Skip to main content

Ternyata Wanita PCOS Bisa Hamil Alami Lho

Anak adalah amanah, titipan dari Allah SWT kepada pasangan suami istri (pasutri). Memiliki anak memang impian setiap pasutri, sebagai penyempurna kebahagiaan dalam berumah tangga. Lebih dari 90% pasutri belum dikaruniai anak setelah setahun menikah. 

Ternyata Wanita PCOS Bisa Hamil Alami Lho
dok. News 18

Seringnya mendengar pertanyaan-pertanyaan, "Kapan punya anak?", "Kok ga hamil-hamil sih?", "Jangan-jangan kamu mandul kali!" dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya yang terkadang membuat wanita terkena beban mental. Seperti yang disampaikan Grace Tahir saat acara talkshow di Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS) yang merupakan salah satu rumah sakit terbaik di Jakarta, Tangerang, Bogor, Surabaya dan Bandung. 

Ternyata Wanita PCOS Bisa Hamil Alami Lho
Grace Tahir, Direktur Mayapada Hospital dan Co-Founder Everest Media

Saya pernah punya depresi selama setahun, hingga tidak bisa tidur dan ketakutan, takut meninggal dan tidak bisa tenang.
Kendala untuk mendapatkan buah hati bisa disebabkan karena faktor kesuburan. Kurangnya pengetahuan akan pentingnya masa subur saat merencanakan kehamilan, bisa menjadi penyebab susah hamil. Tingkat kesuburan seseorang perlu diperiksa saat pasutri kesulitan untuk bereproduksi secara alami. Ingat, kesuburan bukan hanya masalah kesehatan wanita saja tetapi juga pria.
Belum memiliki keturunan itu bukan kesalahan wanita. Itu hal yang harus dicari tahu penyebabnya oleh pasangan suami istri secara bersama-sama,
kata dr. Malvin Emeraldi Sp. OG(K)FER, 
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS) disela-sela acara talkshow "PCOS, Masih Mungkinkah untuk Hamil Alami?"

Ternyata Wanita PCOS Bisa Hamil Alami Lho
Talkshow "PCOS, Masih Mungkinkah untuk Hamil Alami?"

Pada akhir pekan lalu (3/12) emak berkesempatan hadir di acara talkshow yang berlangsung di Auditorium Tower 1 lantai 10 Mayapada Hospital Jakarta Selatan. Acara ini terselenggara atas kerjasama Mayapada Hospital dengan Danpac Pharma (holding company Ovutest), dan Everest Media.

Selain dr. Malvin Emeraldi Sp. OG(K)FER sebagai narasumber, Grace Tahir selaku Direktur Mayapada Hospital dan Co-Founder Everest Media juga hadir di talkshow ini. Beliau sharing tentang perjuangannya untuk mendapatkan anak kedua. Serta Chery Lim selaku Product Manager Ovutest pun turut hadir di talkshow "PCOS, Masih Mungkinkah untuk Hamil Alami?"

Talkshow PCOS, Masih Mungkinkah untuk Hamil Alami? 


Ternyata Wanita PCOS Bisa Hamil Alami Lho
dr. Malvin Emeraldi Sp. OG(K)FER

Mengawali talkshow "PCOS, Masih Mungkinkah untuk Hamil Alami?" ini dr. Malvin menjelaskan terlebih dahulu apa itu PCOS. 
PCOS adalah Sindrom Ovarium Polikistik atau Stein-Leventhal Syndrome, suatu kelainan pada wanita yang ditandai dengan adanya hiperandrogenisme dengan anovulasi kronik dan tidak disertai dengan kelainan pada kelenjar adrenal maupun kelenjar hipofisis. Wanita yang mengalami PCOS ini menjadi infertil (tidak subur), karena tidak ada sel telur yang matang, sehingga tidak terjadi pertemuan sperma dengan sel telur.
Secara global menurut data epidemiologi, sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovarian syndrome/PCOS diperkirakan dialami oleh lebih dari 116 juta atau sekitar 3.4% wanita di seluruh dunia. PCOS diperkirakan merupakan penyakit metabolik yang paling sering dialami wanita usia subur.

Sedangkan di Indonesia sendiri, belum ada data resmi mengenai prevalensi nasional sindrom ovarium polikistik (PCOS). Dalam sebuah studi di RS Cipto Mangunkusumo, diidentifikasi 105 pasien dengan PCOS. Dari jumlah tersebut, 94,2% pasien mengeluhkan oligo atau amenore, dan 32,4% mengalami hirsutisme. Mayoritas pasien PCOS sebanyak 45,7% berada dalam rentang usia 26 - 30 tahun.

Gejala klinis wanita yang mengalami sindrom PCOS, seperti ;
  • Amenorrhea/Oligomenorhea (menstruasi yang tidak teratur)
  • Gambaran ovarium polikistik
  • Hiperandrogenisme klinik/laboratorium
Seorang wanita didiagnosis PCOS jika memiliki dua atau tiga gejala klinis di atas, dan itu yang menjadi  penyebab susah hamil.

Ternyata Wanita PCOS Bisa Hamil Alami Lho
dok. MHJS


Semua dapat dilihat dengan tidak teraturnya menstruasi, kelebihan berat  badan (obesitas), wajah berjerawat, tumbuh bulu berlebih di wajah (kumis), di sekitar kaki, di sekitar rahang dan belakang leher. Ini menandakan jika hormon pria lebih banyak dibandingkan hormon wanita pada umumnya. 

Bagi wanita yang mengidap PCOS sangat disarankan untuk mengelola berat badan dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur. Karena dengan berolahraga selain membantu menjaga berat badan, juga dapat meningkatkan suasana hati, membantu kesuburan, dan banyak lagi manfaat lainnya.
Pasien PCOS, biasanya rentan terkena diabetes. Untuk mengetahui lebih dalam lagi maka dilakukan tes darah lebih lanjut, untuk memeriksa kadar hormon androgen, tes toleransi terhadap gula darah, kadar kolestrol yang sering kali meningkat pada PCOS, dan USG panggul untuk memeriksa ketebalan lapisan rahim pasien dengan bantuan gelombang suara, 
jelas dr Malvin. 

Menurut dr Malvin lebih mudah menangani pengidap PCOS untuk bisa hamil secara alami dibandingkan dengan orang yang memilih inseminasi. 
Asalkan pengidap PCOS melakukan terapi yang diberikan dokter dengan konsisten, teratur dan disiplin. Pengidap PCOS bisa hamil dengan mudah, apalagi jika rentang usianya 20-36 tahun.
Dengan terapi senggama masa subur dapat meningkatkan kemungkinan hamil pada wanita pengidap PCOS sampai dengan 14 - 23% perbulannya. Cara ini dapat dilakukan pada pasutri dengan gangguan kesuburan kurang dari 2 tahun pada wanita berusia kurang dari 35 tahun, kondisi kedua tuba paten, rongga rahim normal, dan tidak ada gangguan kesuburan dari faktor pria.

Sharing Grace Tahir, Untuk Support Pengidap PCOS


Ternyata Wanita PCOS Bisa Hamil Alami Lho
Grace Tahir 

Di sesi ini Ibu Grace Tahir sharing cerita pengalamannya untuk mendapatkan anak kedua,

Sudah menjadi hal yang umum, saat menikah bisa langsung hamil. Dan saya yang menikah di usia 27 tahun, tidak ada kesulitan untuk hamil anak pertama tak lama setelah pernikahan. Keluarga saya pun tidak memiliki riwayat sulit soal kehamilan hingga kebanyakan dari mereka memiliki tiga anak.

Namun ketika Ibu Grace merencanakan kehamilan anak kedua, ternyata beliau mengalami kesulitan. Setelah 2 tahun mencoba secara alami, tak juga kunjung hamil. Saat itulah pertama kalinya beliau mengetahui apa itu PCOS.

Ibu Grace yang kala itu obesitas, dengan berat badan mencapai 87 kilogram. Mulai mencoba diet tanpa karbohidrat, demi mendapatkan buah hati. Beliau juga melakukan inseminasi dua kali dan semuanya gagal. Kegagalan demi kegagalan, ditambah pertanyaan dari orang sekitar menimbulkan masalah pada mentalnya.

Beliau mengalami mental health yang terbilang parah. Demi kesehatan mental dan anak satu-satunya, akhirnya Ibu Grace menyerah untuk mencoba hamil. Tapi disaat sudah pasrah, justru Ibu Grace kembali diberikan kepercayaan oleh Tuhan untuk hamil anak kedua. Tak berselang lama, beliau kemudian hamil anak ketiga. Namun dikehamilan ini, dokter mendiagnosa jika anak ketiganya akan terkena down syndrome jika dilahirkan. 

Mental Ibu Grace kembali down, tapi beliau tak mengikuti arahan dokter untuk melakukan terapi yang bisa mengorbankan anak yang ada di dalam kandungannya. Beliau tetap melahirkan anak ketiganya, dan kini Ibu Grace bahagia dengan ketiga anak perempuannya yang cantik-cantik. 

Pesan beliau untuk kita semua kaum wanita, 
Mari kita berikan doa dan support yang tulus kepada pejuang garis dua. Jaga perasaannya, agar tidak terganggu kesehatan mental dan fisiknya. Karena kesehatan mental dan tetap sehat untuk orang-orang di sekitar kita itu lebih penting.

- Leha Barqa - 

Comments

  1. Salah satu ex anak buahku, ada yg pcos, dan skr sedang hamil. Jadi memang bukan hal yg mustahil utk bisa hamil bagi penderita PCOS. Susah memang, tapi kalo rutin melakukan yg disarankan dokter, olahraga, menurukan berat badan dll, itu bisa berhasil kok.

    Anak buahku itu dulu juga gitu mba. Gagal trus, udah coba bayi tabung juga ga berhasil. Sempet nyerah sih dia, pasrah aja jadinya. Eh malah THN ini dikasih kepercayaan hamil. Walopun awalnya sempet berat juga, Krn flek dan segala macam. Harus bed rest . Tapi demi si bayi dia lakuin. Yg takjubnya, usianya skr ini 39. Cukup beresiko tapi kondisinya skr baik2 aja. Semoga bisa lancar semuanya sampai lahiran di Maret nanti

    ReplyDelete
  2. Seneng bgt ikut acara ini jadi tahu penyebab susah hamil dan penanganan PCOS

    ReplyDelete
  3. saat termasuk pejuang garis 2, alhamdulillah di saat benar-benar pasrah akhirnya Allah titipkan anak, hingga sekarang anak saya 3
    betul banget jaga perasaan wanita, sebagian besar mereka menginginkan anak, tetapi itu semua kan ketetapan Tuhan, jadi ya sebaiknya tidak menyinggung pembicaraan terkait anak

    ReplyDelete
  4. saya baru mengenal PCOS beberapa waktu lalu, padahal saya sendiri termasuk yang tidak lancar menstruasi bisa 1 tahun hanya sekali, waktu hamil spog nya bilang keajaiban hihi alhamdulillah

    ReplyDelete
  5. Salah seorang rekan blogger saya juga terdiagnosa PCOS. Setelah tau, ia pun mencoba pola hidup sehat dengan mengatur pola makan.
    Senang sekali artikel ini mengedukasi perempuan lain

    ReplyDelete
  6. Sangat informatif kak artikelnya, saya jadi mengerti ternyata pola hidup sehat itu sangat penting dan berpengaruh terhadap kesuburan wanita

    ReplyDelete
  7. Masyaa Allah semoga siapapun yang PCOS dan pejuang garis dua segera mendapat momongan ya. Tetapi satu yang aku penasaran adalah, wajah berjerawat yang dimulai sejak kapan bisa jadi gejala PCOS?

    ReplyDelete
  8. Ada banyak hal yang sebenarnya tidak perlu kita tanyakan dan gak perlu kita tahu. Memang masyarakat kita ini "terlewat ramah", hingga gak penting lagi masalah mental orang. Apakah pertanyaan itu menyakitkan atau tidak.
    Semoga yang sudah menikah dan merencanakan punya dimudahkan untuk proses pembangunan mental dan fisik yang kuat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog