • Orang tua : Didit Supriyadi (ayah) dan Sri Partini (ibu)
  • Kerabat : Joko Widodo (ayah mertua), Iriana (ibu mertua), Bobby Nasution (adik ipar), Kahiyang Ayu (adik ipar), Kaesang Pangarep (adik ipar), dan Erina Gudono (adik ipar).

Selvi Ananda merupakan anak bungsu dari pasangan Didit Supriyadi dan Sri Partini, masa kecilnya dihabiskan di kota kelahirannya. Pada 11 Juni 2015, Selvi Ananda menikah dengan Gibran Rakabuming Raka. Pernikahan keduanya digelar di Gedung Graha Saba Buana, Kota Surakarta - Jawa Tengah. 

4 Fakta Menarik Seputar Kehidupan Selvi Ananda
Selvi Ananda bersama keluarga
(dok. IG Selvi Ananda) 

Pada 10 Maret 2016, Selvi Ananda melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamai Jan Ethes Srinarendra. Dan pada 15 November 2019, pasangan ini kembali dikaruniai anak perempuan bernama La Lembah Manah.

Baca juga : Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto

4 Fakta Menarik Seputar Kehidupan Selvi Ananda

Ada 4 fakta menarik terkait biodata Selvi Ananda, diantaranya yaitu :

1. Pendidikan

Selvi Ananda merupakan alumni SMA Negeri 1 Surakarta. Setelah menyelesaikan sekolah menengah atas, ia melanjutkan jenjang pendidikannya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB (STIE-AUB) Solo. Dan berhasil menyelesaikan  program Sarjana Akuntansi-nya dalam waktu empat tahun, terhitung dari tahun 2007 hingga 2011.

4 Fakta Menarik Seputar Kehidupan Selvi Ananda
Selvi Ananda
(dok. IG Selvi Ananda) 

Selvi Ananda lulus dengan predikat memuaskan dan meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,4. Dari sinilah ia memulai kariernya di sebuah bank swasta, yakni PaninBank.

2. Karier

Selama menjalankan masa kuliah, Selvi Ananda dikenal sebagai mahasiswi yang aktif.  Salah satu kegiatan yang pernah dijalaninya adalah menjadi pembawa acara (presenter) di stasiun televisi lokal bernama TATV (Terang Abadi Televisi). 

Selvi Ananda termasuk mahasiswi yang cerdas dan pandai bergaul, kontribusinya sebagai presenter di acara tersebut menunjukkan kecerdasan dan kemampuannya. Tak hanya pandai dalam bidang akademis saja, ia juga pernah berpartisipasi dalam ajang pemilihan putra-putri daerah, yaitu Putra-Putri Solo.

Pada tahun 2007, ia mengikuti ajang tersebut namun gagal menjadi pemenang. Hal ini tidak mematahkan semangatnya, terbukti pada tahun 2009 Selvi Ananda kembali mencoba mengikuti ajang pemilihan Putra-Putri Solo. Selvi Ananda sempat bertahta jadi Puteri Solo. Yups,  pada tahun inilah Selvi Ananda dinobatkan jadi Puteri Solo. 

4 Fakta Menarik Seputar Kehidupan Selvi Ananda
Selvi Ananda
(dok. IG Selvi Ananda) 

Bahkan saat dinobatkan jadi Puteri Solo 2009, Selvi Ananda mendapat penghargaan yang diserahkan langsung oleh Walikota Solo saat itu yakni Joko Widodo yang kini telah menjadi mertuanya. Tahun 2009 ini menjadi momen penting dalam hidupnya, saat ia pertama kali bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka. 

Pada saat itu, Gibran Rakabuming Raka menjadi salah satu juri dalam ajang pemilihan Putra-Putri Solo. Hubungan merekapun semakin dekat ketika Selvi Ananda ditugaskan sebagai duta pariwisata kota Solo di Singapura. Dan akhirnya, mereka secara resmi menjalin hubungan asmara pada 2010 dan menikah pada tanggal 11 Juni 2015.

3. Menjadi Mualaf

Fakta menarik berikutnya, di balik pernikahan Selvi Ananda bersama dengan Gibran Rakabuming Raka. Ternyata, Selvi Ananda sudah masuk islam sebelum menikah dengan putra sulung Joko Widodo. Di depan pengurus Masjid Istiqlal, ia mengucap dua kalimat syahadat pada 20 Februari 2015. Setelah bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah, Selvi Ananda resmi memeluk Islam dan meninggalkan Katolik.

4 Fakta Menarik Seputar Kehidupan Selvi Ananda
Pernikahan Selvi Ananda
(dok. IG Selvi Ananda) 

Selvi Ananda menikah, ketika ia masih baru beberapa bulan memeluk agama Islam. Dan saat melangsungkan pernikahan yang bertindak sebagai wali nikah bukan ayahnya, melainkan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Mukhtaroji.

4. Kerap Mendapat Pujian

Sosok Selvi Ananda dikenal sangat sederhana dan jauh dari kesan glamor, penampilannya kerap mendapat pujian dari warganet. Pada satu kesempatan, Iriana Jokowi sempat mengatakan ingin memiliki menantu Putri Solo. Pilihannya jatuh kepada Selvi Ananda yang cantik dan juga cerdas.

4 Fakta Menarik Seputar Kehidupan Selvi Ananda
Selvi Ananda
(dok. IG Selvi Ananda) 

Pada 10 Desember 2022 saat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Selvi Ananda menjadi sorotan publik karena keanggunannya. Dan pada Oktober 2023 lalu, Selvi Ananda juga pernah ditunjuk sebagai model iklan kebaya modern dari desainer ternama Andika Pramudya dan Satria Soewiryo. 

Nah itulah 4 fakta menarik seputar kehidupan Selvi Ananda, semoga bisa menjadi informasi yang membantu ya. 

- Leha Barqa - 

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog