Kuliner Malang yang Menggoda


Malang memiliki sejuta pesona, gudangnya wisata alam dan wana wisata yang sangat indah. Penuh dengan berbagai tempat hiburan yang seru. Tak hanya obyek wisatanya yang hits juga ada beragam kuliner lezat yang wajib di coba kalau ke Malang. Setelah  explore  obyek wisata Malang, emak juga icip-icip beberapa kuliner di Kota Malang loh.


- Warung pinggir jalan Taman Trunojoyo

Tiba di stasiun Kota Malang  pukul 09.00wib dan emak dilanda lapar euy. Setelah keluar dari stasiun, emak menemukan Taman Trunojoyo. Selain taman di sini juga ada warung makan dan jajanan. Mampirlah emak di warung makan untuk mengisi perut yang dilanda lapar. Emak memilih menu nasi pecel dan suami memilih menu nasi campur. Soal rasa SNI ya (Standar Nasional Indonesia) hehehe. Tp emak bersyukur alhamdulillah bisa menikmati sarapan di taman yang sejuk ini. Untuk harga seporsi nasi pecel Rp 8.000,- dan harga seporsi nasi campur Rp 8.000,- saja.

Kuliner Malang yang Menggoda
Nasi Pecel (dokpri)

Kuliner Malang yang Menggoda
Nasi Campur (dokpri)

- Sego Ceker Glintung 

Kota Malang yang dingin membuat emak baper ehhh laper, kuliner malam yang emak icip-icip Sego Ceker. Sego Ceker ini beroperasi sejak tahun 1987 dan buka mulai pukul 21.30 hingga 01.00wib setiap harinya. Berada di Kawasan Glintung tepatnya di jl. Letnan S Parman depan Carrefour Blimbing.

Kuliner Malang yang Menggoda
Ceker Glintung (dokpri)
Kuliner Malang yang Menggoda
Ceker Glintung (dokpri)

Olahan cekernya sangat empuk dan uenak polll. Bisa pilih rasa yang pedas atau yang tidak pedas, but u know lah emak-emak pasti pilih yang pedas. Selain ceker juga ada bagian sayap dan kepala ayam. Dengan menu tambahan sate usus, bakwan jagung dan tempe mendol (perkedel tempe) yang bisa menjadi pilihan.

Kuliner Malang yang Menggoda
Sayap Ayam (dokpri)
Kuliner Malang yang Menggoda
Tambahan Menu (dokpri)
Kuliner Malang yang Menggoda
Seporsi Sego Ceker dan Sayap
(dokpri)

Harga satu porsi Sego Ceker di tambah sayap dan minuman teh hangat emak cukup merogoh kocek Rp 16.000,- saja. Soal rasa ga ada obatnya, emak saja sampai nambah 😊.

- Ronde Titoni 48

Untuk menghangatkan tubuh di Kota Malang yang semakin malam semakin dingin. Emak icip-icip Wedang Ronde Titoni yang berada di Jl. Zainal Arifin No. 17 Sukoharjo, Kecamatan Klojen - Kota Malang. Buka pada pukul 18.00 hingga 24.00wib setiap harinya. Dikarenakan emak tiba di Ronde Titoni ini sudah hampir tutup maka emak hanya menyicipi ronde basah saja. Padahal banyak menu pilihan di Ronde Titoni ini, seperti ronde basah, ronde kering, angsle, kacang kuah, roti goreng dan cakwe.

Kuliner Malang yang Menggoda
Ronde Basah (dokpri)

Ronde ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat dan di beri isian gula. Untuk Ronde Basah di sajikan dengan kuah jahe hangat dan taburan kacang tanah. Harga seporsi ronde basah dibandrol harga Rp 10.000,- saja.

Baca juga : Kuliner Solo yang Wajib di Coba


- Nasi Rawon

Nasi Rawon makanan favorit emak nih. Rawon terbuat dari olahan daging sapi dan campuran sandung lamur dengan kuah hitam yang dihasilkan dari perpaduan bumbu rempah dan kluwek. Sebagai pelengkap nasi rawon di sajikan dengan kecambah (tauge kecil), telur asin, empal goreng, tempe goreng, kerupuk udang dan sambal.
Tidak sulit untuk mencari makanan berbumbu kluwek ini, di setiap sudut Kota Malang banyak sekali restoran, rumah makan hingga warung pinggir jalan yang menyajikan nasi rawon ini, seperti : Rawon Rampal, Rawon Nguling, Rawon Tessy, Rawon Brintik, Rawon Djenggot, Rawon Kiroman, Warung  Lama Haji Ridwan, Depot Asri Bu Saerun.

Kuliner Malang yang Menggoda
Nasi Rawon (dokpri)

Emak menikmati nasi rawon yang berada di warung pinggir jalan. Dagingnya empuk dan kuah rawonnya sedap menggugah selera makan emak, pokoknya ga ada obatnya deh. Untuk harga nasi rawon di warung pinggir jalan lebih ekonomis. Emak hanya merogoh kocek Rp 20.000,- untuk seporsi nasi rawon dan minuman teh hangat. 

- Bakso President Malang

Kuliner Malang yang Menggoda
Rel Kereta 'Bakso President'
(dokpri)

Yeayyy kali ini emak icip-icip Bakso President Malang dong. Bakso President berdiri sejak tahun 1977, berlokasi di Jln. Batanghari No 5, Rampal Celaket - Klojen Kota Malang. Bakso yang berada tepat di samping rel kereta api jurusan Surabaya - Malang buka pada pukul 08.00 hingga 21.30wib setiap harinya.  Variasi menu yang ditawarkan cukup komplit seperti bakso biasa, bakso urat, bakso telor,  bakso goreng, bakso bakar, bakso udang dengan menu tambahan lainnya yakni pangsit basah/kering, mie, siomay, lontong, tahu, paru dan ati ampela.  

Kuliner Malang yang Menggoda
Bakso President
(dokpri)

Selain bakso yang dijual secara perpaket, konsumen juga bisa menentukan sendiri bakso mana saja yang ingin dipesan. Soal harga bervariatif, konsumen bisa melihat daftar menu dan harga dipapan. Emak suka makan di Bakso President ini karena unik, sambil menikmati semangkuk bakso emak dihibur oleh getaran kereta yang lewat. 

- Sempol Ayam Malang

Kuliner Malang yang Menggoda
Sempol Ayam Malang
(dokpri)
Kuliner Malang yang Menggoda
Varian Jamur, Sayuran dan Original
(dokpri)

Awalnya emak asing dengan kudapan yang satu ini. Tetapi di Kota Malang sempol ayam cukup populer, jajanan pinggir jalan yang lagi ngehits. Kudapan ini terbuat dari campuran ayam, tepung tapioka, telur dan bumbu lalu digoreng. Di sajikan dengan saus sambal dan rasanya uenak tenan. Ada beberapa varian sempol ayam seperti jamur, sayuran dan original. Emak hanya merogoh kocek Rp 10.000,- /5 tusuk sempol ayam, murah benerkan.

Kuliner Malang yang Menggoda
Sempol Ayam Malang
(dokpri)
Kuliner Malang yang Menggoda
Proses penggorengan
(dokpri)

Nah, itu kuliner di Kota Malang yang emak icip-icip. Kalau kalian ke Kota Malang, kalian musti coba ya. Kurus atau gendut adalah pilihan tapi makan enak adalah kebutuhan. Sampai jumpa lagi di Coretan emak berikutnya 😍.

- Leha Barqa -

Comments

  1. Aku dulu suka pecel kawi yg di jalan kawi. Tapi prnh ada pembaca blogku yg bilang tempatnya udh pindah. Pecelnya enak bangeeet deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sayang nya udah pindah ya mbak, aku blm nemu nasi pecel yg uenak sih kl di Malang.

      Delete
  2. wahh wah wahh.. Semua makanannya terlihat sedap dan enak nih mbak. Jadi ngiler...
    Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, enak bgt. Kl ke Malang jgn lupa di coba ya mas.

      Delete
  3. Nasi rawon nih, favorit. Tapi yang buat saya penasaran itu sempol. Baru denger nih makanan ini. Penasaran, enak nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem mbak, nasi rawon favorit aku. Sempol buat cemilan iseng2 enak mbak.

      Delete
  4. Pas ke Malang kemarin, aku juga cobain Ronde Titoni-nya.
    Kalau Bakso, waktu itu aku mampirnya ke Cak Toha dan untuk Rawon sendiri, saya mencicipi Rawon Kiroman.
    EMang juara sih makanan di Malang ini. Rasanya mungkin kadang biasa saja, tapi harganya murah. ahahahah

    ReplyDelete
  5. Nah aku pernah bih sekali nyoba makan Bakso President di Malang 😍😍 Ruameeee banget ya laris manis sampe antri gitu. Ada sensasi tersendiri ketika makan baksonya eh ada goyang2 gara2 kereta lewat dan suaranya gejes2 gitu hahaha... mau ah nyobain sego ceker dll yg mbak ceritain, kapan2 xeh 😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Nurul makan bakso President sensasi nya pas makan bergetar ya ketika kereta lewat. Yuk ke Malang lagi mbak Nurul, aku juga pengen balik lagi ke Malang hehehehe,

      Delete
  6. Aduhhh, makanannya kesukaanku juga nih mak, lidah2 jawa,wkwk. Mau nyobain ceker sama sempol yg asli Malang langsung, beda ga ya sama di Jember, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masih sama2 Jawa timur kayak nya sama rasanya mbak.

      Delete
  7. Sempol ayam mungkin klo di Bandung kaya jajanan yang namanya Cilor kependekan dari cilok (tepung tapioka isi daging berbentuk bulat kaya baso) yang dicelupin ke adonan telor lalu digoreng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda tipis sih, kl cilok kan daging nya buat isian. Tp kl Sempol daging nya di campur sama tepung.

      Delete

  8. Aku dulu kuliah di Malang mbak. Jadi kangen menjes dan urapan di dekat kost an daerah kerto-kertoan Brawijaya . Huhuhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka tempe menjes mbak, kl aku mudik ke Jombang pasti bisa makan tempe menjes. Wah kerto2an dkt UNIBRAW ada menjes enak ya mbak.

      Delete
  9. Duh baca postingan ini jadi kangen kuliner Malang yang murah, enak dan berlimpah banyak pilihan. Kulineran di Malang itu puas banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kulineran di Malang ga bikin kantong bolong ya.

      Delete
  10. mantao semua deh itu kulinerannya. Pengen cobain yang sego ceker. Kayaknya enak dicemilin gitu. Gak usah pakai nasi makannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, nyemil ceker nya ajh malah enak ya.

      Delete
  11. Rawon banyak macemnya di Malang, ada yg suka Rampal, ada yg Nguling. Aku sukanya rawon sebrangnya toko Kue Pia Mangkok, jalan Semeru. Rujak cingur juga macem². Puas kulineran kalo di Malang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini bisa jd referensi aku kl ke Malang lg nih mbak.

      Delete
  12. Paling ngiler sego Checker nya. Uenak banget pastine. Kalau Bakso president bukan favorit Saya. Lebih suka Bakso Toha

    ReplyDelete
  13. Wuahhh..surga kuliner banget ya...aku udh pernah cobain bakso president yang katanya cukup hits disana
    akupun klo ke wilayah Timur Jawa pasti ga kelewatan sama yang namanya nasi pecel. Lebih nikmat aja rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya nih yg ke Malang pastinya icip-icip bakso president. Nasi pecel di Jawa Timur sama nasi pecel Jakarta beda ya rasanya.

      Delete

Post a comment

Popular posts from this blog

SoMan Sejatinya Teman

Bakso NgeBOM Ya BAKSO BOM MAS ERWIN

Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak