Skip to main content

Menikmati Sunrise Bromo

Apa yang ada di pikiran kalian kalau aku sebut Gunung Bromo... 
Yupz lautan pasir atau kaldera, kawah yang eksotis dan matahari terbit yang keren banget. Gunung Bromo sudah terkenal  wisatawan domestik maupun mancanegara.

Gunung Bromo masih bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru - Jawa Timur. Berada di antara empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Menikmati Sunrise Bromo
Gunung Bromo (dokpri)


Kali ini aku dan suami ikut trip gabungan, peserta yang ikut berjumlah 6orang. Waktu sudah menunjukkan jam 12 malam, ketika aku di jemput jeep yang di kendarai oleh mas fiqy menuju Gunung Bromo. Kami berangkat dari Kota Malang, jalur tempuh yang cukup panjang dan berliku. Medan yang curam dan terjal, ahhh menguji adrenalinku.

Sampailah aku di Penanjakan 1 View Point, salah satu spot view point terbaik untuk melihat dan menikmati matahari terbit di Bromo. Karena memiliki lokasi paling tinggi di banding dengan Gunung Bromo. Jadi aku lebih puas melihat Bromo dari puncak ketinggian.

Di Penanjakan 1 View Point ini fasilitas nya lengkap, mushola, toilet, kios - kios penjaja makanan dan ada juga penyewaan jaket (kalau masih kedinginan, monggo nyewa jaket di sini hehehee).

Setelah menaiki anak tangga kami mencari tempat di sebelah kiri sesuai arahan mas fiqy, untuk menikmati matahari terbit (Bromo Sunrise). Penanjakan 1 View Point ini bentuknya setengah lingkaran seperti tribun di stadion. Aku memilih berdiri di barisan paling depan di belakang pagar, agar tidak terhalang oleh wisatawan yang lain.

Semakin mendekati waktu fajar semakin banyak orang disini, hingga berdesakan. Untunglah kami sudah terlebih dahulu memilih berdiri di belakang pagar. Fajar mulai terlihat perlahan di iringi sorak sorai wisatawan mancanegara, mereka sangat antusias sekali.

Menikmati Sunrise Bromo
Fajar Penanjakan 1 (dokpri)

Di ujung timur warna keemasan itu mulai hadir, sang Surya sudah menampakkan kecantikan nya. SubhanAllah, sungguh indah sekali. Beruntungnya aku bisa menikmati momen yang spektakuler ini, karena tidak setiap orang bisa menikmati ini semua. Sang Surya menghangatkan tubuh setelah aku bergelut melawan udara dingin yang menusuk tulang.

Menikmati Sunrise Bromo
Bromo Sunrise (dokpri)

Puas menikmati semua ini, aku bergegas ke sebelah kanan untuk melihat Gunung Bromo. Dari Penanjakan 1 View Point ini tidak hanya Gunung Bromo saja terlihat keindahannya tetapi Gunung Batok, Gunung Widodaren dan Gunung Semeru pun juga terlihat di sini. Amazing sekali bisa lihat pemandangan seperti ini.
Menikmati Sunrise Bromo
Penanjakan 1 View Point
(dokpri)

Setelah terkagum-kagum dengan Bromo Sunrise dan View beberapa gunung dari Penanjakan 1 View Point. Aku melanjutkan perjalanan menuju Kawah Bromo.  Melintasi Gunung Widodaren kami sempatkan berhenti untuk mendokumentasikannya.

Menikmati Sunrise Bromo
Gunung Widodaren

Kawah Bromo

Terlihat jelas Kawah Bromo ini masih aktif karena selalu mengeluarkan kepulan asap. Untuk mencapai puncak Kawah Bromo wisatawan dapat berjalan kaki atau menunggang kuda (sekitar Rp 70.000,- sampai Rp 100.000,- tergantung nawarnya ya) dari tempat parkir kendaraan.

Menikmati Sunrise Bromo
Kawasan pengunungan Tengger /Kawah Bromo (dokpri)

Melewati  Pura Poten Bromo suku Tengger, Pura ini di gunakan untuk perayaan hari raya Yadnya Kasada atau Upacara Kasodo Bromo.  Setelah tiba di anak tangga wisatawan harus mendaki anak tangga yang berjumlah sekitar 250an untuk mencapai Puncak Kawah Bromo. Dari Puncak Kawah Bromo wisatawan bisa melihat fenomena Gunung Vulkanik yang masih aktif dan hamparan lautan pasir yang sangat luas.
Menikmati Sunrise Bromo
Kawah Bromo (dokpri)

Menikmati Sunrise Bromo
View dari atas
Puncak Kawah Bromo

Dalam Upacara Kasodo Bromo ada prosesi pelemparan  persembahan. Nah di Kawah Bromo ini menjadi tempat terakhir pelemparan persembahan untuk Dewa Brahma (Dewa bagi umat Hindu) yaitu Syah Hyang Widhi Wasa. Tradisi Suku Tengger ini di laksanakan untuk menghormati leluhur mereka dan sebagai ungkapan rasa terimakasih dan syukur atas di berinya hasil panen yang berlimpah ruah.

Menikmati Sunrise Bromo
Gunung Batok (dokpri)

Di kawasan Kawah Bromo aku juga menjumpai Gunung Batok. Gunung ini salah satu gunung tidak aktif yang ada di kawasan pegunungan Tengger ini.

Pasir Berbisik 

Pasir Berbisik merupakan lautan pasir yang luas berada di sebelah timur Kawah Bromo dengan ketinggian 2000meter dari permukaan laut. Masyarakat sekitar menamai kawasan ini dengan sebutan Segara Wedi.


Menikmati Sunrise Bromo
Pasir Berbisik Bromo

Nama Pasir Berbisik sendiri berkaitan dengan film yang di rilis tahun 2001. Dimana tempat ini menjadi lokasi syuting film yang berjudul Pasir Berbisik sesuai dengan namanya. Ketika angin bertiup kencang, butiran - butiran pasir akan beterbangan dan menimbulkan bunyi lirih seperti suara orang yang sedang berbisik.

Padang Savana (Sabana)

Menikmati Sunrise Bromo
Padang Savana (Sabana)

Padang Savana di kenal dengan nama Lembah Jemplang, merupakan hamparan padang rumput yang luas berada di sebelah selatan Gunung Bromo. Hamparannya terlihat seperti bukit-bukit hijau nan indah yang menyerupai bukit Teletubbies dalam film anak-anak.

Nah, untuk kalian yang ingin berlibur ke Gunung Bromo di anjurkan pada musim kemarau (bulan Juli dan bulan Agustus). Agar kalian bisa melihat dan menikmati Bromo Sunrise.

Menikmati Sunrise Bromo
Gunung Bromo

My Trip My Adventure 👌😉

- Leha Barqa -

Comments

  1. Sangat menakjubkan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum ke luar Indonesia seharusnya ke sini dl ya pak

      Delete
  2. Pengiin banget ke sini, sejak nonton Pasir Berbisik. Tapi belum kesampaian juga sampai sekarang. Waktu itu karena masih lajang, tak boleh bepergian sendirian. Sekarang sudah berkeluarga, kalau mau ke sana, semua penghuni rumah wajib keangkut semua. Haha, makin repot.
    Baca tulisan ini makin pengin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ajak skalian anak- anak kakak, pasti tambah happy

      Delete
  3. Wah seru banget.. aku belum pernah kesana dan sudah rencana kesana sih tahun depan hehe jadi pengen cepet cepet pergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Just saran ajh kak, kesana nya sekitar bln juli dan Agustus agar bisa menikmati sunrise Bromo 😉

      Delete
  4. Bromo emang selalu menawarkan panorama alam yang luar biasa mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, pokoknya spektakuler bgt ya

      Delete
  5. Cantiknya pemandangan. Semoga aku kesini sesegera mungkin.Tfs

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog