Skip to main content

Perjalanan Pendidikan Ganjar Pranowo Hingga Meraih 2 Gelar Akademik

Di tengah maraknya pencalonan presiden 2024, pekan lalu (14 November 2023) Komisi Pemilihan Umum  (KPU) telah menetapkan nomer urut ke-tiga pasangan capres dan cawapres terpilih. Saat ini kehidupan capres maupun cawapres terpilih, telah menjadi sorotan termasuk dengan gelar akademiknya juga ikut jadi perhatian publik. 

Perjalanan Pendidikan Ganjar Pranowo Hingga Meraih 2 Gelar Akademik
Ganjar Pranowo
(dok. Fp Ganjar Pranowo) 

Diantara ke-tiga calon presiden 2024, terdapat sosok yang memiliki perjalanan pendidikan yang menarik yakni Ganjar Pranowo. Beliau telah banyak menimba ilmu selama hidupnya. Dalam riwayatnya tercatat, beliau pernah  mengenyam pendidikan di berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang berbeda.

Saat ini Ganjar Pranowo memiliki gelar S.H (Sarjana Hukum) dan M.I.P (Magister Ilmu Pemerintahan) yang tersemat di belakang namanya. Memang cukup relevan dengan karir yang beliau geluti saat ini. Pria dengan ciri khas rambut putih ini, memiliki latar belakang pendidikan yang menarik sebelum meraih dua gelar tersebut.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Sosok Ganjar Pranowo, Calon Presiden RI 2024

Riwayat Pendidikan Ganjar Pranowo


Perjalanan Pendidikan Ganjar Pranowo Hingga Meraih 2 Gelar Akademik
Ganjar Pranowo bersama keluarga
(dok. IG Ganjar Pranowo) 

Ganjar Pranowo terlahir dari keluarga sederhana di sebuah desa di lereng Gunung Lawu, Karanganyar - Jawa Tengah dan menghabiskan masa kecilnya disana. Beliau merupakan anak kelima dari enam bersaudara, dari ayah bernama Parmudji Pramudi Wiryo yang merupakan seorang polisi dan ibu bernama Sri Suparni. 

Perjalanan Pendidikan Ganjar Pranowo Hingga Meraih 2 Gelar Akademik
Ganjar Pranowo bersama ayah
(dok. IG Ganjar Pranowo) 

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Tawangmangu menjadi tempat pertama Ganjar Pranowo mengenyam pendidikan formalnya. Namun, pada kelas 5 SD beliau pindah ke SDN 1 Kutoarjo karena mengikuti perpindahan dinas ayahnya yang mendapatkan tugas di salah satu kota di kabupaten Purworejo Jawa Tengah ini. 

Setelah lulus SD, Ganjar Pranowo diterima di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kutoarjo yang saat ini menjadi SMPN 3 Purworejo. Lulus dari SMP, Ganjar Pranowo berpisah dengan keluarganya untuk melanjutkan ke jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Yogyakarta. Beliau melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Bopkri 1 Yogyakarta dan sangat aktif dalam kegiatan kepramukaan yakni Dewan Ambalan.  

Perjalanan Pendidikan Ganjar Pranowo Hingga Meraih 2 Gelar Akademik
Ganjar Pranowo bersama ibu
(dok. IG Ganjar Pranowo) 

Menjelang kelulusan SMA di tahun 1980-an, ayah Ganjar Pranowo pensiun dari kedinasannya di Polri. Dan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, ibu Ganjar Pranowo sempat membuka warung kelontong. Sementara Ganjar Pranowo sendiri sempat berjualan bensin di pinggir jalan.

Sejak SMA, Ganjar Pranowo bercita-cita ingin masuk Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH-UGM). Nah setelah tamat SMA, Ganjar Pranowo nekat daftarkan diri ke UGM dengan uang tabungannya. Alhasil nama Ganjar Pranowo berada di daftar mahasiswa yang diterima kampus.

Perjalanan Pendidikan Ganjar Pranowo Hingga Meraih 2 Gelar Akademik
Ganjar Pranowo
(dok. Fp Ganjar Pranowo) 

Akhirnya tahun 1987, Ganjar Pranowo masuk sebagai mahasiswa baru di FH-UGM. Beliau menjalani pendidikan kuliahnya cukup lama, selama 8 tahun. Dikarenakan Ganjar Pranowo sempat cuti kuliah selama dua semester, sebab tidak memiliki biaya untuk kuliah.

Selama kuliah Ganjar Pranowo aktif berorganisasi dan bergabung pada organisasi pecinta alam Mahasiswa Justicia Club (Majestic-55), organisasi paling tua di FH-UGM. Beliau juga bergabung dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). 

Karena banyak anggota Majestic-55 yang aktif di GMNI, Ganjar Pranowo banyak mengobrol dan berdiskusi dengan mereka. Beliau pun terpilih untuk memimpin Majestic-55 untuk periode 1988-1990. Dirinya terkenal berperan menjaga organisasi ini untuk tetap hidup karena umurnya yang masih muda.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga bergabung dengan Gerakan Demokrat Kampus (Gedek) yang membuat beliau makin dekat dengan dunia politik. Di dalam organisasi Gedek ini yang memperkenalkannya dengan Soetardjo Soerjogoeritno atau Mbah Tardjo, seorang politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) saat itu. Pada masa-masa itu, Ganjar Pranowo mulai tertarik dengan isu-isu lokal hingga nasional.

2 Gelar Akademik Ganjar Pranowo


Perjalanan Pendidikan Ganjar Pranowo Hingga Meraih 2 Gelar Akademik
Ganjar Pranowo
(dok. Fp Ganjar Pranowo) 

1. Gelar SH (Sarjana Hukum) 

Setelah menjalani pendidikan di UGM selama 8 tahun (1987 - 1995) dengan banyak perjuangan, akhirnya beliau berhasil lulus. Ganjar Pranowo berhasil menyelesaikan kuliah S1 dan lulus dengan gelar Sarjana Hukum (SH).

2. Gelar MIP (Magister Ilmu Pemerintahan) 

Kemudian pada tahun 2009, Ganjar Pranowo kembali masuk bangku kuliah untuk program magister jurusan Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP-UI). Beliau menjalani pendidikan selama 4 tahun (2009-2013) di FISIP-UI dan telah menjalani ujian tesis yang mengupas isu independensi dalam pembahasan revisi UU Nomor 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu.

Perjalanan Pendidikan Ganjar Pranowo Hingga Meraih 2 Gelar Akademik
Ganjar Pranowo bersama Mahasiswa FISIP-UI
(dok. Fp Ganjar Pranowo) 

Akhirnya Ganjar Pranowo juga berhasil meraih gelar S2 (Magister) dalam bidang Ilmu Politik dari FISIP-UI, hal ini membuat gelar MIP (Magister Ilmu Pemerintahan) tersemat pada nama belakangnya. 

Sebagai sosok yang juga lulusan pascasarjana Ilmu Politik, kiprah H. Ganjar Pranowo, SH, MIP di dunia politik tidak diragukan lagi. Memang lumrah, dalam dunia kerja saja gelar pendidikan menjadi salah satu faktor penentu karir. Apalagi saat terjun ke dunia politik, gelar yang didapatkan tentunya jadi salah satu faktor yang sangat penting. 

- Leha Barqa - 

Comments

  1. Sempat jadi mahasiswa abadi karena ekonomi tapi tetap semangat belajar. Salut deh pak ganjar semoga terus amanah kalau kepilih jadi presiden

    ReplyDelete
  2. Jadi banyak tahu latarnya pak Ganjar 👍😁. Jujur aku mengagumi beliau, dan lumayan senang pas tahu bakal maju capres. Walopun masih galau dengan calon satunya juga hahahaha.

    Tapi apapun, siapapun yg menang nanti, aku berharap bisa membawa perubahan baik kepada Indonesia.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog