Skip to main content

Kawah Ijen Sejuta Cerita

Kawah Gunung Ijen merupakan salah satu gunung dengan kawah terindah di dunia. Pemandangannya yang eksotis dan terdapatnya bluefire menjadi daya tarik tersendiri. Konon katanya, bluefire hanya ada dua di dunia yaitu di Gunung Ijen - Indonesia dan Islandia. Dan di Kawah Gunung Ijen ini, juga menjadi ladang  nafkah para penambang belerang.

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Kawah Ijen 
(dokpri)

Kawah Gunung Ijen terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso - Jawa Timur. Gunung Ijen salah satu gunung berapi di Jawa Timur yang meletus terakhir pada tahun 1999. Memiliki ketinggian 2.386 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. 

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Wiwid dengan Bluefire
(dok. wiidiiwww)

Kawah Ijen salah satu bucket list yang emak ingin kunjungi, alhamdulilah akhirnya kesampaian. Pada akhir bulan Maret bersama Komunitas Backpacker terbesar di Jakarta, emak melakukan perjalanan menuju ke Kota Banyuwangi dengan salah satu destinasinya yaitu Kawah Ijen. Seperti yang sudah-sudah, sebelum melakukan suatu perjalanan emak selalu mencari informasi tentang destinasi yang akan di kunjungi. 


Ternyata untuk menuju Puncak Ijen bisa menggunakan pajero (istilah untuk becak gunung di Kawah Ijen) yang akan di tarik 2 orang di depan dan di dorong 1 orang di belakang. Lega rasanya, mengingat usia yang tidak lagi muda dan kondisi body yang bigsize. Emak sangat yakin, kalau tidak akan sanggup untuk menuju Puncak Ijen. Jadi emak sudah prepare untuk menggunakan jasa pajero.

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Menikmati Api Unggun
(dok. ranasimarmata)

Alhamdulillah, sampailah rombongan emak di Paltuding (pos awal menuju Kawah Ijen) sekitar pukul 00.00wib. Karena waktu untuk mendaki sudah di tetapkan sekitar pukul 02.30wib - 03.00wib maka rombongan emak bisa bersantai-santai sejenak, beberapa orang dari kami menikmati api unggun dan ada juga yang beristirahat (tidur). Di area Paltuding ini banyak tersedia warung makan, jadi kami bisa makan dan  menikmati minuman hangat sebelum mendaki. 

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Gapura Paltuding
(dok. ranasimarmata)

Finally, tibalah waktu kami melakukan pendakian menuju Kawah Ijen. Karena udara pegunungan yang dingin menusuk tulang, pakaian hangat seperti jaket tebal, sarung tangan, kaos kaki, dan masker sudah kami kenakan. 


Di area Paltuding ini, banyak penarik pajero yang menawarkan jasa mereka. Sebelumnya emak sudah meminta ijin kepada mas adhiet (Tour Leader) untuk menggunakan jasa pajero namun mas adhiet tidak setuju. Mas adhiet berusaha menyakinkan emak, jika emak sanggup mendaki hingga Puncak Ijen. Alhasil, mas adhiet merangkap menjadi sweeper dalam pendakian menuju Kawah Ijen.

Kawah Ijen Sejuta Cerita
hiking menuju Puncak Ijen
(dok. ranasimarmata)

Bismillahirrahmanirrahim dengan support 2 lelaki (mas adhiet dan pak bojo), emak mulai hiking dengan berbekal air mineral botolan, senter/ headlamp dan semangat tentunya. Ohhh ya, disini sudah di lengkapi dengan jalur pendakian jadi para pendaki tak perlu mencari jalan untuk di lalui.

Kondisi jalur menuju Puncak Ijen berupa tanah berpasir dan batu halus, jadi wajib memakai  sepatu/sandal gunung agar tidak terpeleset. Awal-awal jalur landai yang kami lalui, hingga jalur mulai menanjak kira-kira dengan kemiringan 45 derajat. Sungguh sangat menguras tenaga dan ada rasa ingin menyerah tapi 2 lelaki di samping emak selalu memberi support, pengen nangis rasanya. 


Subhanallah ternyata untuk melakukan pendakian, semua ada tehniknya jadi gak asal-asalan. Dengan arahan mas adhiet, untuk berhenti dan mengatur napas setelah beberapa langkah. Mengatur langkah kaki, agar kaki dan betis tidak terasa sakit sesudahnya. Ketika tenggorokan terasa sangat kering, di usahakan minum pun hanya seteguk saja (sekedar membasahi tenggorokan). 

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Pondok Bunder
(dokpri)

Alhamdulillah, akhirnya sampailah kami di Pondok Bunder yang merupakan pos terakhir sekitar pukul 05.20wib. Di Pondok Bunder ini terdapat warung yang menjual makanan- minuman dan menyediakan tempat untuk sholat. Kami menunaikan sholat shubuh di sini, lalu beristirahat sebentar sambil menikmati gorengan hangat yang tersedia. 

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Warung sekitar Pondok Bunder
(dokpri)

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Jalur setelah pos terakhir
(dokpri)

Lalu pendakian dilanjutkan kembali, jalur kali ini landai sedikit menanjak namun jalur sudah di lengkapi tangga dan pagar di sisi kanan. Selama pendakian kami dibuat terpesona dengan pemandangan alamnya. Keindahan bunga Edelweis dan pohon Cemara menemani perjalanan kami serta tampak Gunung Merapi, Gunung Raung, Gunung Rante dan Gunung Suket dengan kegagahannya. 

Kawah Ijen Sejuta Cerita
View Gunung Suket
(dokpri)

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Jalur pendakian &
View Gunung Suket
(dokpri)

Kawah Ijen Sejuta Cerita
View Gunung Raung & Gunung Rante
(dokpri)

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Puncak Kawah Ijen
(dokpri)


Alhamdulillah, setelah mendaki kurang lebih 20 menit tepatnya pukul 06.00wib kami tiba di Puncak Kawah Ijen. MasyaAllah indah sekali, Kawah Ijen tampak berwarna tosca dan terlihat kepulan asap belerang disana. Seketika hilang rasa lelah, benar-benar terbayar perjuangan emak untuk sampai ke Puncak Ijen ini. Dan tampak pula para penambang sedang melakukan aktivitas mereka. Ohhh ya di Puncak Kawah Ijen ini sudah di fasilitasi toilet umum dan juga tersedia warung, jadi tidak kuatir lapar.

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Kawah Ijen
(dokpri)

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Para penambang belerang 
(dokpri)

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Belerang
(dokpri)

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Puncak Kawah Ijen
& View Gunung Merapi
(dok. ranasimarmata)

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Puncak Kawah Ijen
(dok. ranasimarmata)

Setelah dirasa puas menikmati keindahan Kawah Ijen, emak ingin kembali turun ke Paltuding. Disini banyak penarik pajero yang menawarkan jasa mereka untuk turun dari Puncak Kawah Ijen. Kali ini emakpun mencoba jasa mereka dengan menumpangi pajero hingga Paltuding. 

Kawah Ijen Sejuta Cerita
Naik Pajero
(dok. ranasimarmata)

Di sepanjang perjalanan turun, emak berbincang-bincang dengan bapak penarik pajero. Juga beberapa kali papasan dengan penambang belerang yang hendak turun, tak lupa emak memberi semangat kepada mereka. Tak terasa emakpun sampai kembali di Paltuding, alhamdulilah 😍


Kawah Ijen Sejuta Cerita
Belerang yang akan
dibawa turun 
(dokpri)


Fyi, selama pandemi untuk pembelian tiket masuk Kawah Ijen hanya secara online melalui situs resmi ijen bluefire . Harga tiket masuk domestik, weekday Rp. 5000,- dan weekend Rp. 7.500,- sedangkan mancanegara weekday Rp. 100.000,- dan weekend Rp. 150.000,- 

Tarif pajero naik - turun Rp. 800.000,-sedangkan naik saja Rp. 600.000,- untuk domestik. Tarif untuk turun bervariasi, jadi tergantung nego kita dengan penarik pajero.

Nah itulah kisah perjalanan emak menuju Kawah Ijen, ternyata tidak ada yang tak mungkin jika orang disekitar kita selalu memberi support. Semoga dapat membantu kalian yang akan berkunjung ke Kawah Ijen. Sayonara, sampai jumpa di perjalanan emak berikutnya. Karena setiap  perjalanan itu akan memiliki kenangannya tersendiri 😉

- Leha Barqa - 

Comments

  1. Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi yang sangat eksotis untuk mendakinya pun ada perjuangan lelah pun terbayar mantap 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulilah lelahnya terbayar dengan view yg luar biasa 😍

      Delete
  2. Mbaaaaa, aku udh lama bangetttt mau ke kawah Ijen sebenernya. Tapi belum kesampaian 😅. Waktu itu denger cerita dari sepupu yg sbnrnya usia jauh lebih tua dr aku, dan dia sanggub naik ke atas. Aku awalnya kalo dgr cerita dari temen2, agak ragu, ngerasa ga sanggub. Tapi kalo sepupuku aja bisa, aku malu kalo ga sanggub 😄.

    Cuma jujur aja, kasian juga sama si penarik Pajero 😅. Kadang mau naik cuma Krn pengen bantuin mereka juga 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yakin mbak Fanny pasti sanggup smp puncak, nah iya mbak selama perjalanan turun juga mereka berbagi cerita selama pandemi pemasukan mereka berkurang dan banyak LG cerita ttg kehidupan para penarik pajero.

      Delete
  3. pemandangannya indah banget :') pengen kesana bareng temen-temen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus kesana kak, di schedulekan ya 😉

      Delete
  4. wah seru banget nih mbak, cuma ragu juga bisa gak ya mendaki wkwkwk kemarin aja turun ke tawangmangu udah ngos ngosan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah bisa mbak, akupun awalnya ragu dan sudah prepare utk naik Pajero tp Krn support org sekitar Alhamdulillah kok nyampe puncak memang sih penuh dgn perjuangan. Nanti selama pendakian banyak kok temannya yg beristirahat.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog