Skip to main content

Perbedaan Mendidik Anak Perempuan dan Anak Laki-laki

Perbedaan Mendidik Anak Perempuan dan Anak Laki-laki

Anak adalah amanah, titipan dari Allah SWT kepada pasangan suami istri. Anak merupakan penyempurna kebahagiaan dalam berumah tangga. Anak laki-laki maupun anak perempuan patut kita syukuri karena semua itu anugerah Illahi. 

Kali ini emak akan sharing tentang perbedaan mendidik anak laki-laki dan anak perempuan. Karena mendidik anak dengan cara yang tepat akan membentuk sifat dan karakter anak itu sendiri.
MENDIDIK ANAK PEREMPUAN

Perbedaan Mendidik Anak Perempuan dan Anak Laki-laki

1. Dorong Anak Agar Bisa Tegas  

Ajarkan anak perempuan kita untuk asertif, ekspresikan dengan tegas jika ada orang yang membuatnya tidak nyaman. 

2. Dorong Anak Untuk Smart dan Berprestasi 

Karena dia akan menjadi ibu yang akan mendidik dan mencerdaskan anak-anaknya kelak.

3. Disiplin Dan Manajemen Waktu  

Perempuan memiliki kecenderungan mengerjakan banyak hal, ajarkan dia untuk disiplin dan memanajemen waktu yang akan membantunya untuk bisa sukses. 

4. Mengendalikan Perasaan 

Perempuan cenderung mengedepankan perasaan dan sensitif, ajarkan dia untuk tidak terlalu sedih dan senang secara berlebihan.

5. Kreatif dan mandiri 

Ajarkan dia untuk kreatif dan mandiri, karena kreatifitas akan membuat mereka lebih survive dengan kehidupannya kelak dalam kondisi apapun mereka bisa bertahan.
MENDIDIK ANAK LAKI-LAKI

Perbedaan Mendidik Anak Perempuan dan Anak Laki-laki
(Dok. Titik Murtie)


1. Beri Anak Tanggung Jawab 

Ajarkan anak laki-laki untuk mengembangkan kemampuan mengikuti arahan dan menyelesaikan tugas.

2. Kerja Keras Dan Pantang Menyerah

Anak laki-laki akan tumbuh menjadi orang yang gigih dan bertanggung jawab pada keluarga nya. Ajarkan dia untuk kerja keras dan pantang menyerah.

3. Berikan Keteladanan Berempati

Anak laki-laki akan tumbuh menjadi ayah dan suami yang peka dan tak segan membantu pekerjaan istri. Mereka akan mudah berempati pada kesulitan orang lain.

4. Mengendalikan Emosi

Laki-laki lebih mudah terpancing emosinya, ajarkan dia untuk mengelola emosi dengan baik dan tidak gegabah.

5. Tegas dan Berani 

Anak laki-laki kelak akan menjadi pemimpin bagi keluarganya, ajarkan untuk tegas dan berani mengambil keputusan yang bijak untuk menjaga keluarganya.

Dengan berjalannya waktu anak-anak akan tumbuh besar dan berkembang. Sebagai orang tua, kita wajib  untuk mengarahkan dan mendidiknya dengan baik dan benar. Karena sekarang ini, emak melihat banyak anak laki-laki yang mempunyai sifat dan karakter seperti anak perempuan dan sebaliknya. 

Semoga kita tidak keliru dalam mengarahkan dan mendidik anak-anak, agar mereka mempunyai sifat dan karakter sesuai dengan kodratnya. 

- Leha Barqa -

Comments

  1. Mengajarkan sikap pantang menyerah dan bertanggung jawab, ini saya suka poin pentingnya. Untuk anak laki-laki sesuai tugasnya kelak sebagai pemimpin keluarga harus tangguh dan bertanggung jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mbak Lasmi, anak laki-laki memang harus memiliki jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab.

      Delete
  2. Setuju. Mereka harus tau siapa jati dirinya. Karena hal seperti ini kelak akan membetuk karakter mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ngeri ya kl liat yg skrg nih. Laki-laki banyak yg melambai, smoga anak-anak kita kelak sesuai kodratnya ya mbak.

      Delete
  3. Dari kecil sudah ditanamkan mendasar antara anak perempuan dan laki-laki ya.
    Sehingga saat remaja tidak gamang lagi. Siap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap benar mbak, semoga di masa akan datang anak-anak kita sesuai kodratnya ya.

      Delete
  4. Tanggung jawab sebaiknya diajarkan pada anak laki laki maupun anak perempuan

    Tapi budaya patriarkat emang masih membedakan pria dan perempuan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua anak memang harus di ajarkan bertanggung jawab Ambu, di sini aku hanya menekankan batasan perbedaan saja krn melihat fakta banyak laki-laki seperti perempuan dan sebaliknya.

      Delete
  5. Kebetulan aku punya anak laki dan perempuan. Seingetku dulu sama aja mendidiknya. Dua-duanya ya harus tanggungjawab dan smart. Mungkin dalam hal kepemimpinan yang agak beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bentuk mbak, setiap anak memang kita ajarkan untuk bertanggung jawab dan smart di sini aku hanya menekankan batasan perbedaan saja.

      Delete
  6. Betul betul..
    Saya setuju sama isi artikel ini. Mendidik anak laki dan perempuan mmg beda ya, mbak. Apalagi kalau dilihat dari 'bertahan hidup di masa depan nanti'

    ReplyDelete
  7. Saya punya anak laki-laki juga perempuan. Tanggung jawab dan empati sama-sama saya tekankan untuk keduanya. Anak laki-laki bukan cuma dituntut pintar, berani, dan bisa cari duit doang. Mereka juga harus bisa mengerjakan pekerjaan rumah, bahkan memasak, menyapu, dan mengepel rumah sekalipun. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang harus begitu mbak, biar anak mandiri. Dan kelak bisa bantu-bantu istrinya.

      Delete
  8. Makasih sharingnya Mbak. Bisa dijadikan acuan untuk kita mendidik anak. Anakku saat ini masih cewek semua .

    ReplyDelete
  9. Memang harus dibedakan ya mendidik anak lelaki dan perempuan, sebagai bekal agar mereka saat dewasa kelak telah siap dengan peran yang harus dijalaninya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup mbak nanik, sesuai kodrat mereka ya.

      Delete
  10. Intinya mendidik anak laki dan perempuan sama ya.. termasuk untuk urusan pekerjaan rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya sama dalam hal tanggung jawab, pekerjaan rumah, kepintaran dan empati. Tp dalam hal emosi dan perasaan pastinya berbeda ya.

      Delete
  11. Alhamdulillah anak pertama saya di anugerahi anak laki2...

    Semoga aja anak laki-laki saya mempunyai karakter yang tegas dan penuh tanggung jawab.

    Karena memang anak laki2 lah menjadi sesosok pemimpin di dalam rumah tangga.

    Senang saya membaca artikel ini, karena sangat menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin Allahuma Aamiiiin, terima kasih mbak Yunita sudah mampir ke blog ku.

      Delete
  12. Mengajari mengendalikan emosi adalah PR besar buat saya. Anak laki-laki saya yang usianya kini 19 bulan rasanya mudah sekali marah jika apa yang diinginkan tidak saya berikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbak, musti telaten dan banyak sabar ya mbak. Semangat 😘

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog