Blogger Handal dengan "The Power Of Content"


Sabtu, 13 Mei 2017
Senang rasanya aku bisa hadir di acara Indonesian Female Bloggers. Dapat teman baru, bisa kenal dengan blogger senior dan dapat ilmu bermanfaat pastinya. Acara yang diselenggarakan di Kanawa Coffie & Munch - Jakarta ini, mengusung tema "The Power Of Content" dengan pembicara utama Ani Berta (Teh Ani).

Blogger Handal dengan "The Power Of Content"

Selain Teh Ani hadir juga Emanuella "Ella"Christianti (nyonyamalas.com) dan Amanda Anandita (tipscantikmanda.com). Mereka akan sharing tentang bagaimana membuat konten kita menjadi lebih baik.

Acara di buka dengan sambutan hangat dan ceria oleh Yonna Kairupan (Mayo). Ohh ya Mayo ini adalah founder Indonesian Female Bloggers, beauty blogger  dan
 youtubers. Beliau  bisa mengerjakan pekerjaannya secara profesional dan perannya sebagai seorang ibu dari 4 anak.

Blogger Handal dengan "The Power Of Content"
Moderator Mayo
Blogger Handal dengan "The Power Of Content"
Yonna Kairupan (dokpri)

Pembicara pertama yang akan sharing ilmu kepada kami adalah seorang ibu muda, biasa dikenal dengan blog nyonya malas.com. Menurut Mayo nyonyamalas.com ini
memiliki karakter dan taste dalam setiap tulisan nya, sehingga kita tidak akan merasa bosan setiap kali membaca blognya. Emanuella  Christianti yang biasa panggil Ella bercerita tentang awal mula menulis hingga selalu menang dalam lomba blog.

Blogger Handal dengan "The Power Of Content"
Emanuella Christianto
 (nyonyamalas.com)
Blogger Handal dengan "The Power Of Content"
Emanuella Christianto (dokpri)

Ella menceritakan kalau dirinya selalu menulis sesuai dengan karakter pribadi nya, jujur, menggunakan sudut pandang, memakai gaya bahasa sehari-hari dan semua data yang di sampaikan adalah hasil dari mencari tahu sesuatu sampai ke hal paling detail. 
Brain storming adalah kunci utama dari suksesnya Ella, "kita menulis tidak bisa sendirian, kita selalu membutuhkan pendapat orang lain dalam mencari sudut pandang," ungkap Ella.

Lomba penulisan blog dengan tema  Jantung Sehat yang beliau menangkan mengambil sumber perbandingan antara ayah mertua dan ayah kandungnya sendiri. Menjadi motivasi teman - teman kantornya sehingga mereka rajin untuk berolahraga. Hadiah yang diperoleh dari lomba penulisan jantung sehat, alhamdulillah bisa untuk persalinan anak pertamanya.

Pembicara selanjutnya adalah 
Amanda Anandita, seorang
dokter kecantikan dan beauty blogger. Banyak orang mengenal beliau dengan tipscantikmanda.com. Dr. Amanda sharing tentang banyaknya page view yang mampir di artikelnya (6.500/hari). Amanda mengatakan,"untuk menjadi blogger yang memiliki banyak pengunjung setia, menulislah apa yang kita sukai dan mau memahami karakteristik pembaca juga mencari tahu apa yang dicari oleh pembaca blog nya."

Blogger Handal dengan "The Power Of Content"
Amanda Anandita (dokpri)
Blogger Handal dengan "The Power Of Content"
Amanda Anandita
(
tipscantikmanda.com)

Menulis tentang review kosmetik dari harga di bawah Rp. 100.000 sampai harga di atasnya. Membuat beliau  memahami target market di masyarakat luas. Hingga suatu hari beliau menulis dengan tema diluar kosmetik yang membuat page viewnya menurun dratis.

Untuk materi utama di berikan oleh Ani Berta.

Siapa sih Ani Berta ini?

Yuk kita kenalan dulu sama si teteh.
Ani Berta kelahiran Bandung pada tanggal 20 Juni 1977. Beliau adalah  founder Indonesian Social Blogpreneur (ISB). Sebelumnya wanita lulusan dari STIKMI Bandung ini berkarir di bidang akunting selama 13tahun di beberapa perusahaan. Pada tahun 2008 masih dengan bekerja di kantor Teh Ani menyambi dengan menulis di blog. Hingga akhirnya beliau memutuskan resign dari pekerjaannya dan memfokuskan dalam dunia menulis.

Blogger Handal dengan "The Power Of Content"
Teh Ani Berta
 (profesional blogger)

Sebagai single parent dengan satu anak gadis, beliau dapat menyekolahkan anaknya di sekolah islam terbaik di dunia yaitu Al - Azhar dan dapat melunasi cicilan rumahnya 9 tahun berkat prestasi yang beliau capai di dunia perbloggeran.  
Job pertama yang Teh Ani dapatkan Rp 25.000.-,  beliau juga menjadi admin dan menulis di SEREMPAK (Portal milik Perempuan Indonesia) dibawah naungan KPPPA (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) tanpa dibayar. 

Sebulan kemudian Teh Ani mendapatkan kabar dari Australian Aid dan dikontrak selama 3 bulan ke depan dengan fee yang sangat besar. Teh Ani berkesempatan mengunjungi beberapa daerah dan bisa mewawancarai wanita - wanita hebat di seluruh daerah.

Pada tahun 2016 Teh Ani di undang ke Kuala Lumpur untuk menjadi pembicara dan acara ini di hadiri oleh wakil - wakil dari 10 negara. Di tahun 2017 ini kembali beliau di undang ke Singapore untuk meliput acara disana dan semua biaya ditanggung oleh pihak penyelenggara.

Itulah sekelumit info tentang Teh Ani.
Lalu Teh Ani memaparkan bagaimana menjadi blogger yang berdedikasi tinggi dan bagaimana membuat content yang baik.

Content atau isi dari tulisan sangatlah penting karena kualitas seorang blogger adalah karya tulisannya yang dapat membantu penyelanggara atau pihak-pihak yang terkait dalam menyebarkan informasi positif dan dengan efek yang mengena sesuai kebutuhan mereka.

Bagaimana kita bisa membuat blog dengan konten yang baik yaitu dengan membuat artikel yang paling
aktual sesuai sudut pandang kita. Kita bisa mengutip info dari narasumber dan menggunakan press rellease sebagai acuan. Tapi jangan sampai seluruh kata-kata kita masukkan dalam tulisan, itu plagiat namanya.


Dalam meliput event, kita bisa memilih bagaimana membuat artikel menjadi aktual dari 2 sudut yang berbeda.

1. Hard News
  • Reporting The Event : Seorang blogger harus dan wajib membuat laporan atau tulisan di setiap acara yang di hadiri.
  • 2 Days max : Laporan atau tulisan dibuat paling lambat 2 hari setelah acara. Karena percuma apabila liputan suatu acara baru di bahas seminggu setelah acara selesai, tidak akan memberikan efek apapun. 
  • 5 W 1 H : Di dalam tulisan mengandung unsur 5W 1H yaitu What, Who, When, Where, Why dan How. Maksudnya adalah apa yang kita tulis, siapa narasumbernya, kapan acara dilangsungkan, dimana tempat dari liputan yang kita hadiri, mengapa kegiatan itu diadakan dan bagaimana kita bisa mengajak pembaca untuk berpartisipasi.

2. Feature Stories
  • Naration on Pharagraph ; memerlukan  banyak sumber dari berita atau press release.
  • Interview, Observation, Experience ; dimana kita melakukan interview secara langsung pada narasumber, melakukan penelitian dan berdasarkan pengalaman.
  • Artistic ; pemilihan kata-kata yang ada unsur seni yang dapat menarik perhatian orang untuk membacanya.

Apabila blogger ingin membuat suatu reportase berbobot yang berbeda dengan jurnalis pada umumnya. Tulisan kita harus ada unsur cerita, sisipkan kalimat aktif, pernyataan dari narasumber yang bisa dijadikan tajuk utama. Jangan sampai kita salah menulis nama dan penulisan gelar dari pengisi acara. Sebelum menulis kita harus melakukan riset untuk mendapatkan data yang akurat dan terbaru.

Ingatlah untuk selalu buat artikel yang bermanfaat, memberi banyak informasi dan bisa berguna bagi banyak orang. Karena dengan begitu brand akan datang mencari kita. Gunakan hasil foto sendiri dalam blog kita, mention ke pengundang acara dan share tulisan kita pada semua portal media sosial yang kita miliki. Semakin kita produktif dalam menulis, semakin banyak page view kita.

Ingin banyak page view di blog kita,  caranya sangat mudah sekali yaitu dengan selalu aktif di media sosial. Selalu aktif gunakan Twitter, Facebook dan Instagram dengan conten atau isi berita yaang mendukung setiap tulisan kita. Saat orang tertarik pada media sosial kita, mereka akan mencari blog kita untuk mendapat informasi yang lebih lengkap.

Live tweet bisa menjadi sarana notulensi dan memperkaya konten, orang-orang jadi lebih mengenal kita dan meningkatkan followers organik. Facebook bisa menjadi portfolio kita, sarana promosi blog kita agar orang-orang lebih mengenal kita, agensi mengetahui keberadaan kita sebagai blogger.


Nah itu semua yang aku dapatkan di acara "The Power Of Content" ini. Semoga ilmu yang aku dapatkan di acara tersebut, bisa menjadi bahan belajar untuk kalian para newbie. Semangat untuk lebih giat lagi belajar dan menulis ya.

- Coretan Leha -

Comments

  1. Wahh aku ga sempat poto sama Mb Yona hehe. Itu bener banget bagikan link ke sosmed itu yang kadang lupa aku lakukan xixixi, jadi banyak belajar setelah acara ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kl aku pasti di share ke sosmed. Bair ada yg baca, ehhh tapi aku juga gabung di grup support BW sih jd aku share di grup juga.

      Delete
  2. kerennn.. apalagi ada teh ani.. warbiasyakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Ani suhu'y blogger, jadi semangat nulis.

      Delete
  3. Wah seru banget semua narasumbernya keren-keren, semoga bisa ikut acara serupa nanti :)

    ReplyDelete
  4. Wah, narasumbernya keren keren.
    6500 view / hari, ya Alloh. Super duper keren. Semoga bisa seperti mereka.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak

'GLOW TOGETHER' Rumah Syantik Sari Surya

Pertamina Enduro, Pastinya Oli Motor Terbaik Andalan Semua