Skip to main content

Kampung Zakat Nasional Untuk Pengentasan Kemiskinan

Kemiskinan, salah satu permasalahan hidup manusia yang sudah ada sejak lama. Ketidakberdayaan dalam hal ekonomi dan minimnya tingkat pendidikan membuat kemiskinan semakin kuat melekat dalam kehidupan. Usaha pengentasan kemiskinan terus dilakukan agar penduduk miskin dapat keluar dari garis kemiskinan, salah satunya yaitu dengan program Kampung Zakat. 

Kampung Zakat Nasional Untuk Pengentasan Kemiskinan
Sosialisasi Kampung Zakat Nasional 

Alhamdulillah pada hari Kamis, 24 November kemarin emak hadir di acara Sosialisasi Kampung Zakat Nasional yang berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede - Jakarta. Sosialisasi Kampung Zakat Nasional ini kolaborasi Kementerian Agama, Baznas dan Laznas. Acara ini bertujuan untuk menyebarkan informasi tentang Kampung Zakat Nasional yang sudah ada sejak 2018.

Kampung Zakat Nasional

Kampung Zakat merupakan program pemberdayaan desa tertinggal melalui kerjasama antara Kementerian Agama RI dengan BAZNAS dan LAZNAS serta pemerintah setempat yang dananya bersumber dari zakat, infaq, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya.

Kegiatan Kampung Zakat sudah berlangsung sejak tahun 2018, menurut SK Dirjen Bimas Islam Nomor 298 Tahun 2018 :

  • Memberikan berbagai fasilitas kemudahan bagi masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan untuk memperoleh hak dasarnya dan mengangkat harkat dan martabat umat yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
  • Pembinaan masyarakat dibidang agama, kesehatan, wirausaha, dan mental dalam membentuk karakter masyarakat yang mandiri dan kreatif.
  • Berbagi peran kepada stakeholders zakat dalam meningkatkan perekonomian mustahik (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, kebutuhan sembako tercukupi, pelayanan dan perlindungan sosial, pembinaan mental, dan membuka lapangan pekerja.
  • Memberikan pembekalan melalui program pelatihan, pendampingan, penyuluhan, dan pembinaan secara berkelanjutan, sehingga mustahik yang terbantu dapat teratasi permasalahannya.
  • Memberikan fasilitas terintegrasi bagi masyarakat miskin (mustahik) di satu kampung/desa di tiap provinsi dengan memberdayakan dana ZIS. Adapun kemudahan yang akan diterima seperti bantuan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, fasilitas dan sarana umum.

Kampung Zakat Nasional Untuk Pengentasan Kemiskinan
Titik Daerah Kampung Zakat 

Membangun Kampung Zakat banyak pertimbangan nya, antara lain :

  • Paling sedikit 150 KK dengan asumsi per KK terdiri dari 4 orang
  • Potensi ekonomi daerah/lokasi belum berkembang
  • Di wilayah daerah tertinggal
  • Letak geografis tidak terlalu sulit atau mudah dijangkau
  • Tingkat kesehatan masih rendah
  • Menjadi usulan bersama Kantor Kementerian Agama Provinsi / Kabupaten / Kota, BAZNAS Provinsi / Kabupaten / Kota, dan LAZ Provinsi / Kabupaten

Perkembangan Kampung Zakat :

Tahun 2018 – Program Kampung Zakat akan dilaksanakan di 7 lokasi di wilayah daerah tertinggal yang tersebar di 34 provinsi

Tahun 2019 – Program Kampung Zakat akan dilaksanakan di 34 lokasi dengan rincian yaitu menjalan program di 7 lokasi yang telah berjalan pada tahun 2018 dan menambah 20 lokasi pada tahun 2019

BAZNAS sendiri memiliki peran dalam program Kampung Zakat Nasional yaitu :

  • Memberikan supporting kepada Kampung Zakat Nasional melalui jaringan BAZNAS secara nasional yang terdiri dari : BAZNAS RI, 34 BAZNAS Provinsi dan 514 BAZNAS KAbupaten/Kota
  • Kegiatan Kampung Zakat dikelola berbasis keummatan pada 5aspek : Pendidikan, Ekonomi, Dakwah dan Advokasi, Kemanusiaan, dan Kesehatan
  • Menyediakan perangkat assessment – kaji dampak Program Kampung Zakat (Indeks Desa Zakat, Indeks Pendayagunaan Zakat, SROI. SLIA)
  • Menyediakan SDM dan pendanaan pelaksanaan program Kampung Zakat Nasional dan bekerjasama dengan BUMDes
  • Bersama Kementerian Agama sebagai leading sector Kampung Zakat Nasional dan berkoorinasi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional untuk melaksanakan kegiatan pemberdayaan di lokasi Kampung Zakat

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." Q.S At-Taubah ayat 103. Yuk bersama kita bersihkan harta dengan berzakat di BAZNAS karena percayalah sedikit harta yang kita keluarkan bisa berarti besar bagi mereka yang membutuhkan.

Mengenal Lebih Dekat BAZNAS 

Kita sudah tidak asing lagi pastinya dengan BAZNAS, "Pilihan Pertama Membayar Zakat, Lembaga Utama Menyejahterakan Umat". Baznas sendiri merupakan lembaga pemerintah non structural yang menjalankan tugas menghimpun dan menyalurkan dana zakat, infak/sedekah (ZIS), dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) serta mengkordinasikan pengelolaan ZIS dari seluruh Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat se-Indonesia. Baznas menjalankan tugas pengelolaan ZIS dan DSKL berdasarkan Undang-Undang No.23 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah RI No. 14 Tahun 2014. Saat ini BAZNAS memiliki jaringan di 34 BAZNAS Provinsi dan 464 BAZNAS Kota/Kabupaten.

Pimpinan BAZNAS 2020-2025

  • Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A. – Ketua
  • Mokhamad Mahdum, S.E., M.IDEc., Ak., C.PA., C.WM. – Wakil Ketua
  • Ir. H. Nadratuzzaman Hosen, M. S. M.Ec., Ph. D. – Pimpinan
  • Rizaludin Kurniawan, S.Ag., M.Si. – Pimpinan
  • Prof. D.Phil. H. Kamarudin Amin, M.A. – Pimpinan
  • Dr. Zainulbahar Noor, S.E., M.Ec. – Pimpinan
  • Kolonel (Purn) Drs. Nur Chamdani – Pimpinan
  • Suminto Sastrosuwito, M.Sc., Ph.D. – Pimpinan
  • Saidah Sakwan, MA – Pimpinan
  • Achmad Sudrajat, Lc, MA – Pimpinan
  • Dr. drs. H. Suhajar Diantoro, M.Si – Pimpinan

Visi BAZNAS di 2025 "Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Ummat". BAZNAS sudah tidak diragukan lagi pastinya untuk kita membayar zakat. Kita semakin tenang juga apabila pemberian bantuan untuk penerima zakat tepat salah satunya dengan di sosialisasikan nya kampung zakat ini.

Kampung Zakat Nasional Untuk Pengentasan Kemiskinan
Binaan Kampung Zakat 

Salah satu binaan yang ada di kampung Zakat Desa Ciladaeun, Lebak Banten. Tujuan program Kampung Zakat diantaranya yaitu untuk menetapkan standar kelayakan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS). Zakat, infak dan sedekah masyarakat dapat dioptimalkan dalam upaya membantu memperbaiki taraf hidup masyarakat dhuafa.

Dengan dibentuknya Kampung Zakat ini kita jadi makin paham penyaluran zakat dan sedekah kita kemana, serta makin yakin untuk berzakat di BAZNAS.

- Leha Barqa - 

Comments

  1. Seandainya seluruh masyarakat muslim indonesia rutin membayar zakat nya, aku yakin kesejahteraan bisa merata. Apalagi negara ini punya pemeluk agama Islam terbesar. Tapi yg aku denger masih belum merata sih pembayarannya ya mba. Apalagi banyak juga yg membayar zakat itu melalui organisasi lain atau memberi langsung ke orang yg mereka anggab membutuhkan. Jujurnya termasuk aku. Mungkin Krn aku msh belum yakin Ama beberapa organisasi resmi yg menyalurkan sih. Makanya lebih suka ngasih langsung ke orang2 di sekitar rumahku.

    Tapi mungkin kalo semua orang berpikir gitu, agak susah buat BAZNAS mencapai target yg Di mau dari zakat ini.

    Bulan depan aku bakal nyalurin sebagian zakatku ke BAZNAS sepertinya. Memang harus percaya sih Yaa, biar yakin juga menyalurkan zakatnya kesana 😁

    ReplyDelete
  2. Masyaallah baru tahu Baznas punya program bernama kampung zakat nasional. Semoga semakin banyak orang yang sadar untuk membayar zakat, sehingga kebermanfaatan program ini bisa menyentuh lebih banyak masyarakat.

    ReplyDelete
  3. Saya bukan muslim tapi menarik membaca tentang Zakat ini. Bisa saling menopang sesama umat, bisa maju dan berkembang bersama. Terima kasih sudah berbagi informasi.

    ReplyDelete
  4. Adanya kampung zakat membuat kita bisa melihat langsung penyaluran zakat yang kita bayarkan. Tulisan ini sebagai pengingat diri saya sendiri juga nih, agar tidak melupakan kewajiban membayar zakat.

    ReplyDelete
  5. dengan adanya pengelolaan zakat yang baik maka akan membantu para penerima zakat sehingga memperbaiki perekonomian banyak pihak
    semoga program yang telah dicanangkan dapat berjalan dengan baik

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

'GLOW TOGETHER' Rumah Syantik Sari Surya

Hallo ladies 😍 sebagai wanita, kalian pasti mendambakan memiliki kulit wajah yang sehat dan kinclong serta glowing kan. Emak pun demikian, ingin mempunyai kulit wajah yang halus dan juga terbebas dari semua masalah kulit. Beberapa hari yang lalu, tepatnya di tanggal cantik 02022020 emak menghadiri acara gathering 'GLOW TOGETHER'. Acara ini di selenggarakan oleh  Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin  yang beralamat di Jl. Elok, Perumahan Pos Giro Blok. B IV No. 01 Puspasari, Kecamatan Citeureup - Bogor, buka pukul 10.00 wib setiap harinya. (dok.RSSS) Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin merupakan salon kecantikan yang menyediakan beragam pilihan perawatan kecantikan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Meskipun Rumah Syantik Sari Surya Beauty Skin & Healthy Skin ini baru berdiri sekitar enam bulan, tepatnya tanggal 5 Agustus 2019 tetapi customernya sudah ratusan dari seluruh Jabodetabek dan beberapa daerah di Indonesia. Kare

Dengan Polytron Tiara Pot Pro & Rice Cooker Donabe, Memasak Menjadi Happy

Sebagai ibu rumah tangga memasak jadi pekerjaan rutin yang setiap hari ku lakukan. Agar memasak menjadi happy, harus di tunjang dengan fasilitas alat masak yang mumpuni. Apalagi jika hasil masakan habis tak tersisa, senangnya double deh. Makanya aku harus pintar dalam memilih menu masakan yang akan menjadi favorit keluarga. Tapi terkadang aku juga kehabisan ide untuk menu masakan, jadi masakannya itu lagi itu lagi membuat pak suami dan anak ku bosan. Hal ini membuatku harus searching resep menu masakan sampai tutorial membuatnya di berbagai media sosial.  Lokasi Cooking Class Farmers Market Grand Wisata Tambun - Bekasi  Bak gayung bersambut, pada hari Sabtu (01 Oktober 2022) kemarin Komunitas Emak Blogger (KEB) mengadakan Cooking Class yang berkolaborasi dengan Polytron, Farmers Market dan Blibli. Ga pake mikir lama, langsung saja aku ikut acara cooking class ini. Chef Beatrix  Acara yang diselenggarakan di Farmers Market Grand Wisata Tambun - Bekasi